STUDI KOMPARASI METODE EKSPERIMEN BERBASIS INKUIRI DAN VERIFIKASI TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS
DOI:
https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3386Keywords:
keterampilan generik sains (KGS), model inkuiri, metode eksperimen berbasis inkuiri terbimbing, metode eksperimen berbasis verifikasi.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest design yang dilakukan terhadap dua kelas. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya keterampilan generik sains siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Tambang, Provinsi Riau. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan generik sains siswa pada kelas yang diberi perlakuan metode eksperimen berbasis inkuiri terbimbing dengan yang diberi perlakuan metode eksperimen berbasis verifikasi pada materi larutan penyangga. Populasi pada penelitian ini berjumlah 198 orang, dimana pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis menunjukkan selisih rata-rata keterampilan generik sains siswa sebelum dilakukan eksperimen hanya sebesar 1,061, sedangkan setelah dilakukan eksperimen memiliki selesih sebesar 4,091. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “tâ€, maka diperoleh nilai thitung = 2,204 dan ttabel = 1,999 atau dengan nilai sig < 0,05. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan bahwa terdapat  perbedaan keterampilan generik sains siswa pada kelas yang diberi perlakuan metode pembelajaran eksperimen berbasis inkuiri terbimbing dengan verifikasi.
References
Ahmad, H. (1996). Kimia Larutan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Al-Maragi, A. M. (1993). Terjemah Tafsir Al-Maragi 28. Semarang: PT Karya Toha Putra.
Annisa, N. H., & Sudarmin, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Vee Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1).
Brotosiswoyo, B. S. (2001). Hakikat Pembelajaran Fisika di Perguruan Tinggi. Jakarta: Depdiknas.
Burhanuddin, R., Subarkah, C. Z., & Sari. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Content Context Connection Researching Reasoning Reflecting (3C3R) untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains Siswa pada Konsep Koloid. Jurnal Tadris Kimiya, 3(1).
Cahyono, E., & Subroto, T. (2013). Penggunaan Buku Saku Praktikum Kimia untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah dan Keterampilan Generik. Chemistry in Education, 2(1).
Darmawan, J., Halim, A., & Nur, S. (2013). Metode Pembelajaran Eksperimen Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 1(1), 22-33.
Departemen Agama RI. (2013). Al-quran dan Terjemahannya. Jakarta: CV Darus Sunnah.
Hidayatusholihah, N. (2013). Studi Komparasi Antara Hasil Belajar IPA Siswa yang Diajarkan dengan Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Verifikasi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(2), 166-169.
Liliasari & Tawil, M. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: UNM.
Nurcahyo, S. D., Pramudiyanti, P., & Bintoro, A. (2014). Perbandingan Metode Eksperimen Inkuiri Dengan Verifikasi Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 2(8).
Rimatusodik, R. (2010). Profil Keterampilan Generik Siswa SMP dalam Praktikum Kerusakan Lingkungan Menggunakan Kotak Erosi. Skripsi. Sarjana UPI, 4.
Saptorini. (2008). Peningkatan Keterampilan Generik Sains Bagi Mahasiswa Melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Analisis Instrumen Berbasis Inkuiri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2, No 1.
Septiani, D., & Sumarni, W. (2015). Efektivitas Model Inkuiri Berbantuan Modul dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2).
Soleh, M. Y., Santosa, S., & Indrowati, M. (2014). Studi Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Bio-Pedagogi, 3(2), 1-11.
Syukri, S. (1999). Kimia Dasar 2. Bandung: ITB.
Yuliyanti, E., Hasan, M., & Syukri, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Generik Sains Dan Penguasaan Konsep Melalui Laboratorium Virtual Bebasis Inkuiri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 76-83.
Zulfiani, H. (2014). Profil Keterampilan Generik Siswa SMA pada Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur (Structured Inquiry) Konsep Difusi dan Osmosis. FITK-UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).