PENGEMBANGAN SOAL-SOAL KIMIA BERMUATAN NILAI-NILAI UNTUK MEMPERKOKOH KARAKTER SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3512Keywords:
pengembangan soal, soal kimia bermuatan nilai, nilai karakter, karakter siswa.Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan soal-soal kimia materi hidrokarbon dan minyak bumi bermuatan nilai-nilai (Value based Questions-VBQs) untuk memperkokoh karakter siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal-soal kimia SMA bermuatan nilai-nilai karakter. Nilai-nilai yang terdapat pada soal yang dikembangkan adalah nilai-nilai: intelektual, spiritual, etika, estetika, sosial dan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan melalui tahapan pendefinisian, analisis materi dan indikator (define), desain soal (design) dan pengembangan soal (develop). Subjek penelitian yaitu siswa SMAN 1 Banda Aceh kelas IX yang diambil secara purposive sampling dan jumlah siswa yang terlibat pada tahap diseminasi sebanyak 15 orang untuk melihat keberterimaan siswa terhadap soal. Soal yang telah dikembangkan divalidasi oleh pakar pendidikan kimia dan guru MGMP kimia kota Banda Aceh, hasilnya menunjukkan bahwa soal yang dikembangkan layak untuk diujicobakan pada siswa. Rata-rata hasil penilaian kelayakan soal sebesar 87%. Hasil tanggapan keberterimaan soal oleh peserta didik menunjukkan persentase sangat setuju sebesar 30%, setuju 50%, tidak setuju 20% dan sangat tidak setuju 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan soal-soal bermuatan nilai yang dikembangkan dapat diterima oleh guru, layak diaplikasikan dan dipergunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Perlu penelitian lanjutan untuk mengembangkan soal-soal bermuatan karakter bagi materi-materi ajar mata pelajaran kimia lainnya.References
Aprilia, I.T., Murbangun N., & Endang S. (2015). Pengembangan Media Flash Berbasis Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1607-1616.
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
CBSE Class. (2018). (http://www.studiestoday.com/value-based-questions/103/chemistry.html), diakses pada 05 November 2018.
Ghufron, A. (2010). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan. Edisi Khusus Dies Natalis UNY.
Hakam, K.A. (2008). Pendidikan Nilai dalam kajian Filosofi Paedagogis. Bandung: CV. Jasindo Multi Aspek.
Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Lovat, T., Ron, T. (2009). Values Education and Quality Teaching The Double Helix Effect, Springer.
Sauri, S. (2010). Pendidikan Nilai. Bandung: Arfino Raya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R and D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif progesif. Jakarta: Kencana.
Value Based Question Chemistry XII. (2012). (https://librarykv2calicut.files.wordpress.com/2012/11/value-based-questions-in-chemistry-class-xii.pdf), diakses pada 03 Juli 2017.
Yudianto, S. A. (2005). Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung: Anggota Ikapi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).