PENGEMBANGAN SOAL-SOAL KIMIA BERMUATAN NILAI-NILAI UNTUK MEMPERKOKOH KARAKTER SISWA SMA

Sulastri Sulastri, Rusman Rusman, Asria Arifa

Abstract


Telah dilakukan penelitian pengembangan  soal-soal kimia materi hidrokarbon dan minyak bumi bermuatan nilai-nilai (Value based Questions-VBQs) untuk memperkokoh karakter siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal-soal kimia SMA bermuatan nilai-nilai karakter. Nilai-nilai yang terdapat pada soal yang dikembangkan adalah  nilai-nilai: intelektual, spiritual, etika, estetika, sosial dan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan melalui tahapan pendefinisian, analisis materi dan indikator (define), desain soal (design) dan pengembangan soal (develop). Subjek penelitian yaitu siswa SMAN 1 Banda Aceh kelas IX yang diambil secara purposive sampling dan jumlah siswa yang terlibat pada tahap diseminasi sebanyak 15 orang untuk melihat keberterimaan siswa terhadap soal. Soal yang telah dikembangkan divalidasi oleh pakar pendidikan kimia dan guru MGMP kimia kota Banda Aceh, hasilnya menunjukkan bahwa soal yang dikembangkan layak untuk diujicobakan pada siswa. Rata-rata hasil penilaian kelayakan soal sebesar 87%. Hasil tanggapan keberterimaan soal oleh peserta didik menunjukkan persentase sangat setuju sebesar 30%, setuju 50%, tidak setuju 20% dan sangat tidak setuju 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan soal-soal bermuatan nilai yang dikembangkan dapat diterima oleh guru, layak diaplikasikan dan dipergunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Perlu penelitian lanjutan untuk mengembangkan soal-soal bermuatan karakter bagi materi-materi ajar mata pelajaran kimia lainnya.

Keywords


pengembangan soal; soal kimia bermuatan nilai; nilai karakter; karakter siswa.

References


Aprilia, I.T., Murbangun N., & Endang S. (2015). Pengembangan Media Flash Berbasis Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1607-1616.

Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

CBSE Class. (2018). (http://www.studiestoday.com/value-based-questions/103/chemistry.html), diakses pada 05 November 2018.

Ghufron, A. (2010). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan. Edisi Khusus Dies Natalis UNY.

Hakam, K.A. (2008). Pendidikan Nilai dalam kajian Filosofi Paedagogis. Bandung: CV. Jasindo Multi Aspek.

Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Lovat, T., Ron, T. (2009). Values Education and Quality Teaching The Double Helix Effect, Springer.

Sauri, S. (2010). Pendidikan Nilai. Bandung: Arfino Raya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R and D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif progesif. Jakarta: Kencana.

Value Based Question Chemistry XII. (2012). (https://librarykv2calicut.files.wordpress.com/2012/11/value-based-questions-in-chemistry-class-xii.pdf), diakses pada 03 Juli 2017.

Yudianto, S. A. (2005). Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung: Anggota Ikapi.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sulastri Sulastri, Rusman Rusman, Asria Arifa

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak Cipta © UIN Sunan Gunung Djati Bandung . Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637