PENGEMBANGAN SOAL HOTS DENGAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR SEBAGAI MEDIA DISPLAY PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5469Keywords:
HOTS, stoikiometri, wondershare quiz creatorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan evaluasi berupa Soal HOTS (High Order Thinking Skill) dengan wondershare quiz creator sebagai media display pada materi stoikiometri yang valid dan reliabel. Penelitian dirancang menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan Plomp. Pengguna terdiri dari tiga orang guru dan 45 peserta didik kelas XI di sekolah SMA Cendana Pekanbaru, SMA 8 Pekanbaru dan MAN 2 Model Pekanbaru. Objek penelitian adalah soal HOTS dengan wondershare quiz creator sebagai media display. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan. Data penelitian diperoleh dengan memvalidasi soal HOTS dengan wondershare quiz creator sebagai media display kepada lima orang validator (tiga validator materi dan dua validator media) dan uji coba soal HOTS oleh pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan skor rata-rata validator materi berdasarkan aspek materi dengan persentase 95,34%, aspek konstruksi 95,20% dan aspek bahasa 93,14%. Menurut validator media berdasarkan aspek substansi materi dengan persentase 84,00%, desain pembelajaran 86,00%, tampilan (komunikasi visual) 84,00% dan pemanfaatan software 88,57 %. Skor respon pengguna oleh guru dan peserta didik masing-masing 90,67% dan 91,20% dengan kriteria sangat baik.
References
Afriani, A., Setyarini, M., & Efkar, T. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan Berbasis HOTS pada Materi Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 1 – 12.
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Hernawati, K. (2009). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Interaktif Berbasis Web dengan Menggunakan Perangkat Lunak Bantu Wondershare Quiz Creator. Yogyakarta: Laboratorium Komputer Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Iqbal, W.M.G., Fadhilah, R., Hadiarti, D. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator pada Materi Koloid Kelas XI di SMA Koperasi Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 11-19.
Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2009). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman.
Piaget, J. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.
Riduwan. (2013). Dasar - Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Matematika. Jurnal Kreano. 3 (1), 59-72.
Rohmad, A., Suhandini, P., Sriyanto. (2013). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKS) berbasis eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi (EEK) serta kebencanaan sebagai bahan ajar mata pelajaran geografi SMA/MA di Kabupaten Rembang. Jurnal Edu Geography, 1(2), 1-5.
Senjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarna, S. (2005). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Watoni, A.H. (2014). Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI (Peminatan). Bandung: Yrama Widya.
Widoyoko, E.P. (2012). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pascasarjana. Surabya: FMIPA UNESA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).