TRADISI MEMBACA SURAT YASIN TIGA KALI PADA RITUAL REBO WEKASAN (Studi Living Sunnah di Kampung Sinagar Desa Bojong Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur)


Laelasari Sari(1*)

(1) "UIN Sunan Gunung Djati Bandung", Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Ritual Rebo Wekasan sudah menjadi tradisi di kalangan umat Islam, khususnya di kampung Sinagar desa Bojong Kecamatan Karangtengah kabupaten Cianjur, yang sampai kini masih dilestarikan. Dalam penamaan dan cara pelaksanaan tradisi ini berbeda-beda di setiap tempat. Tujuan dari tradisi ini untuk menolak segala musibah yang turun pada  setiap Rabu akhir di bulan Safar. Dalam pelaksanaan tradisi ini terdapat salah satu surat Al-Quran yang digunakan di dalamnya. Dalam penelitian ini penulis fokus dengan makna pembacaan surat Yasin, hal ini terkait dengan apa yang masyarakat pahami mengenai pembacaan surat Yasin, apa yang masyarakat rasakan ketika pembacaan surat Yasin tersebut berlangsung dan apa hikmah yang di rasakan oleh masyarakat setelah membaca surat Yasin pada hari Rabu terakhir di bulan Safar.

Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelasakan apa yang dimaksud dengan  pembacaan surat Yasin dalam tradisi Rebo Wekasan, apa yang dirasakan oleh pelaksanaan pembacaan surat Yasin pada saat pembacaan surat Yasin berlangsung dalam tradisi Rebo Wekasan, dan untuk mengetahui hikamh dibalik pemabcaan surat yasin pada tradisi Rebo Wekasan yang dilaksanakan di Kampung Sinagar Desa Bojong Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan living sunnah.Teknik pengumpulan data ditempuh melalui interview, library reseach, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan oleh penulis dalam skripsi ini, penulis menggunakan analisis deskripsi analitik. Dalam mengkaji makna pembacaan surat Yasin dalam tradisi Rebo Wekasan di kampung Sinagar desa Bojong Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur.

Adapun hasil yang di dapatkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Masyarakat memahami bahwa pada hari Rabu terakhir di bulan Safar akan di turunkan marabahaya, sehingga mereka melaksanakan pembacaan surat Yasin untuk terhindar dari marabahaya tersebut, dan surat Yasin merupakan Qolbu Al-Quran (Jantung Al-Quran) yang di dalamnya terdapat beberapa keutamaan dan kedahsyatan yang dapat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat.  Adapun hikmah yang di rasakan oleh masyrakat kampung Sinagar setelah membaca surat Yasin pada hari Rabu terakhir di bulan Safar hatinya menjadi tenang.


Keywords


Tradisi; Pembacaan Surat Yasinan; Rebo Wekasan

References


Ahmad ‘Ubaydi Hasbillah, 2019 .“Ilmu Living Quran-Hadis”, Yayasan Wakaf Darus-Sunnah Tangerang Selatan Banten

Aplikasi kitab sembilan Imam, “HR. Bukhari, no 4672”

Aplikasi kitab sembilan Imam, “HR. Bukhari, no 4640”

Aplikasi kitab sembilan Imam, “ HR. Shahih Muslim, no 4867”

Aplikasi kitab sembilan Imam, “HR. Tirmidzi, No. Hadist: 2835”

Aplikasi kitab sembilan Imam, “HR. Tirmidzi, No. Hadist: 2812”

Atabik, Ahmad. 2014. “The Living Quran: Potret Budaya Tahfidz Alquran di Nusantara”. Journal Penelitian. 8.1

Azhari Andi, Luqman Hakim dan Mutawakil Hibatullah, 2016. Reinerpretasi Sunnah (Studi Pemikiran Muhammad Syahrur terhadap Sunnah). Jurnal Living Hadis, Volume 1, Nomor

Departemen Pendidikan Nasional.2018. “Kamus Bahasa Indonesia”. Jakarta: Pusat Bahasa.

Enjang, Mukhlis Alisyudin. 2012. “mempercepat datangnya rezeki dengan ibadah ringan”, (PT Kawah Media).

Hakim, Moh Nur. 2003. “Islam Tradisional dan Reformasi Pragmatisme, Agama dalam Pemikiran Hasan Hanafi”. Malang. Bayu Media Publishing.

Hanafi, Hasan. 2003. “Oposisi Pasca Tradisi”. Yogyakarta. Sarikat.

Hamid, Idam.2017. “Tradisi Membaca Yasin di Makam Annangguru Maddappungan Santri Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Kec. Campalagian Kab. Polewwale Mandar”. Skripsi jurusan Tafsir Hadis Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makasar.

Heddy Shri Ahimsa-Putra, 2012. “The Living Quran: Beberapa Perspektif Antropologi, The Living Al-Qur’an”, vol.20 No.1

Ismail, M. Syuhudi. 1987. “Pengantar Ilmu Hadits”. UjungPandang: Angkasa Bandung.

Khakim, Fakthul. 2014. “makna tradisi Rebo Wekasan di Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal”. Skripsi, Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negri Walisongo Semarang.

Khalil, Akhmad. 2008. “Islam Jawa Sufisme dalam Etika dan Tradisi Jawa” (UIN-MALANG PRESS

Koentjaraningrat. 2009.“ Pengantar Ilmu Antropologi”, Jakarta: Rineka Cipta

Muhaemin AG. 2001. “Islam dalam Bingkai Budaya Lokal”: Potret dari Cerebon, Ter. (Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu.

Maulana, Deni, 2016. “Struktur Kalimat Perintah (Amr) Dalam Surat Yasin (Studi Kasus Terjemahan Bacaan Karya H.B. Jassin)”. Skripsi Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Muhammad Reissyaf, 2015. “Studi Surat Yasin (Analisis Statistika)”. Tesis Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Murniati, Puput. 2017.“Aspek-aspek Ma’ani Dalam Al-Quran Surat Yasin dan Alternatif Pembelajarannya”. Skripsi jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Nata, Abuddin. 2000.“Metodologi Studi Islam”, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nazar noordin dan latif, Satjitro, Sumarjono. 2000-2014. “Tradisi Rebo Wekasan pada Masyarakat Desa Gambiran Kec. Kalisat Kab. Jember”. Program Studi Pendidikan Sarjana Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberj (UNEJ). Jurnal.

Nurozi, Ahmad. “Rebo Wekasan Dalam Ranah Sosial Keagamaan di Kabupaten Tegal Jawa Tengah (Analisis Terhadap Ritual Rebo Wekasan Di Desa Sitanjung Lebaksitu)”, Journal Penelitian

Nur Rohbani, Ita Tryas Nur Rohbani. 2013. “Majrotul Al-Asma (Kasus Genetif) Dalam Surat Yasin (Studi Analisis Sintaksis)”. Skripsi program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Bahasa dan Sasatra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Univerita Negeri Semarang.

No. Hadist: 4868, Sumber: Muslim, Kitab: Dzikir, doa, taubat dan istighfar Bab: Keutamaan berkumpul untuk membaca Al-Qur'an dan dzikir

Pius A Priyanto dan Dahlan Al Barry.1994. “Kamus Ilmiah Populer Surabaya”: Arkola.

Rahman, Fatchur. 1974. “Ikhtisar Mushthalahul Hadis”, Bandung: AL MA’ARIF

Rizal Amin, Wildan. 2017. “Living hadis dalam Fenomena Tradisi Kupatan di Desa Durenan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek”. Yogyakarta Universitas Sunan Kali Jaga. Tesis

Saeed, Pengantar Studi Al-Qur’an.

‘Ubaydi Hasbillah, Ahmad. 2019. “Ilmu Living Quran-Hadis”, (Yayasan Wakaf Darus-Sunnah Tangerang Selatan Banten.

Umi Nuriyatur, Rohmah. 2014. “Ayat-ayat Alquran Dalam Ritual Rebo Wekasan (studi Living Quran di Desa Sukareno Kec. Kalisat Kab. Jember)”, Skripsi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.15575/diroyah.v4i2.6219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis



Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

SINTA

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gedung Fakultas Ushuluddin Lt. 3
Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cibiru Bandung Tlp. (022) 7802275
Handphone: +62 812-2190-1125
E-mail: diroyah@uinsgd.ac.id

// ]]>