ANALISIS PENERAPAN PSAK 109 TENTANG AKUNTANSI ZAKAT DAN INFAK/SEDEKAH PADA BAZNAS KOTA BANDUNG

Lina Yulianti

Abstract


PSAK 109 adalah standar akuntansi yang diterbitkan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), mengatur tentang proses penyusunan laporan keuangan bagi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Indonesia. Standar akuntansi ini diberlakukan sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan keseragaman dalam pelaporan serta menyederhanakan dalam pencatatannya sehingga masya­rakat dapat membaca laporan keuangan tersebut dan ikut dalam mengawasi pengelolaanya. Penelitian dilakukan di BAZNAS Kota Bandung yang merupakan salah satu lembaga pengelola ZIS yang dibentuk oleh Pemerintah Daerah. Saat ini dana penghimpunan terbesar adalah dari zakat profesi ASN di lingkungan pemerintah kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepatuhan BAZNAS Kota Bandung dalam menyusun laporan keuangan apakah telah sesuai dengan PSAK 109. Metode deskriptif kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara melakukan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa BAZNAS kota Bandung dalam penyusunan laporan keuangan zakat sepenuhnya telah menerapkan PSAK 109 dan laporan keuangan setiap tahun telah diaudit oleh Akuntan Publik serta mendapat opini “WAJAR”. Namun demikian dalam pelaporan keuangan tersebut, BAZNAS belum menggunakan Sistem Informasi Manajemen BAZNAS (SIMBA) yaitu suatu aplikasi pelaporan yang dibentuk oleh BAZNAS RI untuk penyusunan laporan keuangan berbasis web yang telah sesuai dengan PSAK 109.

 

Kata Kunci: PSAK 109, Dana ZIS, Laporan Keuangan Zakat

Full Text:

PDF

References


Bulutoding, Anggeriani “ AKUNTANSI ZAKAT: KAJIAN PSAK 109 (Studi Kasus Pada BAZNAS Kota Makassar)”, Makassar:Jurnal Akuntabilitas,Volume 1, Nomor 1 (Juni 2018)

Fadilah, Sri. 2016. Tata Kelola & Akuntansi Zakat. Bandung: Mangga Offset

Fryanti, Yunida. 2017. Akuntansi Lembaga Zakat dan Wakaf. Yogjakarta: Pustaka Pelajar

Hanjani, Azizah, Gunawan “Penerapan PSAK 109 Pelaporan Keuangan Akuntansi Zakat dan Infaq/Shadaqah pada LAZISMU”, Yogjakarta: Jornal of Accounting Science, volume 3, Nomor 2 (Juli 2019)

Hidayat, Rohaeni, Zanatun “ Implementasi PSAK 109 pada Rumah Yatim Arrohman: Identifikasi Faktor Pendukung” Yogyakarta:Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, volume 1, Nomor 1 (Maret 2018)

IAI. 2011. PSAK 109: Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah. Jakarta:Dewan Akuntansi Syariah

Nurazizah,Sulaeman, Kartini “Analisis PSAK 109 dan PSAK 101 Pada Penyajian Laporan Keuangan” Sukabumi: Jurnal Atestasi, Volume 2, Nomor 2 (September 2019)

Ritonga P “Analisis Akuntansi Zakat Berdasarkan PSAK No.109 Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sumatera Utara”, Sumatera Utara: Jurnal Kitabah, Volume 1, Nomor 1 (Jan-Jun 2017)

Sujarweni, Wiratna. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, Yogja:PustakaBaru

Taufikur Rahman “AKUNTANSI ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (PSAK 109):

Upaya Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Organisasi Pengelola Zakat (OPZ)” Salatiga:Jurnal Muqtasid, Volume 6, Nomor 1 (Juni 2015)

https://puskasbaznas.com

https://www.bps.go.id

https://simba.baznas.go.id




DOI: https://doi.org/10.15575/aksy.v3i1.12139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

 

Program Studi Akuntansi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jln. AH. Nasution No. 105 Bandung 40614
Telp/Fax. 022-7802278
e-mail: akuntasisyariah@uinsgd.ac.id.