TINJAUAN HISTORIS DAN TEORITIS TENTANG INOVASI PRODUK LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

Lina Fatinah

Abstract


Dalam mengoptimalkan pengembangan keuangan syariah, Otoritas Jasa Keuangan menjalankan beberapa misi yang salah satunya meningkatkan kapasitas kelembagaan dan ketersediaan produk industri keuangan syariah yang lebih kompetitif dan efisien, dengan salah satu program peningkatan ketersediaan dan keragaman produk keuangan syariah, baik pada lembaga perbankan syariah, pasar modal syariah, dan industri keungan non-bank syariah. Inovasi produk menjadi salah satu strategi yang memiliki peran penting di tengah pasar yang kompetitif. Terkait dengan suplai produk, sektor perbankan syariah, pasar modal syariah, dan industri keuangan non-bank syariah memiliki tantangan yang berbeda. Secara historis, inovasi produk lembaga keuangan syariah dapat dilihat dari perkembangan masing-masing lembaga baik perbankan syariah, pasar modal syariah dan industri keuangan non-bank syariah. Pada perkembangannya terdapat inovasi produk-produk yang lebih bervariasi di masing-masing lembaga keuangan syariah. Namun meskipun demikian, fakta menunjukkan bahwa market share produk industri keuangan syariah masih relatif kecil jika dibandingkan dengan produk keuangan konvensional. Sedangkan ditinjau secara teoritis, lembaga keuangan syariah tidak lepas dari teori-teori dan metode yang digunakan untuk tetap sejalan dengan prinsip syariah.

Kata Kunci: Inovasi, Produk Lembaga Keuangan Syariah, Historis, Teoritis  


Full Text:

PDF

References


Agustianto. “Inovasi Produk Perbankan Syariah dari Aspek Pengembangan Fikih Muamalah”. Jurnal Ikatan Ahli Ekonomi Islam

Annual Report 1999 Bank Syariah Mandiri

Annual Report 2000 Bank Syariah Mandiri

Mulyadi, D., & Athoillah, M. A. (2017). PRODUCT INNOVATION OF SHARIA FINANCIAL INSTITUTION: THEORY REVIEW. Journal of Economicate Studies, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.32506/joes.v1i1.3

Roadmap Pengembangan Keuangan Syariah Indonesia 2017-2019

Sidik. 2010. Imitasi dulu Baru Inovasi. Jakarta: Prasetya Mulia Publishing.

Snapshot Perbankan Syariah Indonesia 2020

Zuhal. 2010. Knowledge and Innovation Platform Kekuatan Daya Saing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.Jimmy Joses Sembiring, Cara Menyelesaikan Sengketa di Luar Pengadilan, (Jakarta: Visimedia, 2011) hlm. 1.

www.ojk.go.id

www.iaei-pusat.org

www.bankmuamalat.co.id




DOI: https://doi.org/10.15575/aksy.v3i1.12143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

 

Program Studi Akuntansi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jln. AH. Nasution No. 105 Bandung 40614
Telp/Fax. 022-7802278
e-mail: akuntasisyariah@uinsgd.ac.id.