ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KASIR KOPERASI


Siti Rosmayati(1*), Arman Maulana(2)

(1) Magister Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia, Indonesia
(2) Magister Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Koperasi adalah badan usaha yang dimiliki dan dijalankan oleh anggotanya untuk memenuhi kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial dan budaya.sistem transaksi penjualan yang berjalan pada koperasi Primkop Kartika Ardagusema sudah menggunakan aplikasi dan ada juga pencatatan transaksi dengan manual tanpa menggunakan sistem koputerisasi. Tetapi dengan adanya pencatatan transaksi manual dan transaksi secara tersistem sering kali terjadi kekeliruan dan kesalahan dalam menginput data pembeli sehingga seringkali menimbulakan kekeliruan. Demi meningkatkan pelayanan anggota Primkop Kartika Ardagusema maka dibutuhkannya implementasi sistem transaksi pada kasir koperasi. Setelah melakukan penelitian di Primkop Kartika Ardagusema dapat di simpulkan bahwa koperasi ini sudah menggunakan sistem transaksi yang di sebut kasir. Tetapi masih ada kelemahan di bagian transaksi yang ada pada koperasi ini dan terkadang masih ada kesalahan kesalahan saat memproses data transaksi masih sering terjadi dan sering kali kekeliruan karena pencatatan transaksi yang di gunakan ada dua meatode transaksi yaitu transaksi pencatatan manual dan transaksi secara tersistem. Dengan adanya analisis tersebut diharapkan mengatasi atau memperbaiki masalah yang terjadi sehingga pelayanan pada koperasi menjadi lebih baik.

Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Administrasi Kasir.


Full Text:

PDF

References


Dahlan, S. 2005. Manajemen Lembaga Keuangan. “Kebijakan Moneter dan Perbankan”. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, edisi kesatu.

Bin Ladjamudin dan Al Bahra. 2005. Konsep Sistem Basis Data dan Implementasinya. Yogyakarta: raha Ilmu. Dahlan, Siamat, 2005. Manajemen Lembaga Keuangan. “Kebijakan Moneter dan Perbankan”.Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, edisi kesatu.

Darmayuda, K, 2010. Pemrograman Aplikasi Database Dengan Microsoft Visual Basic.net 2008. Bandung : Informatika.

Dhewayani, J, dkk. 2006. Los, the tobacco drying barns in Klaten Regency (Central Java).A preliminary study of localfolk architecture adaptation.Dalam INTA Confe¬rence 2006 – Proceedings: Harmony in Culture and Nature.Yogyakarta: Department of Architecture, Duta Wacana Christian University.

Jogiyanto, H.M. 2005. ANALISIS & DESAIN SISTEM INFORMASI: Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Penerbit ANDI :Yogyakarta.

Muljono, Teguh Pudjo. 2007. Manajemen Perkreditan Bagi Bank Komersiil.Edisi 4.Yogyakarta : BPFE.

Stanton, W. J. 1993. Prinsip Pemasaran.Jakarta: Edisi ke Tujuh, Alih Bahasa Y. Lamarto. Erlangga.

Supardi, Y, 2011. Semua Bisa Menjadi Programmer VB 6 Hingga VB 2008 BASIC. Elex Media Komputindo:Jakarta.

Suyatno, T, dkk. 1998. Dasar-dasar Perkreditan (Edisi Ketiga). STIE Perbanas dan PT Gramedia Pustaka Utama:Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.15575/aksy.v4i1.17107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.