PENGARUH NON PERFORMING FINANCING (NPF) TERHADAP NET OPERATING MARGIN (NOM) DI BANK BRI SYARI’AH PERIODE TAHUN 2014-2017

Widi Widiawati

Abstract


Pada dasarnya tujuan suatu perusahaan melaksanakan aktivitas atau kegiatan perusahaannya adalah untuk memperoleh laba atau profit. Bank pada umumnya dan bank syari’ah pada khususnya adalah lembaga yang berorientasi pada laba, yang pada penelitian ini diwakili oleh Net Operating Margin (NOM). Dimana untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan perlu memperhatikan semua aspek yang mempengaruhi perolehan laba tersebut. Kegiatan utama bank syari’ah seperti halnya bank konvensional adalah sebagai lembaga intermediasi yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat, maka dari itu bank sangat perlu menjaga supaya penyaluran dananya lancar atau pembiayaannya tidak bermasalah atau lebih dikenal dengan istilah Non Performing Financing (NPF). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Non Performing Financing (NPF) terhadap Net Operating Margin (NOM) pada Bank BRI Syari’ah. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan tekhnikanalisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, serta uji t dan untuk pengolahan data digunakan program SPSS V.20.0 dan Microsoft Exel 2013. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa Non Performing Financing (NPF) tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Operating Margin (NOM) dimana Nilai thitung = 1,576 < ttabel = 2,228. Hal tersebut diakibatkan karena adanya faktor lain yang mempengaruhi NOM yang tidak diteliti. Maka dari itu dirasa perlu untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji faktor lain tersebut.

Full Text:

PDF

References


Asep Hermawan, 2006, Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif, Grasindo: Jakarta.

Danang Sunyoto 2012, Prosedur Uji Hipotesis untuk Riset Ekonomi, Alfabeta: Bandung.

Ridwan, 2012, Dasar-dasar Statistik, Alfabeta: Bandung.

Ridwan dan Sunarto, 2007, Pengantar Statistika untuk Penelitian, Alfabeta: Bandung.

--------------, 2007, Statistika: Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan 1, Alfabeta: Bandung.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta: Bandung.

Departemen Agama dalam Ahmad Tohaputra, 1998, Al-Quran dan Terjemahannya Ayat Pojok Bergaris, Asy-Syifa: Semarang.

Surat Edaran BI No.9/24/Dpbs/2007 lampiran 1c.

Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/SEOJK.03/2014 lampiran 1.3

Dwi Nur’aini Ihsan, 2013, Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syari’ah, UIN Jakarta Press: Banten.

Santoso, C. E., 2013, Perputaran modal kerja dan perputaran piutang pengaruhnya terhadap profitabilitas pada PT. Pegadaian (Persero). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Solihatun, 2014, Analisis Non Performing Financing (NPF) Bank Umum Syari’ah di Indonesia Tahun 2007-2012, dalam Jurnal Ekonomi Pembngunan, Volume 12, No.1.

Ilmu perbankan, pengaruh – car – fdr – bopo – dan - npl - terhadap profit bank dalam http://ilmuperbankan.blogspot.com/2010/03/.html,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Akuntansi Syariah
Fakultas Syariah Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jln. AH. Nasution No. 105 Bandung 40614
Telp/Fax. 022-7802278, e-mail: akuntasisyariah@uinsgd.ac.id.

E-ISSN 2656-548X
P-ISSN 2655-9420