PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI JAWA TENGAH

Authors

  • Hasan Mukhibad Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
  • Asrori Asrori Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
  • Prabowo Yudo Jayanto Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.15575/jak.v4i1.10439

Keywords:

artikel ilmiah, Jurnal, Guru, Penelitian.

Abstract

Abstrak

Masalah yang masih dihadapi oleh guru adalah rendahnya kemampuan dalam menyusun artikel ilmiah yang dipublikasikan jurnal ilmiah. Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pendampingan guru dalam menyusun artikel ilmiah. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan guru dalam menyusun artikel ilmiah. Metode pendampingan adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan guru dalam menyusun artikel ilmiah. Keberhasilan atas kegiatan ini akan dievaluasi dengan membandingkan pre-test dan post-test dan dianalisis menggunakan paired simple T-test. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa respon guru dalam pelaksanaan kegiatan ini sangat baik. Selain itu, hasil uji perbedaan antara nilai pre-test dan post-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman guru terkait dengan artikel ilmiah dan jurnal ilmiah. Saran dari kegiatan ini adalah dapat dilakukan pelatihan lanjutan yang dilakukan secara intesif dengan melibatkan organisasi keguruan, sekolah, dinas pendidikan dan universitas.

 

Abstract

The problem that is still faced by teachers is the low ability of teachers to compile scientific articles published in scientific journals. The purpose of this activity is to assist teachers in compiling scientific articles. To solve this problem, it is necessary to train and mentor teachers in compiling scientific articles. The mentoring method is to conduct training and mentoring teachers in compiling scientific articles. The success of this activity will be evaluated by comparing the pre-test and post-test and analyzed using the paired simple T-test. The results of the activity showed that the teacher's response in the implementation of this activity was very good. In addition, the results of the difference test between the pre-test and post-test scores showed a significant difference and this indicated that there was an increase in teacher understanding regarding scientific articles and scientific journals. The suggestion from this activity is that further training can be carried out intensively by involving teacher organizations, schools, education offices and universities.

References

Arta, K. S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi Di Jurnal Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Hukum Dan Ilmu Sosial Ke-2, 146–159. https://doi.org/10.23887/ap.v5i2.17412

Chairunnisa, C. (2016). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Di Sekolah Menengah Kejuruan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 105–114.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.

Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(14), 8–13.

Karwan, D. H., & Hariri, H. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Sekota Surabaya.pdf. SAKAI SAMBAYAN — Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 66–71.

Miaz, Y., Zuardi, & Putra, R. P. (2020). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 19–25.

Munasir, Jatmiko, B., Dwikoranto, & Rasid, H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Se-UPTD Pendidikan Kec. Sawahan Kab. Nganjuk, Jawa Timur. Jurnal ABDI: Media …, 5(2), 119–125.

Putra, Y. Y., & Saputra, A. (2019). Workshop Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal Nasional Guru SMP Pangkalpinang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 207–215.

Ritonga, R., & Iskandar, R. (2018). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kerawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidkan, 1(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i01.75

Rochmad, Agoestanto, A., & Kharis, M. (2016). Meningkatkan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah Guru-Guru Sekolah Menengah Atas Di Parakan Temanggung. Rekayasa, 14(1), 61–66.

Sumardjoko, B. (2017). Pemetaan Kemampuan Guru dalam Penulisan

Karya Ilmiah. The 5th Urecol Proceeding, (February), 191–196.

Ulia, N., Ismiyanti, Y., Yustiana, S., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 32–47.

Usra, M., Hartati, & Destriani. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Mengembangkan Kompetensi Pendidik Dalam Menghadapi Era Disrupsi†Kerjasama PGSD-POR UMS, 3(4-5 Desember 2018), 111–116.

Zahera, S. (1997). Hubungan Konsep Diri dan Kepuasan Kerja dengan Sikap Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 183–194.

Downloads

Published

2021-05-14