SOSIALISASI TANGGAP BENCANA MELALUI APE (ALAT PERAGA EDUKATIF) DI SDN KEBOIRENG, KECAMATAN BESUKI, KABUPATEN TULUNGAGUNG

Ahmad Fahrudin

Abstract


Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung adalah wilayah yang terletak dekat dengan pantai Samudra Hindia. Dengan dibangunnya JLS (Jalur Lintas Selatan) yang melewati Desa Keboireng menjadikan Pantai Gemah sebagai tempat wisata yang ramai, penduduknya pun banyak yang mencari penghasilan di sepanjang JLS dan pantai itu sendiri. Sebagian yang lain penduduknya berprosi sebagai petani. Akan tetapi banjir sering terjadi di desa ini, selain itu ada gempa dan longsor yang terjadi di sepanjang JLS. Panen menjadi gagal dan longsor yang terjadi memakan korban jiwa. Warga yang mencari nafkah di JLS dan pantai menjadi hal baru, sehingga upaya cara tanggap terhadap bencana yang setiap waktu mengintai perlu diberikan kepada warga masyarakat. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberi kesadaran dan tanggap terhadap bencana yang datangnya tidak bisa diprediksi. Metode yang digunakan adalah observasi, kemudian mengadakan sosialisasi dengan ceramah, simulasi, dan tanya jawab dengan peserta adalah seluruh siswa-siswi SDN Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Hasil dari pengabdian dan penelitian ini adalah siswa-siswi antusias, tertarik, dan senang terhadap sosialisasi yang telah dilakukan. Sehingga siswa-siswi dengan ketertarikan tersebut mampu mengaplikasikan materi yang diajarkan ketika saatnya bencana datang. Selain itu disampaikan kepada siswa-siswi untuk terus menjaga lingkungan dan alam agar bencana bisa dicegah.

 

Keboireng Village, Besuki District, Tulungagung Regency is an area located close to the Indian Ocean coast. With the construction of the JLS (Southern Cross Route) that passes through Keboireng Village, making Gemah Beach a busy tourist spot, many residents also look for income along the JLS and the beach itself. Some of the other residents work as farmers. However, floods often occur in this village, besides that there are earthquakes and landslides that occur along JLS. The harvest failed and the landslides that occurred took lives. Residents who make a living in JLS and beaches are new, so that efforts to respond to disasters that lurk at any time need to be given to the community. The purpose of this service is to provide awareness and response to unpredictable disasters. The method used was observation, then held socialization with lectures, simulations, and questions and answers with all the students of SDN Keboireng, Besuki District, Tulungagung Regency. The results of this dedication and research are that students are enthusiastic, interested, and happy with the socialization that has been done. So that students with this interest are able to apply the material taught when the time for disaster comes. In addition, it was conveyed to students to continue to protect the environment and nature so that disasters can be prevented.

 


Keywords


socialization, response, disaster, APE

Full Text:

PDF

References


Afrian, Ramdan. 2020. “Kajian Mitigasi Terhadap Penyebab Bencana Banjir Di Desa Sidodadi Kota Langsa.” Jurnal Georafflesia : Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi 5(2):165–69.

Anisah, Nisfi. 2019. “Model Sekolah Aman Bencana Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter Di MIN 1 Bantul.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 10(1):9–20.

Anon. n.d. “Desa Keboireng – Kec. Besuki – Kab. Tulungagung.” Retrieved February 19, 2021 (http://keboireng.tulungagungdaring.id/).

Apsari, Yanuarti, Ida Lisdawati, and Euis Rina Mulyani. 2020. “Alat Permainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris.” Abdimas Siliwangi 3(1):38–47.

Baso, Anang. n.d. “Rela Urunan Bangun Tanggul, Warga Keboireng Tetap Terancam Banjir Langganan | Jatim TIMES.” Retrieved February 19, 2021 (https://jatimtimes.com/baca/161154/20171103/130437/rela-urunan-bangun-tanggul-warga-keboireng-tetap-terancam-banjir-langganan).

Binsasi, Remigius, Retno Peni Sancayaningsih, and Sigit Heru Murti. 2017. “Analisis Ekologis Vegetasi Pohon Di Daerah Tangkapan Air (DTA) Mata Air Geger Kabupaten Bantul Yogyakarta.” SAINTEKBU: Jurnal Sains Dan Teknologi 9(2):57–66.

Hayudityas, Beatrix. 2020. “Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik.” Jurnal Edukasi NonFormal 1(2):94–102.

Khairul Rahmat, Hayatul, and Anwar Kurniadi. 2020. “Integrasi Dan Interkoneksi Antara Pendidikan Kebencanaan Dan Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana Di Sekolah Menengah Pertama.” Pp. 455–61 in Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains. Vol. 2.

Kurniawan, Dede Trie, Sri Maryanti, Astri Yuliawati, and Nailah Tresnawati. 2019. “Program Edukasi Lingkungan Hidup Bagi Siswa RA Untuk Memahamkan Konsep ‘Kang Pisman’ Melalui Kegiatan Bermain.” Al-Khidmat 2(1):1–6.

Mahyuddin, Nenny, and Rani Sofya. 2019a. “Pelatihan Pembuatan Media Alat Peraga Edukatif (APE) Untuk Anak Usia Dini Bagi Kepala Sekolah Dan Guru Taman Kanak-Kanak Berbasis Kewirausahaan Di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman.” Jurnal Ecogen 2(4):601–8.

Mahyuddin, Nenny, and Rani Sofya. 2019b. “Pengaruh Pelaksanaan Pelatihan Terhadap Pemahaman Guru Tentang Alat Peraga Edukatif.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 10(4):1–13.

Mujtahid, Iqbal Miftakhul, Mery Berlian, Rian Vebrianto, and Musa Thahir. 2020. “Analisis Kepuasaan Pelaksanaan Pendampingan Pengembangan Alat Peraga Edukatif Di Pekanbaru, Riau.” Tasnim Journal for Community Service 1(1):27–34.

Oktaviani, Nuni. 2020. “Kajian Tentang Dampak Bencana Banjir Terhadap Perekonomian Di Sekitaran Masyarakat Pinggiran Sungai Cimanuk.” Jurnal Tasyri’ : Jurnal Muamalah Dan Ekonomi Syariah 2(1):1–16.

Oktradiksa, Ahwy, and Minzani Aufa. 2019. “PKU Bagi MI Muhamamdiyah Rambeanak 2 Kabupaten Magelang, Melalui Alat Peraga Edukatif (APE).” Publikasi Pendidikan 9(3):227–31.

Pahleviannur, Muhammad Rizal. 2019. “Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 29(1):49–55.

Riadin, Agung, and Cici Liani Fitriani. 2018. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1–5.

Rosdiana, Aliva, Hayu Dian Yulistianti, and Azzah Nor Laila. 2018. “Pemanfaatan Kain Perca Sebagai APE Pillow Doll Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini.” Journal of Dedicators Community 2(1):1–7.

Suwardi, Suwardi, Masni Erika Firmiana, and Rohayati Rohayati. 2016. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini.” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 2(4):297.

Wardyaningrum, Damayanti. 2014. “Perubahan Komunikasi Masyarakat Dalam Inovasi Mitigasi Bencana Di Wilayah Rawan Bencana Gunung Merapi.” Jurnal ASPIKOM 2(3):179.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v4i1.11765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Fahrudin

Al Khidmat Journal indexed by :