SOSIALISASI TEKNIK PENULISAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK


Nurul Maulida Alwi(1*)

(1) Jurusan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Sosialisasi teknik penulisan jurnal ilmiah merupakan kegiatan untuk mengembangkan keterampilan menulis peserta didik. Kemampuan literasi peserta didik perlu dikembangkan guna menambah wawasan berpikir dalam membuat karya tulis ilmiah berupa artikel jurnal. kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan minat menulis peserta didik dan agar memiliki kemampuan untuk mengikuti kompetisi. Selain itu kegiatan ini bertujuan agar peserta didik mengetahui sitematika penulisan artikel jurnal ilmiah sehingga menjadi bekal wawasan untuk mengembangkan kemampuan literasi berikutnya. Persiapan dan pelaksanaan kegiatan dilakukan selama sebulan di sekolah MAN 1 Boalemo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi dan tutorial.  Kegiatan terdiri dari tahap persiapan awal yaitu merumuskan masalah, membuat rancangan kegiatan, membuat surat tugas, mengumpulkan literatur, membuat materi presentasi kegiatan. Kemudian tahap kedua yaitu pelaksana memberikan 5 sesi pada kegiatan yaitu sesi pertama membangun support atau pembukaan, sesi kedua yaitu pemberian Materi dalam bentuk ceramah dengan bantuan power point yang berisikan pembelajaran dalam menulis jurnal dari tahap ke tahap mulai dari penjelasan cara membuat menentukan judul, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan dan saran, cara membuat kutipan serta cara membuat referensi. Sesi ketiga yaitu simulasi. Kemudian, sesi keempat dilakukan coaching kepada peserta didik terkait sistematika pembuatan karya tulis ilmiah khususnya jurnal. Di sesi kelima telah diadakan refleksi mengenai kegiatan untuk lebih memaknai proses sosialisasi secara optimal, mengumpulkan dokumentasi dan menentukan hasil evaluasi kegiatan yaitu siswa memiliki peningkatan pemaham mengenai teknik penulisan artikel jurnal ilmiah, peserta kegiatan yaitu 35  orang peserta didik di sekolah MAN 1 Boalemo.

 

Abstract

Socialization of scientific journal writing techniques is an activity to develop students' writing skills. The literacy skills of students need to be developed in order to add insight into thinking in making scientific writings as a form of journal articles. This activity aims to maximize the interest of students and to have the ability to join a compete. In addition, this activity aims to make students know the systematics of writing scientific articles so that they become a provision of insight to develop subsequent literacy skills. The preparation and implementation of activities was carried out for a month at the MAN 1 Boalemo school, Tilamuta District, Boalemo Regency, Gorontalo Province. The methods used are lectures, discussions and tutorials. The activity consists of the initial preparation stage, namely formulating problems, making activity plans, making assignment letters, collecting literature, making activity presentation materials. Then the second stage is the executor gave 5 activities, namely the first session building support or opening, the second session providing material in the form of lectures with the help of power points containing learning in journal writing from stage to stage starting from an explanation of how to determine the title, introduction, method, results. and discussion, conclusions and suggestions, how to quote and how to make references. The third session is simulation. Then, in the fourth session, coaching was carried out for students related to the systematics of making scientific works, especially journals. In the fifth session, there were reflections on activities to better interpret the process optimally, collected the documentation and determine the results of the evaluation of activities that is students had an increased understanding of the technique of writing scientific journal articles, the participants of the activity are 35 students at MAN 1 Boalemo school.


Keywords


Sosialisasi; Teknik Penulisan; Artikel Jurnal Ilmiah; Keterampilan Menulis; Peserta Didik

Full Text:

FULL TEXT (PDF)

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban Atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Rafika Aditama.

Anggraini, S. W. P., & Lume, L. (2021). the Effectiveness of Using Chronological Paragraph Strategy Toward Students’ Writing Skill. Journal of Languages and Language Teaching, 9(1), 77. https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.3065

Drani, A., Adisaputera, A., & Wuriyani, E. P. (2021). Effectiveness of Using Folklore Text-Based Learning Media Literacy in Class X Students of MAN Tg. Pura. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 377–391. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1625

Gusrita, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Peserta didik MAN 1 Sarolangun. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 103–110.

Haderani. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103

Hajar, I., Fatah, M. C., Ispranyoto, E., Yogiyanto, A., Yuliansyah, Y., & Legino, S. (2020). Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah untuk Civitas Akademika Universitas Brawijaya Malang. Terang : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Mnerangi Negeri, 2(2), 90–99. https://doi.org/10.33322/terang.v2i2.372

Helaluddin, & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan Bagi Mahapeserta didik di Perguruan Tinggi. Banten: Media Madani.

Jariah, A. (2021). Penerapan Teori Belajar Piaget untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik Kelas VII pada Mata Pelajaran PKN di SMP Negeri 1 Brang Rea Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 3(1), 1–12.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah: (KTI). Yogyakarta: Deepublish.

Setiyo, M. (2021). Tips Menyusun Artikel Ilmiah Hasil Penelitian (Original Research Paper) yang Akuntabel bagi Peneliti Pemula. Community Empowerment, 6(1), 81–90. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/ce.4423

Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 46–57. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–37. https://doi.org/http://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sumardi, A., Susanto, A., & Yulianti, S. (2020). Pengaruh Media Buku Saku untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kelas X MAN 4 Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10.https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8779/5141

Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35

Winarto, W, W, A. (2021). Program Peningkatan Minat Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahapeserta didik. JURNAL ALTIFANI Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–26. https://doi.org/https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.114




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v4i2.12893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :