PENDAMPINGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN ABAD 21 : 4C, PPK, LITERASI, HIGHER ORDER THINKING SKILL DI MADRASAH


Pandu Jati Laksono(1*), Indah Wigati(2), Ravensky Yurianty Pratiwi(3), Rima Putri Wulan Suci(4)

(1) Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
(4) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Paradigma pembelajaran di madrasah berorientasi pada keterampilan abad 21, akan tetapi pada kenyataannya pendidik belum melakukan perencanaan pembelajaran yang sesuai. Tujuan dari pengabdian ini adalah melakukan diseminasi keterampilan abad-21 dan pendampingan pada perencanaan pembelajaran berbasis pada 4C, PPK, literasi dan Higher order Thinking Skill agar penyusunannya sesuai sehingga bermanfaat bagi peserta pengabdian. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah pendampingan dengan empat langkah  observasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Hasil dari pengabdian ini adalah observasi mendapatkan kesesuaian waktu dan masalah mengenai pemahaman dalam keterampilan abad 21. Perencanaan penyusunan rencana pengabdian yang efektif. Implementasi melaksanakan tes awal pemahaman kegiatan dengan desiminasi pada 4C, PPK, Literasi, Higher Order Thinking Skill  dalam perencanaan pembelajaran. Evaluasi didapatkan hasil mengenai keberhasilan pengabdian dan penilaian terhadap narasumber yang memenuhi target. Kegiatan ini telah berhasil dilakukan dan memberikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada pendidik dalam penyusunan perencanaan pembelajaran berbasis pada keterampilan abad 21. Kesimpulan pendidik telah memperoleh pengetahuan mengenai keterampilan abad-21 dan mampu menyusun perencanaan pembelajaran berbasis pada 4C, PPK, literasi dan Higher Order Thinking Skill.

  

Abstract

The learning paradigm in madrasas is oriented towards 21st century skills, but in reality educators have not carried out appropriate lesson plans. The purpose of this service is to disseminate 21st century skills and assist in learning planning based on 4C, PPK, literacy and Higher order Thinking Skills so that the preparation is appropriate so that it is beneficial for the service participants. The method used in service activities is mentoring with four steps of observation, planning, implementation, evaluation. The results of this service are observations of getting appropriate timing and problems regarding understanding in 21st century skills. Planning for the preparation of an effective service plan. Implementation of carrying out an initial test of understanding activities with dissemination on 4C, PPK, Literacy, Higher Order Thinking Skills in learning planning. The evaluation obtained results regarding the success of the dedication and assessment of resource persons who met the target. This activity has been successfully carried out and provided educators with increased knowledge and skills in preparing lesson plans based on 21st century skills. Conclusion educators have acquired knowledge of 21st century skills and are able to develop lesson plans based on 4C, PPK, literacy and Higher Order Thinking Skills.


Keywords


higher order thinking skill, keterampilan abad-21, literasi, perencanaan pembelajaran, pendidikan penguatan karakter

Full Text:

PDF

References


Ayu, A., & Laksono, P. J. (2021). The Importance of Scientific Chemistry Literacy in 21st Century Learning. Proceedings of International Education Conference, 62–66.

Hadisaputra, S., Hakim, A., Muntari, Gito, H., & Muhlis. (2018). Pelatihan peningkatan keterampilan guru IPA sebagai role model abad 21 dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 274–277. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/874

Jufri, A. W., Ramdani, A., Gunawan, G., Bachtiar, I., & Wildan, W. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru IPA Kota Mataram dalam Memfasilitasi Penguasaan Keterampilan Abad Ke 21 Siswa SMP. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i1.207

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Kartimi, K., Mulyani, A., & Riyanto, O. R. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Abad 21. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 160–170. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v1i2.5815

kemdikbud. (2018). GERAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK). Www.Kemdikbud.Go.Id. www.kemdikbud.go.id/download/

Laksono, P. J., & Fatimatuzzahra, F. (2022). Active, Creative, Effective and Fun Learning with Character in 21st Century Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3667–3678.

Mohamad, W. M. W., & Teh, K. S. M. (2019). Pembelajaran Abad ke-21 dalam Al-Quran: Satu Manual Pendidikan Istimewa daripada Allah. Journal of Educational Research & Indegenous Studies, 2(1), 192-201.

Mawardi, M., Wahyudi, W., Kristin, F., & Septian Airlanda, G. (2021). Pendampingan Penyusunan RPP Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Guru SD. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 143–153. https://doi.org/10.24246/jms.v2i12021p143-153

Nugroho, O. F., Damayantie, I., & Pratiwi, R. (2021). Menciptakan Keterampilan Guru Abad 21 Melalui Pendekatan Stem + Art. Seminar Dan Call Papper, 1(1), 103–107. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/SEMNASLPPM/article/view/93/99

Nusyirwan, D., Prayetno, E., Nugraha, S., Aditya Nugraha, H., & Andika, M. (2021). Program Stem Untuk Melatih Kolaborasi Siswa Guna Mempersiapkan Diri Menjadi Engineering Unggul Di Abad 21. Al-Khidmat, 3(2), 57–65. https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.9693

Rahman, A. A., Lengkana, A. S., & Angraeni, A. (2021). Pembekalan Dan Implementasi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru Bahasa Inggris Smp Kabupaten Sumedang. Jurnal Widya Laksana, 10(2), 202. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i2.32352

Sesunan, F., Abdurrahman, Nurulsari, N., & Maulina, H. (2021). Penyusunan Unit Pembelajaran Inquiry Based Learning Berorientasi Kemampuan Abad 21. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 312–319. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4377

Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Sma Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Al-Khidmat, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.15575/jak.v3i1.6243

Susanti, E., Yusuf, M., Araiku, J., Scristia, S., Kurniadi, E., & Simarmata, R. H. (2020). Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Multimedia bagi Kelompok Guru Sekolah Dasar di Desa Petunang Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Anugerah, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i1.2173




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v6i2.23691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :