Penggunaan Software Anates Untuk Validasi Instrumen Tes

Authors

  • Riva Lesta Ariany Program Studi Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abdurahman Al-Ghifari Program Studi Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/jak.v1i1.3327

Keywords:

Anates, Evaluasi, Instrumen, Validasi

Abstract

Penilaian pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan tes. Soal Tes dikategorikan layak dijadikan instrument penilaian apabila soal tersebut lolos dalam beberapa pengujian, diantaranya uji content, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Perlu software yang dapat mempermudah perhitungan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Anates untuk validasi instrument tes. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, instrument yang digunakan adalah angket, dan melibatkan 35 orang guru. Berdasarkan hasil analisis hasil angket, para guru menunjukkan bahwa Anates sangat bermanfaaat dan efektif untuk digunakan dalam melakukan validasi instrument tes. Anates sangat direkomendasikan untuk digunakan para guru dalam menganalisis validasi butir soal atau tes sehingga alat evaluasi yang digunakan tepat dan efektif.

References

Aiken, L. R. (1994). Psychological Testing and Assesment – Eight Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Purwanto, N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmasari, Dias. (2016). Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Economy Education Analysis Journal 5 (1). 317-330

Sanova, A., Bakar, A., & Afrida, A. (2017). Standarisasi instrumen penilaian hasil belajar dengan program anates v4 bagi guru SMPN 17 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1-10.

Suharsimi, Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-09-28