PELATIHAN KOMUNIKASI HOSPITALITY DAN BAHASA INGGRIS KEPARIWISATAAN BAGI PEMANDU DAN EDUKATOR MUSEUM DI BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.15575/jak.v7i1.33544Keywords:
komunikasi hospitality, Bahasa Inggris, Pemandu, MuseumAbstract
Penyelenggaraan kepariwisataan menuntut kemampuan penyedia layanan dalam keterampilan komunikasi yang mengutamakan aspek hospitality dan penguasaan Bahasa Inggris yang baik. Terlebih jika tujuan wisata tersebut berpotensi menerima wisatawan mancanegara. Museum merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang dapat memberikan pemahaman dan pengalaman belajar bagi wisatawan. Peranan pemandu museum dalam memberikan informasi dan pelayana sangatlah penting. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini yaitu untuk mengetahui penerapan keterampilan komunikasi hospitality dan penguasaan Bahasa Inggris Kepariwisataan bagi pemandu wisata dan edukator museum. Metode yang digunakan yaitu dengan memberikan pelatihan secara langsung berupa ceramah dengan bantuan slide presentasi, kuis dan bermain peran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung melihat peserta mengimplementasikan penggunaan komunikasi hospitality dan penggunaan Bahasa Inggris oleh pemandu. Sebagai data pendukung dilakukan wawancara terhadap pemandu museum. Berdasarkan hasil ditemukan bahwa peserta telah memahami lebih baik mengenai komunikasi hospitality. Namun, beberapa museum di Bandung belum memiliki standar komunikasi hospitality. Penerapan Komunikasi Hospitality seyogyanya meliputi beberapa hal seperti: Kesantunan berbahasa, Hospitalitas, keterampilan berbahasa Inggris, serta penerapan budaya/atribut lokal. Sedangkan dalam penguasaan Bahasa Inggris dilihat pada kegiatan role play dalam menjelaskan apa yang ada di museum sudah dalam kategori baik. Namun pemandu museum dan edukator perlu memahami struktur dalam menerima telepon, menerima tamu dan menjelaskan tempat. Hasil dari pelatihan ini adalah bertambahnya pengetahuan dan ketrampilan peserta pelatihan tentang Komunikasi Hospitality dan penggunaan Bahasa Inggris kepariwisataan.
References
Jakarta: Profesional Books.
Juhana. 2011. Students’ Difficulties in Speaking Class. UPI. Unpublished thesis at the English Department, Postgraduate Studies.
Hill & Brierley. 2003. How to Measure Customer Satisfaction. London: Routledge.
Octovia Widya, H. M. 2021. Community Empowerment In Developing Kampoeng Lama Tourism As An Educational Tourism Destination. Asian Journal Of Management Entrepreneurship And Social Science, volume 1, 104.
Rodger. 1998. Leisure, Learning and Travel. Journal of Physical Education, 69 (4): hal 28
Sharma, A. 2015. Educational Tourism: Strategy For Sustainable Tourism Development With Reference Of Hadauti And Shekhawati Regions Of Rajasthan, India. Journal Of Knowledge Management, Economics And Information Technology, Vol.5, Issue 4. Scientific Papers (Www.Scientificpapers.Org)
Undang-Undang No. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20 Ayat (2).
Ur, P. 2009. A Course in Language Teaching: Practice and Theory. Cambridge Teacher Training and development.
Wood, J, T. 2009. Communication in Our Lives, USA: University of North Carolina at Capital Hill.
Asosiasi Museum Indonesia. Profil Museum: Daftar Museum Seluruh Indonesia 2023. https://asosiasimuseumindonesia.org/anggota.html. Diakses pada 25 Oktober 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Journal Al-Khidmat is a national peer-reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of Community Engagement.
This journal provides immediate open access to its content that making research published in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published.Â
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.