PENDAMPINGAN BELAJAR PENGENALAN BAHASA INGGRIS MENYENANGKAN DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID 19


Neli Hastuti(1*), Evi Roviati(2)

(1) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
(2) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Mengenalkan Dan Membangkitkan Minat Belajar Bahasa Asing (Bahasa Inggris) Pada Anak Di Masa Pandemi Covid19” di lingkungan RT 02 RW 03 Desa Rancawuluh bertujuan untuk membimbing siswa memiliki keterampilan berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Masalah utama yang sering dihadapi anak ketika mendengar Bahasa Inggris yaitu stereotip bahwa Bahasa Inggris sangat sulit di pahami dan dipelajari. Yang pada akhirnya siswa kurang minat untuk mempelajarinya dan tidak bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengabdian yang berupa program bimbingan belajar bahasa berjalan sesuai dengan rencana yang telah direncanakan dengan jumlah siswa 18 anak. Hasil tersebut diperoleh dari metode pendekatan secara langsung dengan melakukan pendataan anak yang mengikuti bimbingan dan kegiatan mengajar. Adapun materi yang disampaikan berupa Introducing Myself, Spelling Alphabet, Daily Activities, The part of The Body, Numbers, etc.  Hasil akhir yang diharapkan dari bimbingan bahasa ini adalah para siswa mampu menerapkan penggunaan bahasa di kehidupan sehari-hari dan mengatasi kesulitan-kesulitan yang anak-anak hadapi pada saat belajar Bahasa Inggris. Anak-anak bisa belajar dengan tenang, enjoy, dan mudah dipahami tentang materi yang disampaikan.

  

ABSTRACT

Community service activities with the theme "introducing and arousing interest in foreign languages (English) in children during the Covid19 pandemic" in the RT 02 RW 03 of Desa Rancawuluh aims to guide students to have good and correct English skills. The main problem children often face when hearing English is the stereotype that English is very difficult to understand and learn. Which in the end, students are less interested in learning it and cannot apply it in daily life. Community service activities in the form of a language tutoring program are running according to the planned plan with 18 students. These results were obtained from the direct approach method by collecting data on children who participated in teaching and teaching activities. The material presented was Introducing Myself, Spelling Alphabet, Daily Activities, The part of The Body, Numbers, etc. The final result expected from this language guidance is that students are able to apply the use of language in everyday life and overcome the difficulties they face while learning English. They can learn calmly, enjoy, and are easy to understand about the material presented.


Keywords


learning assistance, English learning, pandemic.

Full Text:

PDF

References


Agustina, E., Rohmah, A., & Kuspiyah, H. (2019). Pendampingan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris dan Bakti Sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial Roudlotut Thullab. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 1-5. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIMi/article/view/415

Alshenqeeti H. Interviewing as a Data Collection Method: A Critical Review. English Linguist Res [Internet]. 2014;3(1):39-45. Available from: http://www.sciedu.ca/journal/index.php/elr/aticle/view/4081

Ambaryanti, R. (2013) Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di RA Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. 2(2) pp:43-49.

Asmin, A. I (2013). Pengenalan dan Peningkatan Minat Anak Usia Dini untuk Mempelajari Bahasa Inggris. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 2, pp. 191-197)

Christina, Nuning W (2010). English for Kindergarten Student. Talenta Media Utama. Jakarta.

Handayani, T., H.N. Khasanah, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak COVID-19. ABDIPRAJA; Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 1(1) 107-115.

Gregg, K. R. (2007). Introducing Second Language Acquisition, Muriel Saville-Troike. Studies in Second Language Acquisition, 29(3), 488-489.

Matodang, E. M. (2005) Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Music dan Movement (Gerak dan Lagu). Jurnal Pendidikan Penabur no.5

McKay P. Foregin language teaching in Australian primary schools. In: An early start: Young learners and modern languages in Europe and beyond. 2000. p. 225-48

Ruminda, Dewi Kustanti. (2018) Pelatihan Speed Reading bagi Guru-Guru SD Mata Pelajaran Bahasa Inggris Se-Kecamatan Tarogong Kabupaten Garut, Jurnal AL-Khidmat Vol 1, No 2, pp.55-62.

Ida Setyawan. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Daring. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3u). Retrieved from http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/955

Yamin, M (2017) Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat DAS. Jurnal Pesona Dasar, 1(1).

Yulianingsih, W., S. Suhanadji, R. Nugroho, M. Mustakim. 2020. Keterlibatan Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2). Pp: 1138-1150.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.9303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :