Analisis Penyusunan Pesan Persuasif dalam Program Tausiah MQ FM Bandung


khoiruddin Muchtar(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui teknik penyusunan pesan secara persuasive dan informative dalam Siaran Tausiyah Motovasi Awal Pekan di Radio 102.7 MQ. FM. Penelitian ini menggunakan paradigm konstruktivis, pendekatan kualitatif, dengan metode analisis terhadap isi pesan dengan susunan pesan dan teknik komunikasi persuasif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dalam menyampaikan pesan perlu adanya aturan yang baik dengan pemilihan kata-kata dan pengaturan pesan didalam penyampaiannya, pesan yang tersusun dengan baik dapat memotivasi audiensnya menuju kepada tingkah laku atau sikap yang sesuai dengan pesan dakwah. Sehingga pesan yang tersusun dengan baik mempunyai dampak yang lebih efektif dari pada pesan yang tidak tersusun.

This study aims to determine the technique of compiling messages in a persuasive and informative manner in the Tausiyah Motovasi Early Week Broadcast on Radio 102.7 MQ. FM. This study uses a constructivist paradigm, a qualitative approach, with the method of analyzing the content of the message with the composition of the message and persuasive communication techniques. The results of the study indicate that, in conveying messages, there needs to be good rules with the choice of words and message settings in the delivery, well-structured messages can motivate the audience towards behavior or attitudes that are in accordance with the message of da'wah. So that a well-structured message has a more effective impact than an unstructured message

Keywords


Keywords : Persuasive Message, Tausiyah Program, MQ FM Bandung

References


Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Cangara, H. (2011). Komunikasi Politik Konsep, Teori dan Strategi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Company Profil Radio 102,7 MQ FM Bandung

Departemen Agama RI. (2002). Alquran Tajwid dan Terjemahannya. Bandung: PT Syaamil Cipta Media

Effendi, O. U. (2004). Dinamika Komunikasi, Bandung; Remaja Rosdakaraya

Frank, J. (1992). Public Relations, Jakarta: Erlangga

Ghazali, B. (1997). Dakwah Komunikatif. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya

Kountor, R. (2007). Metode Penelitian; Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: Buana Printing.

Mimbar Ulama. (1978). Radio Sebagai Dakwah

Munawir, A. W. (1987). Kamus Al – Munawir Arab – Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, 1987

Rahmat, J. (2000). Psikologi Komunikasi, Bandung, Remaja Rosda Karya

Rahmat, J. (2004). Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Romli, A. S.(2003). Jurnalistik Dakwah, Bandung: Remaja Rosda Karya

Suprayogo. I, & Tobroni. (2001). Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Bandung: Remaja Rosda Karya




DOI: https://doi.org/10.15575/anida.v21i2.16222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat