Aktivitas Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Dalam Pengelolaan Pelayanan Ibadah Haji


Tenna Nissa Yusica(1*)

(1) Manajemen Dakwah FIDKOM UIN SGD Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study was to analyze the competency activities of training and education of employees in the Hajj service, the assessment of employee work in the Hajj service and employee career activities. The author uses the theory of Human Resource Management proposed by Garry Dessler. The results showed, First: Training and education carried out by the staff of the Section for Hajj and Umrah Implementation of the method is to use the lecture system, internships, training in the classroom with the guidance of instructors. Second: Employee work assessments that include aspects of employee work assessment include positive actions, negative actions, attendance, discipline, loyalty, work performance, responsibility, obedience, honesty, cooperation, initiative, and leadership and carried out in the office using the critical incident method , methods of goal management, methods of important events, and methods of field review. Third: the benchmark for determining employee careers must have good understanding, skills, knowledge, capacity and competence in terms of management of study. So that human resources increase.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis aktivitas kompetensi pelatihan dan pendidikan karyawan dalam pelayanan ibadah haji, penilaian kerja karyawan dalam pelayanan ibadah haji dan aktivitas karir karyawan. Penulis menggunakan teori Manajemen Sumber Daya Manusia yang dikemukakan oleh Garry Dessler.  Hasil penelitian menunjukan, Pertama: Pelatihan dan pendidikan dilakukan oleh Staf Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah metodenya adalah dengan menggunakan sistem ceramah, magang, pelatihan dalam kelas dengan bimbingan instruktur. Kedua: Penilaian kerja karyawan yang mencakup aspek penilaian kerja karyawan meliputi perbuatan positif, perbuatan negatif, kehadiran, kedisiplinan, kesetiaan, prestasi kerja, tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerjasama, prakarsa, dan kepemimpinan dan  dilakukan di dalam kantor dengan menggunakan metode kajadian kritis, metode manajemen tujuan, metode kejadian penting, dan metode tinjauan lapangan. Ketiga: yang menjadi tolak ukur penentuan karier karyawan harus memiliki pemahaman, keterampilan, ilmu pengetahuan, kapasitas dan kompetensi yang baik dalam hal manajemen perhajian. Sehingga sehingga sumber daya manusia yang  meningkat.

 


Keywords


Aktivitas; Aktivitas; Kompetensi; Sumber Daya Manusia Pelayanan Ibadah Haji

References


Azmy, A. (2015) Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia untuk Mencapai Career Ready Professional di Universitas Tanri Abeng, Jurnal Binus Business Review 6 (2), 220-232.

Damingun .(2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 11(2),245-252.

Depag RI . 2008. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Penyelenggaraan Ibadah haji. Jakarta: Depag RI.

Depag RI.(1999).Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaraan Ibadah haji. Jakarta : Depag RI.

Dessler, G. (2007).Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 2. Jakarta : PT. Indeks

Dessler, G. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 1. Jakarta : PT. Indeks

Dirjen PHU Depag RI .(2007). Pola Penyuluhan Haji. Jakarta : Depag RI

Dirjen PHU Depag RI. (2007). Perspektif KUA Dalam Pelayanan Haji. Jakarta : Depag RI

Dirjen PHU Depag RI. (2007). Pola Pembinaan Jemaah Haji. Jakarta : Depag RI

Flippo, E.B. (1984). Manajemen Personalia. Jakarta : Erlangga

Efendi, N. (2015). Pengembangan Sumberdaya Manusia Berbasis Kompetensi di Kantor Pemerintah Kota Bandar Lampung. Mimbar, 31(1), 1-10.

Fanham, A.M. (2015) Penyelenggaraan Ibadah Haji, Masalah dan Penanganannya, Jurnal Kajian; Menjembatani Teori dan Persoalan dalam Perumususan Kebijakan, 20 (3), 201-2018.

Hariandja,M.T.E. (2009).Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta

Labola, Y.A.(2019). Konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi, Bakat dan Ketahanan dalam Organisasi. JURNAL MANAJEMEN & KEWIRAUSAHAAN, 7(1), 28-35.

Nidzam, A. (2015) Efektivitas Prosedur Pendaftaran Haji melalui Rakayasa Ulang Proses Bisnis, Penamas; Jurnal Penelitian Keagamaan dan Kemasyarakatan, 28 (3), 351-532.

Priyono, A.H., Al Musadieq, M., Prasetya, A. (2016) Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Indonesia yang Bekerja Ke Luar Negeri, Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya 33 (1), 43-51.

Ramly, A.T. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Unggul Berbasis Pumping HR( Model Evaluasi Program di IPB University). Jurnal Manajemen, 7(2), 138 – 151.

Setiawan, A.I., (2015) Budaya Organisasi dalam Lembaga Islam, Jurnal Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 14 (2), 341-355.

Susilawati, I., Sarbini, A., dan Setiawan, A.I. (2016) Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji, Tadhbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1 (2), 190-206.

Tim Penyusun. (2018). Panduan Penyusunan Skripsi Dakwah dan Komunikasi. Bandung: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Terry, G.R. & Rue, L.W. (2008). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta : PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15575/anida.v17i2.5038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat