Strategi Kelompok Bimbingan Ibadah haji (KBIH) Maqdis Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Terhadap Calon Jamaah Haji Tahun 2017


Nuning Octaviani(1*)

(1) Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study is to determine the KBIH strategy in improving prime service in the form of customer needs or practical pilgrims as well as the needs of customers or pilgrims emotionally and the process of providing services in KBIH Maqdis in terms of improving excellent service for prospective pilgrims. The method used in this study is descriptive method using a qualitative approach. The research steps are taken by: determining the location of research, collecting data using observation techniques, interviews, literature studies, and documentation then analyzing data by means of data reduction then data classification and drawing conclusions. From the results of the study it can be concluded that the KBIH Maqdis strategy in improving excellent service is quite good because this can be seen from the practical needs given by KBIH Maqdis to prospective pilgrims. The KBIH Maqdis party provides good service in terms of its service, supervisor, management and chairman. Because the effort to provide good service is expected that pilgrims feel satisfied so that they can tell others about the quality of services provided by KBIH Maqdis to worshipers. The process of implementing service delivery can also look good, that is seen from the provision of excellent service in KBIH Maqdis, Bandung.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi KBIH dalam meningkatkan pelayanan prima berupa kebutuhan pelanggan atau jamaah secara praktis maupun kebutuhan para pelanggan atau jamaah secara emosional dan proses dari pemberian pelayanan yang ada di KBIH Maqdis dalam hal meningkatkan pelayanan prima terhadap calon jamaah.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun langkah-langkah penelitian ditempuh dengan: penentuan lokasi penelitian, pengumpulan data dengan menggunakan tehnik observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi selanjutnya analisis data dengan cara reduksi data kemudian klasifikasi data dan penarikan kesimpulan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi KBIH Maqdis dalam Meningkatkan pelayanan prima cukup baik karena hal ini dapat dilihat dari kebutuhan secara praktis yang diberikan KBIH Maqdis kepada calon jamaah haji. Pihak KBIH Maqdis memberikan pelayanan yang baik dari segi pelayanannya pembimbing, pengurus maupun ketuanya. Karena dengan upaya memberikan pelayanan yang baik diharapkan jamaah haji merasa puas sehingga dapat memberitahu kepada orang lain tentang kualitas pelayanan yang diberikan pihak KBIH Maqdis terhadap jamaah. Proses pelaksanaan pemberian pelayanan pun dapat terlihat baik yakni dilihat dari pemberian pelayanan prima yang ada di KBIH Maqdis Kota Bandung.


Keywords


Strategy, KBIH, Excellent service,

Full Text:

XML

References


Kusnawan, A. (2010). Perencanaan Pendidikan Tinggi Islam. dalam Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies. 5(15) 902

Andrews. Kenneth. r. (1985). Konsep Strategi Perusahaan. Surabaya: Erlangga.

Aziz (2007) Metode Penelitian dan Teknik Analisis Data.Jakarta:Salemba Medika

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dahlan, A.A., dkk (1997). Ensiklopedi Hukum Islam, Jilid 4, Jakarta: IkhtiarBaru van Hoeve

Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2011). Service, Quality and Satisfaction,ed. 3. Yogyakarta: Andi.

Hunger, J. D. dan Wheelen, T.L. (2003). ManajemenStrategis. Yogyakarta: Andi.

Masrun. (1978). Pengukuran dalam pendidikan.Yogyakarta: Fakultas Psikologi UniversitasGadjah Mada Yogyakarta.

Rasyid, Sulaiman, (1976) Fiqh Islam, Jakarta: al-Thahiriyah

Sumayang, Lalu. (2003). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Umar, J. (1991). Pengantar Penilaian Pendidikan (Makalah). Jakarta: Pusisjian, Balitbang, Depdikbud




DOI: https://doi.org/10.15575/anida.v17i1.5054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat