Implementasi Manajemen Promosi KBIH dalam Meningkatkan Minat Bimbingan Jamaah Haji


Saepurrahmat Saepurrahmat(1*)

(1) Program Studi Hubungan Masyarakat, Politeknik LP3I Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine the promotion process carried out by KBIH Assyakur through efforts from advertising, personal sales and from the mouth into increasing interest in conducting guidance in KBIH Assyakur. The method used in this study is qualitative descriptive namely case studies with case studies (case studies). This research focuses on one particular side that studies it as a case. Where the subjects in this study are KBIH Assyakur in which there are administrators, managers, which can be used as information. The results of research and analysis of promotion management data conducted by KBIH Assyakur through advertising, with print media (brochures), internet media (website), social media (Facebook). Sales of individuals and word of mouth promotions conducted by alumni who have been mentored at KBIH Assyakur, promotion by word of mouth is the most effective promotion conducted by KBIH KBIH Assyakur Batununggal in Bandung.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses promosi yang dilakukan oleh KBIH  Assyakur melalui impelementasi dari bauran promosi periklanan, penjulan personal dan dari mulut ke mulut dalam meningkatkan minat jamaah untuk melakukan bimbingan di KBIH Assyakur.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif adalah berupa penelitian dengan metode penelitian studi kasus (case study). Penelitian ini memusatkan diri secara intensif pada satu obyek tertentu yang mempelajarinya sebagai suatu kasus. Dimana Subjek dalam penelitian ini adalah KBIH Assyakur yang didalamnya terdapat pengurus, pengelola, pengguna jasa, yang dapat dijadikan sumber informasi. Hasil penelitian dan analisis data manajemen promosi yang dilakukan oleh KBIH Assyakur melalui periklanan, dengan media cetak (brosur), media internet (website), media sosial (facebook). Penjualan perorangan dan promosi dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh alumni-alumni yang sudah pernah dibimbing di KBIH Assyakur, promosi dengan menggunan dari mulut ke mulut adalah promosi yang paling effektif yang dilakukan oleh KBIH KBIH Assyakur Batununggal Kota Bandung.

 


Keywords


Management; Promotion Management Interest

References


Aziz, A. & Kustini. (2007). Ibadah Haji Dalam Sorotan Publik. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan.

Handoko, T.H. (2009). Manajemen. Cetakan Duapuluh, Yogyakarta: Penerbit BPEE.

Herdiana & Khoiruddin (2016) Peran Dan Strategi Humas Dalam Pembentukan Citra Perguruan Tinggi Islam, Jurnal Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 15 (2), 317-338.

Jogiyanto (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset

Kotler, P. (1996). Manajemen Pemasaran. diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Edisi 11, Jilid 1. Jakarja: PT Indek Kelompok Gramedia.

Koontz, H. et.all. (1986). Manajemen. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kusnawan, A. Dkk. (2017). Manajemen Mutu Input Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Indonesia. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 277-292.

Lestari, S.P. (2015). Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi pada Rumah Sakit Islam Lumajang). JURNAL INTERAKSI, 4(2), 139 – 147.

Santoso, N. & Yulli, S. (2013) Analisis Pengaruh Pencitraan, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kuliah Di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Kanjuruhan Malang, Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen. Universitas Kanjuruhan Malang, 1 (1).

Saraswati. (2013). Faktor Minat Perilaku Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce. Simposium Nasional Akuntansi XVI.

Satria, A.A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(1), 45-53.

Slameto. (2003).Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofianida, S. & Marlini, M. (12) Manajemen Promosi Perpustakaan di Kantor Arsip, Perpustakaan, dan Dokumentasi Kota Padang, Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Universitas Negeri Padang, 1 (1), 313-321.

Susilawati, I., Sarbini, A., & Setiawan, A.I. (2016) Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji, Tadhbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1 (2), 190-206.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: ANDI

Yoebrilianti, A.(2018). Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Produk Fashion(Survei Konsumen pada Jejaring Sosial). Jurnal Manajemen, 8(1), 20-41.




DOI: https://doi.org/10.15575/anida.v17i2.5063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat