Media Sosial Sebagai Sarana Penyebarluasan Berita


Zalfa Viastiana(1*), Imron Rosyidi(2), Dono Darsono(3)

(1) Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik, Fakultas dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung., Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi media konvensional ke media sosial sebagai sarana untuk menyebarkan informasi, salah satunya adalah Radio PRFM yang menggunakan media sosial YouTube sebagai sarana untuk menyebarkan informasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses produksi berita yang dilakukan oleh Radio PRFM untuk ditayangkan di media sosial YouTube, mulai dari proses pemilihan isu, proses penyajian berita, dan evaluasi yang dilakukan Radio PRFM. Penelitian ini menggunakan teori new media yang dikemukakan oleh Pierre Levy. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa YouTube Radio PRFM mempunyai dua jenis konten berita, yaitu konten berita liputan khusus dan video pendek, isu didapatkan melalui media sosial dan liputan, dengan mengutamakan isu yang berada di wilayah Bandung Raya. YouTube Radio PRFM melakukan evaluasi dengan cara menyajikan semua jenis berita ke YouTube.

Kata Kunci : YouTube; New Media; Berita; Radio PRFM

This research is behind the conventional media which is currently starting to switch to using social media as a means to spread information, one of which is Radio PRFM that uses Youtube social media as a means to spread information. The purpose of this study is to find out how the news production process conducted by Radio PRFM to be broadcast on Social Media Youtube, starting from the issue selection process, the process of presenting news, and evaluations conducted by Radio PRFM. This research uses the New Media theory put forward by Pierre Levy. This study uses qualitative research methods with a descriptive approach. The results concluded that YouTube Radio PRFM has two types of news content, namely special coverage news content and short video, issues are obtained through social media and coverage, prioritizing issues in the Greater Bandung area. Youtube Radio PRFM conducts an evaluation by presenting all types of news to Youtube.

Keywords : YouTube; Issue; News; Radio PRFM


Keywords


YouTube; New Media; Berita; Radio PRFM

Full Text:

PDF

References


Afiah, N., Ilham, M., & Muttaqin, A. (2020). Efektivitas YouTube Sebagai Media Penyebarluasan Informasi Dan Berita (Studi Pada Makassar. Tv). RESPON Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 1(4).

Basuki, F. A. (2018). Pemanfaatan Media Digital Untuk Listener Engagement Oleh Media Konvensional: Studi Kasus Media Sosial Youtube Oleh Radio Prambors, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Multimedia Nusantara, Banten.

Cresswell, J. W. (2008). Educational Research (Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. USA: Pearson

Fitria, A. (2021). Peran Editor dalam Proses Penyuntingan Berita di Farenting. com (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Garmabrata, G., Dimyati, I., & Yusanto, Y. (2014). Realitas KOMPAS TV Dalam Menggunakan Youtube Sebagai Sarana Menyebarluaskan Berita, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten

Helianthusonfro, J. (2016). YouTube Marketing. Jakarta: PT. Gramedia

Hikmat, M. M. (2018). Jurnalistik: Literary Journalism. Jakarta: Prenadia Group

Rosyidi, I. (2015). Pentingnya Human Relations dalam Kegiatan Kehumasan. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 4(13), 571-594.

Kindarto, A. (2008). Belajar Sendiri YouTube, Menjadi Mahir Tanpa Guru, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Muhaemin,E., Darsono, D. (2012). Secangkir Peristiwa di Mata Wartawan Penulis. Bandung: Mimbar Pustaka

Muhtadi, A. S. (2008). Komunikasi Politik Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muttaqin, Z. (2018). Strategi penyiaran Radio PRFM 107, 5 FM dalam menyampaikan berita di Kota Bandung, Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

PRFM News. Tentang PRFMnews.id. Diakses 27 Desember 2021 dari https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/about-us

Rakhmat, J. (2005). Metode Penelitian Komunikasi : Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Romli, M., & Syamsul, A. (2012). Jurnalistik Online: Jurnalistik Masa Depan. Bandung: Nuansa Cendekia Rosdakarya.

Oramahi, H. A. A. (2012). Jurnalistik Radio: Kiat Menulis berita Radio. Jakarta: Erlangga.

Solomon, M. R. (2011). Consumer Behavior: buying having, and being 9th Ed. New Jersey: Pearson

Suara.com. (2021). YouTube Rajai Media Sosial di Indonesia. Diakses 27 Desember 2021 di https://www.suara.com/tekno/2021/02/15/153000/YouTube-rajai-media-sosial-di-indonesia

Sumadiria, H. (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tebba, S. (2005). Jurnalistik Baru. Jakarta: Kalam Indonesia

Willing, S. B. (2010). Jurnalistik: petunjuk teknis menulis berita. Jakarta: Erlangga.

Zaenuddin, H. M. (2011). The journalist. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.