Penerapan Bahasa Jurnalistik pada Berita Ekonomi Bisnis.com Edisi April 2022


Anissa Putri(1*), Dadan Suherdiana(2), Encep Dulwahab(3)

(1) Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Country: Indonesia,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa jurnalistik tidak komunikatif, bahasa jurnalistik tidak spesifik, bahasa jurnalistik tidak hemat kata, dan bahasa jurnalistik tidak jelas makna pada berita ekonomi Bisnis.com edisi 1-30 April 2022. Adapun penelitian ini menerapkankonsep bahasa jurnalistik menurut Kunjana Rahardisebagai landasan penelitian. Menggunakan metodepenelitian deskriptif, pendekatan yang digunakanialah pendekatan kualitatif, serta paradigma yang digunakan ialah paradigma konstruktivisme. Berdasarkan dari hasil kajian, penggunaan bahasajurnalistik menurut konsep Kunjana Rahardi belumdapat diterapkan dengan baik pada ekonomiBisnis.com edisi 1-30 April 2022. Penggunaanbahasa jurnalistik yang tidak komunikatif paling banyak ditemukan, yakni sebanyak 50 kesalahandalam 14 berita.

Kata Kunci : Bahasa Jurnalistik; Berita Ekonomi; Bisnis.com.


This study aims to find out the use of journalisticlanguage that is not communicative, journalisticlanguage is not specific, journalistic language isnot sparing in words, and journalistic language isnot clear in meaning in the economic news ofBisnis.com April 1-30 2022 edition. This study usesthe concept of journalistic language according toKunjana Rahardi as the basis of research. Usingdescriptive research methods, the approach used isa qualitative approach, and the paradigm used isthe constructivism paradigm. Based on the resultsof the study, the use of journalistic languageaccording to Kunjana Rahardi's concept cannot beproperly applied to the economics of Bisnis.com April 1-30 2022 edition. The use ofuncommunicative journalistic language is the mostcommon, namely 50 errors in 14 news.

Keywords : Journalistic Languange; Economic News; Bisnis.com.


Full Text:

PDF

References


Assegaff, Dja’far. (1991). Jurnalistik Masa Kini (Pengantar Praktek Kewartawanan). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Djuroto, Totok. (2003). Teknik Mencari dan Menulis Berita. Surabaya: DP.

Hikmat, Mahi. 2018. Jurnalistik: Literary Journalism. Jakarta: Preneda Media Group

Kusumaningrat, Hikmat. & Purnama. (2016). Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Noeng, Muhadjir. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Putong, I. (2010). Economics Pengantar Mikro&Makro. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rahardi, Kunjana. (2011). Bahasa Jurnalistik: Pedoman Kebahasaan untuk Mahasiswa, Jurnalis dan Umum. Yogyakarta: Ghalia Indonesia.

Rahardi, R. Kunjana. (2011). Bahasa Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rakhmat, Jalaludin. (2014). Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Romli, A.S.M. (2005). Jurnalistik Terapan: Suatu Pengantar. Bandung: Batik Press.

Romli, A.S.M. (2018). Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sumadiria, Haris. (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumadiria, Haris. (2010). Bahasa Jurnalistik: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Suryawati, Indah. (2011). Jurnalistik Suatu Pengantar: Teori dan Pratik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yunus, S. (2010). Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.