Persepsi Wartawan Mengenai Penggunaan Clickbait di Media Daring


Jajang Jaenal Abidin(1*), Haris Sumadiria(2), Rusmulyadi Rusmulyadi(3)

(1) ,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wartawan AJI Bandung tentang penggunaan clickbait pada judul berita di media daring melalui tiga aspek penelitian yaitu atensi, seleksi, dan interpretasi wartawan yang tergabung dengan AJI Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara dengan wartawan AJI Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh wartawan memperhatikan dan mengetahui mengenai clickbait, penggunaan clickbait merupakan upaya menarik pembaca namun tidak berlebihan seperti mengabaikan fakta dan masih dalam batas wajar dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung saja. Dalam membuat judul clickbait juga tetap menggunakan aturan seperti kriteria judul berita yang salah satunya harus relevan serta judul berita berkaitan denga nisi berita. Wartawan berpendapat bahwa penggunaan clickbait pada judul berita diperbolehkan namun tanpa mengabaikan kode etik dan tetap bersesuaian antara judul dan isi berita tersebut.

ABSTRACT

This study aims to determine the perceptions of AJI Bandung journalists regarding the use of clickbait on news titles in online media through three research aspects, namely attention, selection, and interpretation of journalists who are affiliated with AJI Bandung. The research method used in this study is a qualitative method with data collection in the form of interviews with AJI Bandung journalists. The results of the study show that all journalists pay attention and know about clickbait, the use of clickbait is an attempt to attract readers but not excessively such as ignoring facts and is still within reasonable limits with the aim of only increasing the number of visitors. In making clickbait titles, we still use rules such as the criteria for news titles, one of which must be relevant and the news title related to the news content. Journalists argue that the

use of clickbait on news titles is permissible but without ignoring the code of ethics and keeping the title and content in line with the news.


Keywords


Keywords: Perceptions of Journalists, Clickbait, Online Media

Full Text:

PDF

References


Aksara, T.P. (2020). Kamus Istilah Psikologi. Yogyakarta: Penerbit Indoeduka

Ahmad Syafieq, D. H. (2018). Penggunaan Umpn Klik Pada Judul Berita Untuk Menarik Minat Pembaca. http://repository.uniska-bjm.ac.id/352/

Biyani, P., Tsioutsiouliklis, K., & Blackmer, J. (2016). "8 Rahasia Menakjubkan untuk Mendapatkan Lebih Banyak Klik": Mendeteksi Clickbait di Aliran Berita Menggunakan Informalitas Artikel. Prosiding Konferensi AAAI tentang Kecerdasan Buatan , 30 (1).

Fauzi, A. (1999). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Jalaludin Rakhmat. (2018). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Mulyana, D. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Pangarepan, J. N. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Kepala Berita Clickbait Media Daring Instagram (Studi Pada Mahasiwa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Acta Diurna Komunikasi

Romli, A.S. (2018). Jurnalistik Daring: Panduan Mengelola Media Daring. Bandung: Nuansa Cendikia.

Sobur, A (2003). Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Media

Sukendar, M. U. (2017). Psikologi Komunikasi Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sumadiria, A. H. (2014). Sosiologi Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Sumadiria, A. S. (2017). Bahasa Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Syafieq, dkk. (2018). Penggunaan Umpan Klik Pada Judul Berita Untuk Menarik Minat Pembaca. Jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary

Walgito, Bimo. (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.