Objektivitas Berita Insiden Stadion Kanjuruhan Malang 2022 di Media Daring


Ari Maulidani(1*), Bahrudin Bahrudin(2), Encep Dulwahab(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Program Studi Jurnalistik, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Program Studi Jurnalistik, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Program Studi Jurnalistik,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana objektivitas pemberitaan insiden Stadion Kanjuruhan Malang di media daring Bolanusantara.com. Penelitian ini menggunakan konsep objektivitas menurut McQuail, yakni faktualitas yang terdiri dari kebenaran dan relevansi, serta impartialitas yang terdiri dari keseimbangan dan netralitas. Hasil kajian menunjukkan bahwa objektivitas dalam pemberitaan insiden Stadion Kanjuruhan Malang di media Bolanusantara.com belum maksimal untuk memenuhi unsur 5W+1H, kemudian berita yang disajikan tidak memenuhi unsur keseimbangan, namun keseluruhan berita telah memenuhi unsur relevansi. Media Bolanusantara.com juga telah maksimal dalam mengaplikasikan unsur netralitas, dilihat dari tidak adanya opini atau penilaian pribadi dari wartawan.

Keywords


Objektivitas; Media Daring, Berita; Stadion Kanjuruhan

Full Text:

PDF

References


Agus, S. (2015). Objektivitas Pemberitaan Pt Merpati. Nusantara Di Media Online. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Alam, R.R. (2013). Objektivitas Berita Persib. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Sunan Gunung Djati Bandung.

Arvino, P. (2014). Analisis Framing Pemberitaan Konflik FPI vs Warga di Kendal, Jawa Tengah, Pada Portal Berita AntaraNews.Com dan Republika Online. Skripsi. Universitas Andalas. Padang.

Bambang, S.N. (2013) Objektivitas Bberita Politik Produksi Citizen Journalism. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Barus, S. W. (2010). Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Erlangga.

Darminto, R. P. (2017). Fungsi Media Online dan Manfaatnya Bagi Pengembangan Pesan Dakwah Kepada Publik (Studi Media Online di Lampung). Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.

Djuraid, H. (2006). Panduan Menulis Berita: Pengalaman Lapangan Seorang Wartawan. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Dulwahab, E. (2010). Dakwah di Era Konvergensi Media. Jurnal Ilmu Dakwah 5 (16).

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Halim, S. (2021). Postkomodifikasi Media, Analisis Media Televisi dengan Teori Kritis dan Cultural Studies. Sumedang: Lakeisha

Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan (Intergrated and Comprehensive edition). Jakarta: Grasindo.

Kadarusman, A.W.J. (2022). Objektivitas Berita pada Portal Media Olahraga Indosport. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Sunan Gunung Djati Bandung.

Kusumaningrat, Hikmat. (2017). Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Krippendorf, K. (2013). Content Analysis. An Introduction to Its Methodology. California: Sage Publications.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.