Penggunaan Media Sosial TikTok oleh Media Online AyoBandung.com Sebagai Media Berita


Farahiya Fakhrana(1*), Fakhruroji Fakhruroji(2), Acep Muslim(3)

(1) , Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Media AyoBandung.com menyeleksi berita, mengelola akun, dan strategi mempublikasi pada akun TikTok mereka. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan paradigma kontruktivisme dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan ada tahap-tahap yang harus dilakukan oleh AyoBandung.com untuk melalukan remediasi media. Dari mulai proses penyeleksian berita untuk TikTok yang berasal dari website artikel AyoBandung sendiri, pengelolaan akun TikTok agar menarik dilihat oleh khalayak dengan cara menggunakan musik yang sedang tren. Pengeditan video yang menarik, dan bahasa yang digunakan infomatif, serta strategi publikasi yang dilakukan oleh AyoBandung.com adalah bekerjasama langsung dengan pihak TikTok Indonesia untuk mempromosikan akunnya agar muncul kedalam FYP (For Your Page).


Keywords


Remediasi; TikTok AyoBandung.com; Media Online.

Full Text:

PDF

References


Andres Kaplan & Michael HaenLein. (2010).User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media, Business Horizons.

Bohang, F. K. (2018) Membandingkan Kesetiaan Pengguna Android dan IOS. https://tekno.kompas.com/read/2018/03/11/11370017/membandingkan-kesetiaan-pengguna-android-dan-ios. diakses pada 15 Juli 2023

Bolter dan Grusin. (1999). Dalam Azmawati Azman Azwan, Antologi Esei Komunikasi, (Pulau Pinang: Universitas Sains Malaysia,2015).

Bolter dan Grusin. (2000). Remediation Understanding New Media. First MIT Press Paperback Edition.

Burgon & Huffner. (2002). Human Communication. London: Sage Publication.

Chaplin, James P. (2011). Kamus Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Craig, Richard. (2005). Online Journalism; Reporting, Writing and Editing for New Media, Thomson Wadsworth: USA, hal. 14.

Dian Sarastuti (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana MuslimQueenova. Jurnal Visi Misi Komunikasi Vol. 16 No. 1

Hasiholan Togi Dkk. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci di Indonesia Untuk Pencegahan Corona Covid-19.

Kencana dkk. (2022). Penggunaan Media Sosial dalam Portal Berita Online.

Kusumaningrat, Hikmat dan Purnama Kusumaningrat. (2006). JURNALISTIK Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Lindawati, L & Rosemarwati, U, T. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Sumber Berita Oleh Jurnalis Media Daring di Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi dan Media.

Luik, Jandy. (2020). Media Baru Sebuah Pengantar. Jakarta: Kencana.

Meike, Graham & Young, Sherman. (2012). Media Convergence. Networked Digital Media in Everyday Life. Great Britain. MPG Books Group.

Midtrans.com. (2023). 9 Rahasia Konten FYP TikTok agar Bisnis Makin Terkenal dan Penjualan Meningkat. https://midtrans.com/id/blog/tiktok-fyp diakses pada 16 Juli 2023

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Rakhmat, Jalaludin. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ridyanti, O. (2018). Perspektif Wartawan terhadap Media Sosial : Studi Kualitatif pada Wartawan di Radio PRFM 107.5 News Channel Bandung.

Romli, Asep. (2018). Jurnalistik Online Panduan Mengelola Media Online Edisi Revisi II. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Santoso, Singgih. (2010). Statistik Parametrik, Konsepdan Aplikasi dengan SPSS.Cetakan Pertama. PT Elex Media Komputindo. Jakarta : PT Gramedia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumadiria A.S. Haris. (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumadiria A.S. Haris. (2020). Menulis Artikel dan Tajuk Rencana Panduan Praktis Penulis, Jurnalis, dan Pegiat Media Sosial Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Tysara, L. (2023). Apa Itu Copyright atau Hak Cipta? Simak Penjelasannya Dalam Undang-undang. https://www.liputan6.com/hot/read/5294393/apa-itu-copyright-atau-hak-cipta-simak-penjelasannya-dalam-undang-undang diakses pada 16 Juli 2023

Van Dijk, J.A.G.M. (2006). The Network Society. SAGE Publications, London.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.