Gaya Komunikasi Talkshow Najwa Shihab pada Tayangan Youtube Monopoli Elit


Na Meilissa Asriyanti(1*), Enjang Muahemin(2), Encep Dulwahab(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Najwa Shihab adalah seorang host acara talkshow yang memiliki ciri khas dalam berkomunikasi dan terkenal mendebarkan ketika menyuguhkan pertanyaan-pertanyaan. Kepiawaiannya dalam berkata yang lugas dan sorot mata yang tajam terkadang membuat narasumber gelisah ketika mendapat pertanyaan yang bisa merusak reputasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gaya komunikasi verbal dan nonverbal yang digunakan oleh Najwa Shihab dalam tayangan youtube Monopoli Elit. Penelitian ini menggunakan konsep Norton, Tubbs dan Moss. Metode penelitian yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian gaya komunikasi verbal Najwa Shihab adalah dominan, dramatic, argumentative, the controlling style, the equalitarian style, the structuring style, the dynamic style, dan the withdrawal. Gaya komunikasi nonverbal yang digunakan oleh Najwa Shihab adalah animated expressive, relaxed, attentive, open, friendly, emblems, illustrators, affect displays, dan regulators.
Kata Kunci : Verbal, Nonverbal, Gaya Komunikasi.

Keywords


Gaya Komunikasi, Komunikasi Verbal, Komunikasi Nonverbal

Full Text:

PDF

References


Bukit, S & Tarigan, E. dkk. 2023. Gaya Komunikasi The Equalitarian Style dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Inovasi Edukasi. 6(1): 14.

Cangara, H. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Dulwahab, E. 2022. Counseling Communication in Improving Media Literacy of Subang Coastal Communities. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. 6(1), 98.

Fahmi, K. 2021. Gaya Komunikasi Generasi Milenial dalam Keluarga Perkotaan (Studi Kasus di Keluarga Pejeruk Kecamatan Ampenan Kota Mataram). UIN Mataram.

Jariah & Ramayanti, R. Pengaruh Gaya Komunikasi Pustakawan Terhadap Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Baitul Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 4(1): 61.

Kusumawati, T. 2016. Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling. 6(2): 84.

Kurniati, M. Analisis Gaya Komunikasi Pegawai Negeri Sipil Generasi Milenial di Badan Kepegawaian Negara. Civil Service. 16(2): 60.

Mulyana, D. 2020. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaemin, E. 2017. Dakwah Digital Akademis Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies. 11(2), 343.

Mustofa, M.B., Wuryan, S., & Meilani, F. 2021. Komunikasi Verbal dan Nonverbal Pustakawan dan Pemustaka dalam Perspektif Komunikasi Islam. At-Tanzir: Jurnal Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam. 12(1): 28.

Mutawakkil & Nuraidah. 2019. Gaya Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran Mahasiswa. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. 3(2): 139.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nafista, N. 2023. Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Distribusi Informasi Alternatif Media Inspira TV. Annaba: Jurnal Ilmu Dakwah, 9(1), 4.

Novitasari, I & Suwarti. 2015. Gaya Komunikasi Mertua Perempuan dengan Menantu Perempuan yang Tinggal dalam Satu Rumah. Psycho Idea. 13(1): 29.

Putri, J.I. Gaya Komunikasi Nonverbal Selebgram dalam Mengenalkan Produk Endorsement. Prosiding Konferensi Nasional Sosial Politik (KONASPOL). 1: 207.

Ruliana, P. 2014. Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Rajawali Pers.

Rosyidi, I & Dulwahab, E. 2017. Komunikasi Nonverbal Jamaah Tabligh. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. 1(2): 203.

Sembodo, A. dkk. Gaya Komunikasi Nadiem Makarim. Communication. 13(1): 58.

Wicaksono, W.M & Novianti, W. 2021. Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Pembentukan Konsep Diri Anak Panti Asuhan Bunda Serayu. 7(1): 98.

Winartha, I.M. (2006). Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.