Pesan Moral dari Anak Yatim Pemberani dari Cerita Anak Syajaratu Al-Hayati Karya Kamil Kailani
DOI:
https://doi.org/10.15575/azzahra.v2i1.10450Keywords:
Anak-anak, Gender, Panti AsuhanAbstract
Moral merupakan cerminan bagi kondisi suatu bangsa di seluruh dunia, dan anak merupakan aset pemegang tambuk kemenangan dunia, namun dalam hal ini jika si pemegang tambuk memiliki moral yang sangat baik. Terlalu sibuknya pemerintahan di belbagai negara dengan belbagai masalah negara. Membuat masalah moral di kesampingkan oleh para pemerintah di belbagai negara. Sehingga moral anak di belbagai negara mengalami kerusakan tingkat tinggi. Jika kerusakan moral anak di belbagai negara mengalami kerusakan, maka kemenangan dunia akan sulit untuk di capai. Di Mesir, membuktikan bahwa adanya kerusakan moral anak hingga mengeluarkan undang-undang kriminal anak untuk memberikan efek jera. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan unsur-unsur teks dan pesan moral dari anak yatim pemberani yang terdapat dalam cerita anak “Syajarotu Al-Hayati†Karya Kamil Kailani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis, dengan menggunakan pendekatan strukturalisme oleh Robert Stanton. Peneliti memaparkan bagaimana teori Robert Stanton yang diterapkan dalam Dalam Cerita anak Syajaratu Al-Hayati Karya Kamil Kailani. Uraian unsur intrinsik pada cerita anak, serta pesan moral yang terkandung dalam cerita anak. Hasil yang didapat dari analisis yaitu mengungkap pesan moral yang terkandung dalam cerita anak dari uraian unsur intrinsik yang membangun keseluruhan cerita anak, pesan moral dari anak yatim pemberani dalam cerita anak Syajaratu Al-Hayati karya Kamil Kailani ini adalah kejujuran, nilai-nilai otentik, kesediaan bertanggung jawab, kemandirian moral, keberanian moral, kerendahan hati.
Kata kunci: cerita anak, pesan moral, strukturalisme, unsur intrinsik.
References
Daradjat, Zakiah, 1985, Membina Nilai-Nilai Moral Di Indonesia, PT. Bulan Bintang, Jakarta
Dhoif, Syauqi, 1961, Al-Adabu Al-‘Arabi Al- ma’ashir, Daru Al-ma’arif, Mesir
Eagleton, Terry, 2010, Teori Sastra, Jalasutra, Yogyakarta.
Kurniawan, heru, 2013, Sastra Anak Dalam Kajian Srtukturalisme, Sosiologi, Semiotika, Hingga Penulis Kreatif, Garaha Ilmu, Yogyakarta
Kurniawan, heru, 2013, Menulis Kreatif Cerita Anak, Akademika, Jakarta Barat
Kailani, kamil, 2012, Syajarotu Al-Hayati, Hindawi, Mesir
Kutha, Nyoman,2015, Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra, Pustaka Pelajar,Yogyakarta
Nurgiyantoro, Burhan, 2015, Teori Pengkajian Fiksi, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta
Saleh, Tawakkal, 2014, Pentingnya Membaca Dan Menggunakan Perpustakaan Dalam Mengubah Kehidupan Manusia. jurnal Jupiter. Makassar
Sangidu, 2018, Strukturalisme Dalam Sastra Arab Teori Dan Aplikasinya, Gadjah Mada University press, Yogyakarta
Sukada, made, 2013, Pembinaan Kritik Sastra Indonesia, CV Angkasa
Sumardjo, jakob, 1988, Apresiasi Kesusastraan, Gramedia, Jakarta.
Susanto, Duri, 2006, Pengantar Kajian Sastra, CAPS, Yogyakarta.
Suseno, Franz Magnis, 1987, Etika Dasar Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral, Kanisius, Yogyakarta
Stanton, Robert, 2019, Teori Fiksi Robert Stanton, Pusaka Pelajar, Yogyakarta/
Teeuw, A, 1981, Kritik Sastra Telaah Modern : Telaah Dalam Bidang Kritik Teorietis dan Kritik Terapan, PT. Haninindita Graha Widya
Wellek, Rene. 1989, Teori Kesusastraan, Gramedia, Jakarta.
Dian, Bethi. ( 09 Nopember 2013) Pengaruh Globalisasi terhadap moral pelajar. https://bethidianparamita.blogspot.com/2013/11/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
Education, Restu ( 02 April 2011) Degradasi Moral.
https://restukadilangudemak.blogspot.com/2011/04/degradasi-moral.html
Gunawan, Rizki. (08 Agustus 2014) Moral Anak Mesir Rusak, Presiden al-Sisi Digugat. https://www.liputan6.com/global/read/2088325/moral-anak-mesir-rusak-presiden-al-sisi-digugat
Saleh, Tawakkal. ( 10 April 2017) Pentingnya Membaca Dan Menggunakan Perpustakaan Dalam Mengubah Kehidupan Manusia. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/1672
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies must agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).