Realisasi Hak Anak Dalam Film Capharnaum Karya Nadine Labaki (kajian Strukturalisme Obyektif)

Alima Nuri Ayati, Khomisah Khomisah, Karman Karman, Amiq Amiq

Abstract


Film Capharnaum merupakan film yang berasal dari Lebanon yang disutradai oleh seorang sutradai perempuan yang sekaligus menciptakan Naskah filmnya, bernama Nadine Labaki. Dia terinpirasi untuk membuat film tersebut dari pengalamannya yang melakukan riset dengan mengelilingi penjara anak yang ada di Suriah, mewawancarai anak-anak yang ada didalam penjara tersebut dan mengambil suara-suara anak yang mengalami konflik dimasa kecilnya. Lalu sutradara mengambil kesimpulan dan ia tuangkan dalam naskah film. Mengambil narasi berlatar Beirut modern, yang sangat cocok untuk menggambarkan keadaan anak-anak yang mengalami kesengseraan dan kemiskinan yang luar biasa dikalangan anak-anak serta keterbaian oleh orangtuanya. Ditambah dengan para pemain actor yang diambil Nadine dari tempat pengungsian Suriah yang mengalami hal tersebut di kehidupan realitanya. Karna actor yang diambil bukan actor yang professional, menjadika peran yang mereka mainkan menjadi penuh emosional sesuai yang mereka alami. Tema film ini menceritakan tentang kejahatan yang terjadi terhadap anak berbentuk eksploitasi anak, banyak ketidakadilan hak anak dalam film Capharnaum ini. Dengan demikian, untuk mencari makna teks yang mengandung bentuk eksploitasi anak tersebut perlu dicari menggunakan pendekatan kajian strukturalisme obyektif. Dalam intertekstual penelitian ini, meneliti dari segi struktur dan keterkaitan antar struktur tersebut sehingga membentuk satu kesatuan makna yang utuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teks –teks naskah film Capharnaum karya Nadine Labaki yang mengandung makna kata yang memiliki arti kedalam bentuk eksploitasi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif.


Keywords


Anak

Full Text:

PDF

References


Delaney, S. (2006). Melindungi Anak-Anak Dari Eksploitasi Seksual & Kekerasan Seksual dalam Situasi Bencana dan Gawat Darurat. In S. Delaney, Melindungi Anak-Anak Dari Eksploitasi Seksual & Kekerasan Seksual dalam Situasi Bencana dan Gawat Darurat (p. 10). Medan: Restu Printing.

Haider, A. (2019, Februari 25). Retrieved from Capernaum: Film menyayat hati tentang anak-anak dan masa keci: https://www.bbc.com/indonesia/vert-cul-47342168

Jamaludin, A. N. (2016). Dasar- Dasar Patologi Sosial. In A. N. Jamaludin, Dasar-Dasar Patologi Sosial (p. 2). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Kridalaksana, H. (2005). Mongin-Ferdinand De Saussure (1857-1913). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia




DOI: https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i2.11606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies

 

 

 

 

 

 


Jurnal ini telah terindeks: 

 


Editorial Office:
Lecture Hall Building
Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA)
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru
Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40614
Phone: 022- 7802276
e-mail: az.zahra@uinsgd.ac.id