Bentuk Dukungan Sosial Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus

Nisa Wening Asih Sutrisno

Abstract


Dukungan sosial orang tua sangat penting dalam tumbuh kembang anak agar berjalan optimal termasuk pada anak berkebutuhan khusus. Dukungan sosial orang tua kepada anak berkebutuhan khusus umumnya berbentuk dukungan emosional, informasional,
instrumental, penghargaan dan integritas sosial. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana bentuk dukungan sosial yang optimal dari orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sumber data primer adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, artikel dan bahan pustaka lainnya yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ditemukan lima bentuk dukungan optimal orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus dalam bentuk dukungan anak agar sekolah, pujian kepada anak, membantu anak
mengerjakan kesulitan, nasehat dan motivasi, serta mengajak anak peduli terhadap kondisi lingkungan sekitarnya. Dibutuhkan lima bentuk dukungan sosial orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus yaitu dukungan emosional melalui dukungan anak agar bersekolah, dukungan penghargaan berupa pujian kepada anak, dukungan instrumental melalui petunjuk ketika anak mengalami kesulitan, dukungan informatif dalam bentuk nasehat dan motivasi,
dan dukungan integrasi sosial dengan membiasakan anak peduli lingkungan sekitarnya.

Keywords


Anak; Dukungan; Kebutuhan Khusus; Orang Tua; Sosial

Full Text:

PDF

References


Andriani, O., Soraya, A. N., Sari, N., & Gunawan, A. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 31–41. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1413

Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3). https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611

Aryatie, I. R., Thalib, P., & Usanti, T. P. (2022). Pendampingan Hukum Tentang Perkawinan Anak Dalam Rangka Menuju Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Kabupaten Madiun. Janaloka Jurnal, 2(1), 139–155.

Aziz, A., & Fatma, A. (2013). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Orang Tua yang Memiliki Anak Autis. Talenta Psikologii, 2(2), 1–17.

Bellaputri, A., Purba, F. D., & Qodariah, L. (2022). Kualitas Hidup Orang Tua Dari Anak Dengan Disabilitas Intelektual: Studi Kualitatif. Journal of Psychological Science and Profession, 6(1), 42. https://doi.org/10.24198/jpsp.v6i1.32807

Cohen, S., & Wills, T. A. (1994). Stress, Social Support, and the Buffering Hypothesis Sheldon. Psychokogical Bulletin, 16(1), 20–31. https://doi.org/10.1016/0163-8343(94)90083-3

Fauziah, A. N. (2017). Keluarga Sehat Berdasarkan Pendekatan Keluarga di RW 03 Kalurahan Mojosongo Surakarta Tahun 2016. Jurnal Kebidanan Indonesia, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36419/jkebin.v8i1.165

Izzah, N. M. (2022). Penerimaan Diri Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Putra. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jenaabadi, H. (2013). On the Relationship Between Perceived Social Support and Blind and Low-Vision Students’ Life Satisfaction and Self Confidence. Journal of Education and Instructional Studies in the World, 3(1), 105–111.

Kalalo, D. K. R., Tambingon, H. N., & Rotty, V. N. J. (2022). Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Dampaknya pada Kreativitas Pembelajaran Guru-guru Sekolah Luar Biasa di Provinsi Sulawesi Utara Indonesia. Jote (Journal on Teacher Education), 4(2), 41–47.

Kelana, S. (2022). Dukungan Sosial Keluarga Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Peduli Anak Nagari Kecamatan Akabiluru. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(2), 99–111. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i2.441

Ni’matuzahroh, & Nurhamida, Y. (2016). Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif. Malang: UMM Press.

Nurrohmah, S. (2021). Pendidikan Inklusif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Retrieved from kumparan.com website: https://kumparan.com/syifa-nurrohmah/pendidikan-inklusif-untuk-anak-berkebutuhan-khusus-1v3qcP49ItF/4

Rachmawati, V., & Faedlulloh, D. (2021). Dinamika Pelaksanaan Kebijakan Program Pelayanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Anak Jalanan. Journal of Political Issues, 2(2), 67–78. https://doi.org/10.33019/jpi.v2i2.38

Rahmawati, S. (2017). Pengaruh Religiusitas Terhadap Penerimaan diri Orangtua Anak Autis di Sekolah Luar Biasa XYZ. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(1), 17. https://doi.org/10.36722/sh.v4i1.248

Rosalina, T. A., & Apsari, N. C. (2020). Dukungan Sosial Bagi Orang Dengan Disabilitas Netra Dalam Pencapaian Prestasi Di Sekolah Luar Biasa. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 414. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.28486

Setyaningsih, R., Mariza, A., Hastuti, L. S., Harahap, S. A., Puspitosari, A., Parinduri, S. A., & Prasetyaningsih, R. H. (2022). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (M. Dodiet Aditya Setyawan, SKM., Ed.). Tahta Media Group.

Setyawan, A., Mawarni, C. D., & Al., E. (2020). Pengaruh Perkembangan Psikologis Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Keleyan no 8 Socah Bangkalan Agung. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 420–430.

Uraningsari, F., & Djalali, M. A. (2016). Penerimaan Diri, Dukungan Sosial dan Kebahagiaan Pada Lanjut Usia. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(01). https://doi.org/10.30996/persona.v5i01.738

Wahyuni, N. (2018). Peran Pendidikan Vokasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Menghadapi Tantangan Zaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 4(2), 137–147.

Winarsih, M., Nasution, E., & Ori, D. (2020). Hubungan dukungan keluarga dengan penerimaan diri orang tua yang memiliki ABK di SLB cahaya pertiwi Kota Bekasi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(2), 73–81.




DOI: https://doi.org/10.15575/azzahra.v5i1.33190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nisa Wening Asih Sutrisno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 


Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies has been indexed by: 

      


Editorial Office:
Lecture Hall Building
Center for Gender and Child Studies
Research and Community Service (LP2M)
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru
Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40614
Phone: 022- 7802276
e-mail: az.zahra@uinsgd.ac.id


slot gacor slot gacor https://lib.pasca.isi.ac.id/ https://opac.animasi.isi.ac.id/animasi/ https://bkd.iainambon.ac.id/storage/ https://sia.itny.ac.id/media/ https://siladikti.hangtuah.ac.id/server/ https://sistendik.hangtuah.ac.id/ https://partisipasisehat.kemkes.go.id/media/ https://partisipasisehat.kemkes.go.id/media/paitohk/ https://regpus.kemkes.go.id/media/ https://spi.unand.ac.id/layanan/ https://hangtuah.ac.id/