Representasi Pola Komunikasi Fatherhood dalam Kisah Al-Qur’an


Ridwan Rustandi(1*), Haifa Hanifah(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia menjadi negara yang diakui krisis peran ayah, bahkan Indonesia sempat diperbincangkan sebagai negara ketiga yang mengalami fatherless atau ketiadaan peran ayah dalam proses pengasuhan. Salah satu aspek penting dalam proses pengasuhan orang tua terhadap anak adalah komunikasi efektif, terutama antara ayah dan anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi fatherhood atau dialog antara ayah dan anak yang termaktub dalam al-Qur’an. Penelitian diarahkan dengan menganalisis proses komunikasi yang direpresentasikan oleh para nabi dan/atau oleh keluarga nabi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui paradigma interpretasi klasik-kontemporer. Penelitian merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) melalui metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan secara tematis yaitu mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur’an dalam berbagai surat yang menggambarkan representasi pola komunikasi fatherhood. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi dialogis antara ayah dan anak bertujuan untuk membangun kesadaran ketauhidan. Proses komunikasi yang terbangun sebagai representasi fatherhood dipengaruhi oleh beberapa kondisi atau suasana komunikasi yang terjalin. Proses komunikasi terjadi juga melalui dua pola baik secara komunikasi langsung maupun tidak langsung. Pola komunikasi terbangun secara persuasif, emansipatif, partisipatif, demokratis, dan empatik. Selain itu, proses komunikasi dialogis dalam proses pengasuhan ayah terhadap anaknya berlangsung secara lembut, penuh kasih kayang, dialogis, interaktif, negosiasi, dan memengaruhi aspek rasional, emosional, motivasional, dan behavioural.


Keywords


Fatherhood; pola komunikasi; dialog iman; kisah al-Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2019). Peran Ayah Dalam Pendidikan Anak Kajian Tafsir Al-Azhar (Analisis Q.S Luqman 13-19). Lampung: Uin Raden Intan Lampung.

Adawiah, R. (2022). Peran Ayah Dalam Pendidikan Anak Prespektif Al-Qur’an (Telaah Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-Mishbah). Jakarta: Institut Ilmu Al-Qur'an (Iiq) Jakarta.

Afiyah, & Alucyana. (2021, Oktober). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kemandirian Siswa, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4, 106-114.

Al-Baidawi. (T.T). Tafsir Al-Baidawi. Beirut: Darul Ihya Turats Arabi.

Al-Qaththan, M. K. (2016). Studi Ilmu-Ilmu Al-Quran. Bogor: Litera Antarnusa.

Al-Thabari, M. B. (1964). Jami' Al-Bayan Fi Ta'wil Qur'an. Kairo: Darul Maarif.

Am, R. (2019, Juni). Penafsiran Kisah Luqman Dalam Al-Qur’an: Relevansinya Dengan Pendidikan Keimanan Dalam Keluarga, Jurnal Ulunnuha, 8, 105-114.

Anisah, N., Nursanti, S., & Ramdhani, M. (2021, April). Perilaku Positif Dan Prestasi Pada Anak Broken Home Positif Behavior and Achievements in Broken Home, Jurnal Komunikatio, 7, 35-48.

Aprilia, W. (2020, Mei). Perkembangan Pada Masa Pranatal Dan Kelahiran, Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, 39-55.

Astria, N., Rahmawati, D., & Parniah. (2023, Mei). Partisipasi Ayah Dalam Pengasuhan Dengan Perkembangan Anak Usia 12 – 24 Bulan, Jmj, 11, 100-110.

Astuti, R. W. (2011). Komunikasi Orangtua Dan Anak Perspektif Kisah Dalam Al-Qur'an. Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga.

Baihaqi, Y. (2018, Desember). Dimensi Sains Dalam Kisah Al-Qur'an Dan Relevansinya Dengan Keakuratan Pemilihan Kata, Jurnal Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 3.

Bunga, A. P. (2020). Konflik Keluarga Nabi Ya‘qub As Pada Surah Yusuf Dalam Tafsir Qabas Min Nûr Al-Qur`An Al-Karîm (Telaah Psikologi). Jakarta: Institut Ilmu Alqur'an Jakarta.

Djawa, K. R., & Ambarini, T. K. (2019). Pengaruh Self-Esteem Terhadap Agresi Pada Remaja Dengan Father-Absence, Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 18, 64-75.

Dzulhusna, N., Nurhasanah, N., & Suherman, Y. N. (2022, Agustus). Qaulan Sadida, Qaulan Ma’rufa, Qaulan Baligha, Qaulan Maysura, Qaulan Layyina Dan Qaulan Karima Itu Sebagai Landasan Etika Komunikasi Dalam Dakwah, Diksi: Journal of Islamic Social Science and Communication, 1, 76-84.

Fajarrini, A., & Umam, A. N. (2023, Maret). Dampak Fatherless Terhadap Karakter Anak Dalam Pandangan Islam, Abata; Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3, 20-28.

Fatmasari, A. E., & Sawitri, D. R. (2020, Februari). Closeness of Fathers with Children In Digital Era: A Qualitative Study In Emerging Adults, Jurnal Psikologi, 1-11.

Hasibuan, M. R. (2021). Pendidikan Akhlak Dalam Alquran (Telaah Kisah Nabi Nūḥ). Medan: Universitas Islam Negeri (Uin) Sumatera Utara.

Hasri, M. M. (2020, Juni). Peran Ayah Dalam Proses Perkembangan Anak (Kajian Tafsir Tematik), An-Nur Jurnal Studi Islam, X, 97-118.

Kambali. (2018, September). Pertumbuhan Dan Perkembangan Emosional Serta Intelektual Di Masa Prenatal, Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4, 129-148.

Khasanah, A. N. (2021, Mei-Oktober). Kisah Nabi Mūsā Dalam Surat Al-Qa A (Studi Pemikiran Al- Āwī Dalam Āsyiah Al- Āwī ‘Alā Tafsīr Al-Jalālain), Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy, 2, 239-264.

Kumparan. (2023, Juli Sabtu). Ternyata Tidak Ada Riset Yang Bilang Ri Jadi Negara Fatherless Ketiga Di Dunia. Diambil Kembali Dari Kumparannews: Https://Kumparan.Com/Kumparannews/Ternyata-Tidak-Ada-Riset-Yang-Bilang-Ri-Jadi-Negara-Fatherless-Ketiga-Di-Dunia-20k2dwbfg0z/Full

Kusnadi. (2015, Juni). Komunikasi Interpersonal Pada Kisah Ibrahim (Studi Analisis Kisah Dalam Al-Qur’an), Istinbath, 21-34.

Makliatussikah, H. (2006). Analisis Nabi Ya’qub Dalam Al-Qur’an Melalui Pendekatan Interdipsiliner Psikologi Sastra. Padang: Universitas Negeri Padang.

Munawwir, A. W. (2018). Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.

Pasaribu, S. (2023, September-Desember). Membuka Rahasia Kisah Dalam Al-Qur'an, Journal on Education, 6, 6370-6378.

Quthb, S. (2004). Indahnya Al-Qur'an Berkisah. Jakarta: Gema Insani.

Setianingsih, F. (2017, Juli-Desember). Peran Komunikasi Ayah Dalam Perkembangan Mental Anak: Studi Atas Santri Putri Pondok Tahfidz Karanganyar, Academia: Journal of Multidisiplinary Studies, 1, 169-184.

Shihab, M. Q. (2021). Tafsir Al-Mishbah. Jakarta: Mizan.

Sholichah, A. S., Hariyadi, M., & Nurbaeti. (2022, Juni). Parenting Style Dalam Perspektif Al-Qur’an (Analisis Ayat-Ayat Al-Qur’an Yang Berkaitan Dengan Istilah Anak), Al-Burhan, 21, 111-126.

Su'ud, M. A.-I.-H. (T.Thn.). Tafsir Abi Sa`Ud Aw Irsyad Al-Agl Dsalim Ila Mazaya Al-Kitab Al-Karim. Riyadh: Maktabah Al-Riyadh Al-Hadathah.

Thahira, Y. (2021). Keterlibatan Ayah Dalam Pendidikan Karakter Anak Menurut Al-Qur’an. Aceh: Uin Ar-Raniry.

Yemmardotillah, M., Eramahi, E., & Ilham. (2021, Maret). Peranan Ayah Dalam Mendidik Anak Menurut Al-Qur’an, Continuous Education: Journal of Science and Research, 2, 30-46.

Zuhrah, M. A. (1987). Zuhrah Al-Tafasir. Kairo: Darul Fikr Al-Arabi.




DOI: https://doi.org/10.15575/azzahra.v4i2.30137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ridwan Rustandi, Haifa Hanifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 


Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies has been indexed by: 

      


Editorial Office:
Lecture Hall Building
Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA)
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru
Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40614
Phone: 022- 7802276
e-mail: az.zahra@uinsgd.ac.id