Identity Gender Question sebagai Upaya Awal Pengenalan Gender pada Anak Usia Dini Panti Asuhan Bunda Sumatera Selatan

Authors

  • Rosalita Rosalita Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9363

Keywords:

Anak-anak, Gender, Panti Asuhan

Abstract

Wacana gender merupakan salah satu hal penting yang harus dipahami sejak dini karena berkaitan langsung dengan kehidupan sosial masyarakat dan perkembangan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan anak-anak panti asuhan dalam mengenali gendernya lalu setelahnya memberikan pengenalan gender yang mudah dipahami dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang menyelipkan isu gender dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ketika ada kesalahpahaman atau bias gender yang terjadi, peneliti bisa meluruskan sesuai dengan teori yang ada. Adapun objek pada penelitian ini yaitu anak-anak Panti Asuhan Bunda Sumatera Selatan sebanyak 20 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekitar kurang lebih delapan puluh lima persen memahami tentang gender melalui pertanyaan yang diajukan. Maka, identity gender question sebagai langkah awal pengenalan gender bisa digunakan sebagai awal yang bagus agar anak-anak bisa
memahami dengan mudah apa itu gender.

References

Afandy, Agus. (2019). Bentuk-bentuk Perilaku Bias Gender. Jurnal LENTERA. 1(1):1-18

Tandayu, Dewanty, M. Syukri, dan Masluyah. (t.t). Pengenalan Gender dalam Pembelajaran pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Hal 1-13.

Faqih, M. (1996). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fibrianto, Alan Sigit. (2016). Kesetaraan Gender dalam Lingkup Organisasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2016. Jurnal Analisa Sosiologi. 5(1): 10-27

Jannah, Nasitotul. (2017). Telaah Buku Argumentasi Kesetaraan Gender Perspektif Alquran Karya Nasaruddin Umar. Jurnal SAWWA 12(2):167-186

John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.

Kemenkes RI. (2010). Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI 2010.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta : Prestasi Pustakakarya.

Nadiyah, Urfiyah. (2019). Kesetaraan Gender. dalam (https://www.kompasiana.com/urfiyahnadiyahfillah/5e5d29d9097f365fab085c13/kesetaraan-gender) diakses pada tanggal 24 Agustus 2020

Nur Hadianti, Asti. (t.t). Pendidikan Gender pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan. Hal 18-25

Putri, Ramtia Darma. (2019) Budaya Adil Gender pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran. Jurnal Wahana Konseling. 2(1): 48-591

Rahayu, Lestari. (2019). Mengupas Budaya Patriariki. dalam (https://www.kompasiana.com/lestarirahayu3190/5db65008d541df76561facb2/mengupas-budaya-patriarki) diakses pada tanggal 22 Agustus 2020

Rokhmansyah, Alfian. 2016. Pengantar Gender dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tampubolon, Gokma Nafita. (2018). Identitas dan Peran Gender pada Anak Usia 3-7 Tahun dalam Keluarga Komuter. Jurnal Care. 6(1):1-9

Downloads

Published

2020-10-25

Issue

Section

Articles

Citation Check