Optimalisasi Peran Ibu Dalam PJJ Untuk Meminimalisir Tingkat Stres Anak Di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i2.9595Abstract
Kebijakan pemerintah melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) memerlukan kesiapan dari pihak pendamping anak di rumah, terutama ibu. Secara teoritis, PJJ memberikan kemudahan akses informasi kepada semua pihak yang terlibat dalam proses Pendidikan. Namun dalam praktisnya, berbagai kendala menghadang keberhasilan proses pembelajaran tersebut. Maka seorang ibu mesti berperan optimal dalam rangka meminimalisir tingkat stress anak saat mendampingi pembelajaran di masa pandemi ini. Berbagai kiat dan solusi praktis yang ditawarkan pada tulisan ini dapat dijadikan acuan dalam ikhtiar tersebut. Diantaranya adalah memahami macam-macam gaya belajar anak, membangun komunikasi dengan pihak sekolah, dan membangun komunikasi dengan anak, yang dapat berupa komunikasi kontrak belajar, pijakan dan komunikasi recalling.
References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395–402.
Badan Pusat Statistik. (2020). Persentase Penduduk menurut Provinsi dan Jenis Kelamin (Persen), 2016-2018. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indicator/40/894/1/persentase-penduduk-menurut-provinsi-dan-jenis-kelamin.html
JPNN. (2020, Juli 26). Survei KPAI Ungkap Bentuk Kekerasan pada Anak Selama PJJ Akibat Pandemi. https://www.jpnn.com/news/survei-kpai-ungkap-bentuk-kekerasan-pada-anak-selama-pjj-akibat-pandemi
KEMENDIKBUD RI. (2020, Agustus). Pengumuman Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. https://www.youtube.com/watch?v=WdF5LOz10TM&t=732s
KEMENPPPA. (2020, April 24). Pentingnya Peran Perempuan Sebagai Kekuatan Bangsa Perangi Covid-19. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2646/pentingnya-peran-perempuan-sebagai-kekuatan-bangsa-perangi-covid-19
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Penerbit Alfabeta.
Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39–49.
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. ERUDIO, 2(1), 7–21.
Yaumi, M., & Damopolii, M. (2019). Model Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Al-Musannif: Journal of Islamic Education and Teacher Training, 1(2), 138–150.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies must agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).