Optimalisasi Peran Ibu Dalam PJJ Untuk Meminimalisir Tingkat Stres Anak Di Masa Pandemi


Aini Syukria(1*)

(1) SMA Islam PB. Soedirman 1 Bekasi, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebijakan pemerintah melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) memerlukan kesiapan dari pihak pendamping anak di rumah, terutama ibu. Secara teoritis, PJJ memberikan kemudahan akses informasi kepada semua pihak yang terlibat dalam proses Pendidikan. Namun dalam praktisnya, berbagai kendala menghadang keberhasilan proses pembelajaran tersebut. Maka seorang ibu mesti berperan optimal dalam rangka meminimalisir tingkat stress anak saat mendampingi pembelajaran di masa pandemi ini. Berbagai kiat dan solusi praktis yang ditawarkan pada tulisan ini dapat dijadikan acuan dalam ikhtiar tersebut. Diantaranya adalah memahami macam-macam gaya belajar anak, membangun komunikasi dengan pihak sekolah, dan membangun komunikasi dengan anak, yang dapat berupa komunikasi kontrak belajar, pijakan dan komunikasi recalling.


Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395–402.

Badan Pusat Statistik. (2020). Persentase Penduduk menurut Provinsi dan Jenis Kelamin (Persen), 2016-2018. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indicator/40/894/1/persentase-penduduk-menurut-provinsi-dan-jenis-kelamin.html

JPNN. (2020, Juli 26). Survei KPAI Ungkap Bentuk Kekerasan pada Anak Selama PJJ Akibat Pandemi. https://www.jpnn.com/news/survei-kpai-ungkap-bentuk-kekerasan-pada-anak-selama-pjj-akibat-pandemi

KEMENDIKBUD RI. (2020, Agustus). Pengumuman Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. https://www.youtube.com/watch?v=WdF5LOz10TM&t=732s

KEMENPPPA. (2020, April 24). Pentingnya Peran Perempuan Sebagai Kekuatan Bangsa Perangi Covid-19. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2646/pentingnya-peran-perempuan-sebagai-kekuatan-bangsa-perangi-covid-19

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Penerbit Alfabeta.

Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39–49.

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. ERUDIO, 2(1), 7–21.

Yaumi, M., & Damopolii, M. (2019). Model Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Al-Musannif: Journal of Islamic Education and Teacher Training, 1(2), 138–150.




DOI: https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i2.9595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aini Syukria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 


Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies has been indexed by: 

      


Editorial Office:
Lecture Hall Building
Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA)
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru
Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40614
Phone: 022- 7802276
e-mail: az.zahra@uinsgd.ac.id