Ekologi Media: Penguatan Ekuitas Industri Pariwisata Melalui Media Sosial Marketing


Afifatur Rohimah(1*), Lukman Hakim(2)

(1) Universitas Airlangga, Indonesia
(2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The era of digitalization has made social media used to develop the tourism sector. Through a casual associative quantitative approach with purposive sampling technique, the researcher aims to reveal the relationship between social media marketing and tourism industry equity through the study of media ecology theory. Researchers show that the use of social media in the tourism industry must be planned and implemented systematically to increase visitor engagement, which will impact strengthening tourism industry equity. Tourism is a secondary need which is one reason why media ecology theory does not maximally prove the strong relationship between social media marketing and equity. The lack of equitable distribution of tourism management, the lack of maximum programs, the lack of consistency of the government in implementing sustainable marketing programs, and the lack of community empowerment are the reasons for the lack of interest in holidays in the Indonesian tourism industry.

Era digitalisasi membuat media sosial dimanfaatkan untuk mengambangkan sektor pariwisata. Melalui pendekatan kuantitatif asosiatif kasual dengan teknik purposive sampling, peneliti bertujuan mengungkapkan hubungan antara sosial media marketing dengan ekuitas industri pariwisata melalui kajian teori ekologi media. Peneliti menunjukan bahwa, penggunaan media sosial dalam industri pariwisata harus direncanakan dan diterapkan secara sistematis untuk meningkatkan engagement pengunjung yang akan berdampak pada penguatan ekuitas industri pariwisata. Pariwisata merupakan kebutuhan sekunder yang menjadi salah satu alasan mengapa teori ekologi media tidak secara maksimal membuktikan adanya hubungan kuat antara social media marketing dengan ekuitas. Kurangnya pemerataan pengelolaan wisata, kurang maksimalnya program, hingga minimnya konsistensi pemerintah dalam melaksanakan program pemasaran secara berkelanjutan serta minimnya pemberdayaan masyarakat, menjadi alasan minimnya interest holiday pada industri pariwisata Indonesia. 


Keywords


Media ecology, social media marketing, tourism industry equity.

Full Text:

PDF

References


Allifiansyah, S. (2017). Studi Politainment dalam prespektif Ekologi media dalam Indsutri Televisi Indonesia. Prosiding ISKI, 01(01), 702–715.

Dahmiri. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Equity terhadap Minat Beli. Kinerja, 17(2), 194–201.

Droumeva, M., & Jordan, R. (2019). Sound, Media, Ecology. palgrave macmillan.

Hartono, H. (2020). Analisis Pengaruh Pemaasran Media Sosial Terhadap Brand Awareness co.white. PERFORMA, 4(6), 872–881.

Heggde, G., & Shainesh, G. (2018). Social Media Marketing (G. Heggde & G. Shainesh (eds.)). palgrave macmillan.

Hinterholzer, T., & Joss, M. (2017). Social Media Marketing und-Management im Tourismus. SpringerGabler.

Irawan, A. D., & Hadisumarto, A. D. (2020). Pengaruh Aktivitas Social Media Marketing Terhadap Brand Trust , Brand Equity , dan Brand Loyalty Pada Platform Social Media Instagram. Jurnal Manajemen Dan Usahawan Indonesia, 43(1), 44–58.

Julianti, I., & Delliana, S. (2020). Rebel Together Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Madformakeup di Tengah Pandemi COVID-19. Communicatus, 4(2), 207–228. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.9686

Keller, K. L., Parameswaran, A. M. ., & Jacob, I. (2017). Strategic Brand Management (4th ed.). Pearson.

Kinanti, S. putri, & Putri, P. S. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @ Zapcoid Terhadap Brand Equity Zap Clinic. Jurnal Komunikasi, 9(1), 53–64.

Kreutzer, R. T. (2018). Social-Media- Marketing kompakt. SpringerGabler.

Kusuma, B. A., Primadani, B., & Putri, S. (2019). Pengaruh Social Media MArketing terhadap Brand Equity. JIM UPB, 7(1), 33–37. https://doi.org/2549-9491

Lammenett, E. (2018). Praxiswissen Online-Marketing. SpringerGabler.

Liu, Y. (2018). Social Media Marketing in China mit WeChat. SpringerGabler.

Lopez, A. (2021). Ecomedia Literacy : Integrating Ecology into Media Eduaction. Taylor & Francis Group.

Mahardika, E. D., & Hendrawan, D. (2019). Analisis Pengaruh Dimensi Social Media Marketing Efforts terhadap Brand Equity pada Mie Setan di Kota Malang.

Mardiana. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Tingkat Pidana Narkotika di Sulawesi Tenggara. Communicatus, 2(2), 109–120. https://doi.org/10.15575/cjik.v2i2.3659

Mudjiyanto, B. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif; Ekologi Media Massa. PROMEDIA, 3(1), 98–126.

Nurrahmi, F., & Syam, H. M. (2020). Perilaku Informasi Mahasiswa dan Hoaks di Media Sosial. Communicatus, 4(2), 129–146. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.9215

Priatni, S. B., Hitriana, T., & Hindarwati, E. N. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variable Intervening pada Martha Tilaar Salon Day Spa. Juenal Ekonomi, Manajemen, Dan Perbankan, 5(3), 145–155.

Quesenberry, K. A. (2016). Social Media Strategy (E. Wwayze (ed.)). Rowman & Littlefield.

Radhitama, J. I. (2018). Analisis Pengaruh Social Media mArketing tehadap Brand Equity dan Brand Loyalty sebagai Variabel Mediasi pada Akun Instagram @GojekIndonesia. Repository.Ub.

Ratana, M. (2018). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Ekuitas Merek ( Program Crowdscourcing Foto Periode 18 Juli 2016 – 2 April 2017 di Instagram). Jurnal Studi KOmunikasi Dan Media, 22(1), 13–28.

Ristanto, R. P. (2017). Studi Ekologi Media tentang Reklame Bando pada Persaingan Perusahaan Periklanan Dijalan Utama Kota Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Rohimah, A., Hariyoko, Y., & Ayodya, B. P. (2018). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( JIAP ) Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata Melalui Pendekatan Community Based. JIAP, 4(4), 363–368.

Rohimah, A., & Novaria, R. (2019). Komunikasi “Social Marketing” Dalam Proses Difusi Inovasi Revitalisasi Masyarakat Desa Wisata “Kampung Lawas Maspati.” Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1). https://doi.org/10.23969/linimasa.v2i1.1383

Rohimah, A., & Romadhan, M. I. (2019). Marketing Communication Strategy of Halal Tourism Around Gus Dur’s Cemetery in Jombang. INJECT, 4(1), 1–14.

Saputra, A. (2019). Survei Pengguna Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. 40(2), 207–216. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476

Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok . co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Biokultur, 9(2), 152–171.

Vidyatama, D. (2019). Peran Brand Credibility sebagai Mediasi Pengaruh Strategi Celebrity Endormsement terhadap brand equity. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 12(1), 62–84.

Weindel, J. K. (2016). Retail Brand Equity and Loyalty. SpringerGabler.

Zulfikar, A. R. (2017). Pengaruh Social Media MArketing Terthadap Brand Trust pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Al-IDARAH, 1(2), 279–294.




DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Afifatur Rohimah, Lukman Hakim

Creative Commons License

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat