Hubungan Komunikasi dengan Prestasi Atlet


Fandu Faisal(1*), Zulham Zulham(2), Abdul Syukur(3), Dini Safitri(4)

(1) Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(4) Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to explain the relationship of communication with the achievements of badminton athletes SMP 116 Ragunan, on Djarum Sirnas championship, 2017. Many examples of cases, athletes who have not realized that they have more ability in himself, becomes an interesting problem to be examined and whether it has something to do with communication between athlete and coach? Researchers use the theory communication, especially about the factors that influence the formation of communication, to be able to explore the process of interpersonal communication between athletes and trainers. The methodology of this research is quantitative. The results showed that there was a relationship between coach communication, both in verbal and nonverbal communication with athlete achievement. The communication skills of the coach in building or creating shared, open, and shared communication messages of content (athletes with trainers) have a stronger relationship than the other 3 dimensions, namely the dimension of collaboration, the dimension of critical thinking, and the dimensions of creativity.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan komunikasi dengan prestasi atlet bulutangkis SMP 116 Ragunan, pada kejuaran Djarum Sirnas, 2017. Banyak contoh kasus, atlet yang belum menyadari bahwa mereka memiliki kemampuan lebih di dalam dirinya, menjadi masalah menarik untuk diteliti dan apakah hal tersebut ada hubungannya dengan komunikasi antara atlet dengan pelatih? Peneliti menggunakan teori komunikasi, khususnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya komunikasi, untuk dapat mengeksplorasi proses komunikasi interpersonal antara atlet dan pelatih. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi pelatih, baik dalam komunikasi verbal dan nonverbal dengan prestasi atlet. Kemampuan komunikasi pelatih dalam membangun atau menciptakan pesan-pesan komunikasi (content) yang bersifat berbagi pemikiran, terbuka, dan mencakup solusi untuk kepentingan bersama (atlet dengan pelatih) memiliki hubungan yang lebih kuat dibanding 3 dimensi lainnya, yaitu dimensi collaboration, dimensi critical thinking, dan dimensi creativity.



Keywords


Communication, coach, athlete, badminton, achievement

Full Text:

PDF

References


Alhusin, S. (2007). Gemar Bermain Bulutangkis. Surakarta: CV Seti Aji

Charles, P., & Nurjanah, S. (2016). Komunikasi Interpersonal Antara Pelatih Dan Atlet Bulutangkis Dalam Meningkatkan Prestasi Pada Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, dalam Jurnal Online Mahasiswa (JOM), 3(2).

Giandra, S.N. & Setyawan, I. (2015). Hubungan antara Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pelatih dengan Ketangguhan Mental Atlet. dalam Jurnal Empati, 3(4), 1-10.

Hafiar, H. (2012). Cacat dan Prestasi melalui Pengalaman Komunikasi Atlet Penyandang Cacat, dalam Jurnal Indonesian Journal of Dialectics, 2(1).

Jatmikowati, T.E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak, dalam Jurnal Pedagogi, 4(2).

Kurniasari, S.S. (2014). Proses Komunikasi Interpersonal Antara Pelatih yang Merangkap sebagai Atlet Panjat Tebing yang Dilatihnya. dalam Jurnal e-Komunikasi, 2(2), 1-10.

Masmuh, A. (2008). Pendewasaan Kepribadian melalui Komunikasi Intrapersonal, dalam Jurnal Bestari, 39(2), 86-93.

Muhammad, A. (2011) Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Oktafiranda, N.D., Pelana., & Marani, I.N. (2015). Efektifitas Komunikasi antara Pelatih dan Atlet terhadap Prestasi Atlet Panahan Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) Nasional, dalam Jurnal Segar, 3(2).

Reynolds, P. H. (2002) We’re Taking Teaching and Learning. Washington DC,

Saputro, S.K. (2014). Proses Komunikasi Interpersonal Antara Pelatih Yang Merangkap Sebagai Atlet dengan Atlet Panjat Tebing yang Dilatihnya, dalam Jurnal e-Komunikasi, 2(2). 1-10.

Setiani, O. & Sakti, H. (2014). Hubungan antara Efektitivitas Komunikasi Interpersonal Pelatih dan Atlet dengan Kecemasan Bertanding pada Atlet Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia Semaran. dalam Jurnal Empati, 3(3), 186-195.

Sibarani, R.C. (2016). Komunikasi Intrapersonal dan Perilaku Fobia (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Komunikasi Intrapersonal Hipnoterapi dalam Mengubah Prilaku Fobia Klien di Klinik Tranzcare Jakarta), dalam Jurnal Flow, 2(19).

Sudiansyah, A. (2017). Efektivitas Komunikasi Dakwah di Pesantren MQdalam Merubah Akhlak Santri, dalam Jurnal Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 151-158.

Sobur, A. (2009) Semiotika komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Torana, Y.I. (2016). Komunikasi Interpersonal Antara Ayah Dan Anak Yang Berprofesi Sebagai Atlet Bela Diri Muay Thay Dalam Menjaga Sikap Profesionalisme, dalam Jurnal e-Komunikasi, 4(2).

Widjaja, H.A.W. (2010). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yuniarti, T. (2011). Strategi Komunikasi Tvone dalam Penayangan Makelar Kasus Palsu, dalam Jurnal FKSB Makna, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v2i1.1625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dini Safitri, Fandu Faisal, Zulham Zulham

Creative Commons License

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat