Strategi Pengembangan SDM melalui Komunikasi Digital di Era Disrupsi pada PT. Aruman Aditya Property & Developer


Denyy Aditya(1*)

(1) Universitas Putra Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui komunikasi digital di PT. Aruman Aditya Property & Developer dalam menghadapi tantangan era disrupsi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun komunikasi digital mulai diterapkan, tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan kompetensi digital di kalangan karyawan dan kurangnya kebijakan yang mendukung transformasi digital dalam pengelolaan SDM. Di sisi lain, penggunaan komunikasi digital terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas informasi bagi karyawan, meskipun dampak positifnya belum optimal. Penelitian ini juga menemukan bahwa keseimbangan antara komunikasi digital dan tatap muka diperlukan untuk menjaga hubungan interpersonal dalam tim. Rekomendasi yang diberikan meliputi peningkatan program pelatihan digital, pengembangan kebijakan transformasi digital yang mendukung, dan investasi dalam infrastruktur teknologi yang lebih baik. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan teori komunikasi digital dalam konteks pengelolaan SDM serta memberikan panduan praktis bagi perusahaan dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk pengembangan SDM di era disrupsi.

Keywords


Pengembangan SDM, Komunikasi Digital, Era Disrupsi, PT. Aruman Aditya Property & Developer, Transformasi Digital.

References


Bharadwaj, A., El Sawy, O. A., Pavlou, P. A., & Venkatraman, N. (2013). Digital business strategy: Toward a next generation of insights. MIS Quarterly, 37(2), 471–482.

Kane, G. C., Palmer, D., Philips, N., & Kiron, D. (2015). Strategy, not technology, drives digital transformation. MIT Sloan Management Review.

Majchrzak, A., Markus, M. L., & Wareham, J. (2016). Designing for digital transformation: Lessons for information systems research from the study of ICT and societal challenges. MIS Quarterly, 40(2), 267–277.

Matt, C., Hess, T., & Benlian, A. (2015). Digital transformation strategies. Business & Information Systems Engineering, 57(5), 339–343.

Sebastian, I. M., Ross, J. W., Beath, C., Mocker, M., Moloney, K. G., & Fonstad, N. O. (2017). How big old companies navigate digital transformation. MIS Quarterly Executive, 16(3), 197–213.

Westerman, G., Bonnet, D., & McAfee, A. (2014). Leading digital: Turning technology into business transformation. Harvard Business Review Press.




DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v8i2.40767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Denyy Aditya

Creative Commons License

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat