Komparasi Berita Tenaga Kerja Indonesia di Arab Saudi dalam Surat Kabar Elektronik Detikcom dan Sabq.org


Muhamad Fahrudin Yusuf(1*), Mukti Ali(2)

(1) IAIN Salatiga, Indonesia
(2) IAIN Salatiga, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Various problems of migrant workers and their alleged different coverage on various media are the background of this research. This study focused on 131 news items on migrant workers' issues in Saudi Arabia in the online newspapers Detikcom and Sabq.org, with details of Detikcom 64 news and Sabq.org 67 as samples, with the aim of finding out how Detikcom and Sabq.org cover Indonesian migrant workers in Saudi Arabia and the difference in coverage of both. The content analysis method was chosen as an analysis tool with Codingsheet as a data collection technique and chi-square as a different test tool. The findings of this study are that there is uniformity of coverage on news about migrant workers in Saudi Arabia at Detikcom and Sabq.org with several categories of significant differences.

Berbagai permasalahan TKI dan peliputannya yang diduga berbeda pada berbagai media melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini difokuskan pada 131 isi berita permasalahan TKI di Arab Saudi pada suratkabar online Detikcom dan Sabq.org, dengan perincian Detikcom 64 berita dan Sabq.org 67 berita sebagai sampel, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Detikcom dan Sabq.org meliput TKI di Arab Saudi dan perbedaan liputan keduanya. Metode analisis isi dipilih sebagai alat analisis dengan codingsheet sebagai teknik pengumpulan data dan chi-square sebagai alat uji beda. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa ada keseragaman liputan pada berita tentang di TKI di Arab Saudi pada Detikcom dan Sabq.org dengan beberapa kategori didapati perbedaan signifikan.

 



Keywords


Comparison of TKI news, Detikcom and Sabq.org, SKE.

Full Text:

PDF

References


Abrar, A.N. (2005). Penulisan Berita Edisi Kedua, Yogyakarta: Universitas Atmajaya.

Ajeng, C.D. (2014). Penerapan Self Censorship dalam Editorial Pemberitaan Kejahatan Asusila Anak di Media Online (Studi Kasus Pemberitaan Kejahatan Asusila Anak di JIS dalam Situs Berita Detik.com dan Merdeka.com), dalam Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, 2(5).

Akbarian, I.A., Suprihatini, T., Yulianto, M., & Nugroho, A. (2014). Pembingkaian Berita Media Online : Kasus Kekerasan terhadap Perempuan sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW), dalam Jurnal Interaksi Online Mahasiswa (JOM), 2(8).

Amalia, F.F., & Rachmawati, R. (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Tenaga Kerja Indonesia serta Pengaruhnya terhadap Perubahan Sosial Budaya di Kampung Pandan Dalam, Ampang Jaya, Malaysia, dalam Jurnal Bumi Indonesia, 2(1).

Assegaf, H.D. (1983). Jurnalistik Masa Kini, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Astrid, F.A., (2011). Pemberitaan Human Trafficking (Perdagangan Manusia) Dalam Surat Kabar Elektronik Di Lima Negara Asean Human Trafficking News On On-Line Media In Five Countries In Asean. Jurnal Kareba, 1(3).

Geriya, S. S. (2002). Profil Tenaga Kerja Wanita Indonesia, dalam Jurnal Studi Jender Srikandi, 2(2).

Gunter, B. (2003). News and The Net, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Hallin, C., D dan Mancini, P. (2004). Comparing Media Systems. Cambridge: Cambridge University Press

Handayani, W.D. (2011). Studi Analisis Isi Berita dan Opini Surat Kabar Lampung Post tentang Kasus Perdagangan Perempuan dan Anak Kurun Waktu Tahun 2010. Jurnal Lampung: Universitas Lampung 2011.

Hardi, M.N. (2015). Tingkat Kepatutan Berbahasa Jurnalistik Pada Jurnalisme Online Di Situs Detikbandung.Com (Studi Deskriptif Dengan Teknik Analisis Isi Terhadap Penerapan Kaidah Bahasa Jurnalistik Berita Langsung (Straight News) Di Detikbandung.Com) dalam Komunikatif, 4(2).

Hargreaves, I. (2005). Journalism: A Very Short Introduction. New York: Oxford University Press.

Krippendorff, K. (2004). Content Analysis an Introduction to its Metodology 2nd Edition. London: Sage Publiction

Marta, R.F., & Septyana, V. (2015). Semiotika Pemasaran pada Brand Value melalui Sign berupa Layout Berita dan Iklan Ibadah Haji (Studi Komparasi pada Harian Pos Kota dengan Rakyat Merdeka), dalam Jurnal Semiotika, 9(2).

McKane, A. (2006). News Writing. London: Sage Publiction

McQuail, D. (1992). Media Performance: Mass Communcations and The Public Interest. London: Sage Publication

McQuail, D. (1994). Teori Komunikasi Massa Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga

Mulyono, D.C. (2011). Berita Kekerasan Terhadap Anak Pada Surat Kabar Elektronik (SKE). Tesis. Fisipol Universitas Gajah Mada

Nurcahyo, A. (2013). Konstruksi Berita Pelanggaran HAM di Mesuji (Studi Analisis Framming tentang Konstruksi Pemberitaan Pelanggaran HAM di Mesuji pada Harian KOMPAS), dalam Jurnal Flow, 2(2).

Pavlik, V.J. (1996). New Media Technology Curtural and Commercial Perspektives. U.S.A: Allin and Bacon

Prajarto, N. Dkk. (2006). Komparasi Liputan Surat Kabar Kedaulatan Rakyat, Bernas Jogja, Radar Jogja, Kompas dan Merapi Tahun 2006 terhadap Kegiatan di Kabupaten Sleman. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fisipol UGM

Quinn, S. dan Lamble, S. (2008). Online Newsgathering Research and Reporting for Journalism. Oxford: Focal Press.

Rahayu, D. 2008. ”Tindakan Perdagangan Perempuan dalam Proses Pengiriman Buruh Migran di Madura” Siti Hariti Sastriani (ed.). Women In Public Sector. Yogyakarta : PSW UGM dan Tiara Wacana

Ramayani, C., Aimon, H., & Anis, A. (2012). Analisis Produktivitas Tenaga Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, dalam Jurnal Kajian Ekonomi, 1(1).

Ramli, R. (2015). Analisis Isi Berita Demonstrasi Bersih 4.0 pada Fajar, Tribun Timur, Sindo. Dalam JPP (Jurnal Politik Profetik), 3(1).

Rich, C. 2010. Writing and Reporting News: A Coaching Method, 6th Edition. Boston: Wadsworth, Cengage Learning

Rubawati, E. (2018). Berita Online Sebagai Instrumen Dakwah: Antara Profetik dan Provokatif Analisis Framing Media Online Serambinews.com dan Panjimas.com Terhadap Pemberitaan LGBT, dalam Jurnal Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 10(1).

Rugh, W. A. (2004). The Arab Press: News Media and Political Process in The Arab World, Revised 2nd, Syracuse, NY: Syracuse University Press.

Sahayu, W. (2008). ”Pemberangkatan TKW: Pemberdayaan atau Memperdaya Wanita” dalam Siti Hariti Sastriani (ed.). Women In Public Sector. Yogyakarta: PSW UGM dan Tiara Wacana

Sakr, N. (2005). ”The Changing Dynamics Of Arab Journalism” alam Making Journalist. Hugo De Burgh (ed.). New York: Routledge

Sari, M.F. (2015). Komparasi Nilai Berita Tayangan Infotainment Insert Di Trans Tv Dengan Intens Di RCTI dalam Jurnal Visi Komunikasi , 14(2).

Severin, J.W. Jr dan Tankard, J.W. (2009). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa Edisi Lima. Jakarta: Prenada Media.

Sholeh, M. (2007). Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja serta Upah: Teori serta Beberapa Potretnya di Indonesia, dalam Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4(1).

Siebert, F. S. (1986). Empat Teori Pers. Jakarta: Penerbit Intermasa.

Sutaat. (2006). Permasalahan Tenaga Kerja Wanita dan Implikasinya terhadap Pelayanan Sosial dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejateraan Sosial, 11(3).

Sutedi, A. (2009). Hukum Perburuhan. Jakarta: Sinar Grafika.

Syuderajat, F. (2017). Ideologi Surat Kabar dalam Pemberitaan Terorisme. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1-12.

Utami, L.A. (2017). Analisis Sentimen Opini Publik Berita Kebakaran Hutan melalui Komparasi Algoritma Support Vector Machine dan K-Nearest Neighbor Berbasis Particle Swarm Optimization, dalam Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1).

Ward, M. (2002). Journalism Online. Oxford: Focal Press




DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v2i1.5031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhamad Fahrudin Yusuf, Mukti Ali

Creative Commons License

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat