Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Berkala Ilmiah ini diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung.  Jurnal ini diterbitkan untuk menjadi wadah bagi para peneliti/akademisi dan juga praktisi yang tertarik dengan ilmu pengetahuan dan berdiskusi tentang ide, isu-isu terkini dan tantangan di bidang Ekonomi dan bisnis syariah, keuangan dan perbankan syariah, serta akuntansi syariah. Selain itu, jurnal ini dapat memberikan kontribusi untuk memecahkan masalah umat, batasan antara teori dan praktek dan lain sebagainya.

Ruang lingkup jurnal ini akan mencakup tetapi tidak terbatas pada: manajemen keuangan syariah, bisnis syariah, perbankan syariah, pasar modal syariah, manajemen kekayaan syariah, isu-isu penerapan / praktik syariah dari perbankan syariah, zakat dan wakaf, takaful, syariah keuangan perusahaan, manajemen risiko sesuai syariah, manajemen pembiayaan syariah, derivatif Islam, masalah Dewan Pengawas Syariah, etika bisnis Islam, akuntansi syariah, dan audit syariah.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Peer review process merupakan proses peninjauan sejawat yang dilakukan oleh editor dan mitra bestari, berikut alur peer review process:

  1. Artikel yang dikirim oleh penulis harus mengacu pada fokus dan ruang lingkup jurnal serta pedoman penulisan Jurnal Finansha.
  2.  Artikel yang sudah dikirim akan dibaca oleh tim editor, kemudian akan dievaluasi oleh editor apakah sesuai dengan kriteria jurnal finansha atau tidak.
  3. Artikel yang tidak sesuai dengan kriteria jurnal ditolak segera tanpa tinjauan eksternal.
  4. Artikel yang dievaluasi berpotensi menarik bagi pembaca akan kami kirim ke peninjau.
  5. Setiap artikel ditinjau secara independen oleh setidaknya dua peninjau (reviewer). Dalam kasus tertentu, editor dapat mengirimkan artikel untuk ditinjau kepada orang lain, peninjau ketiga sebelum mengambil keputusan, jika perlu.
  6. Editor kemudian membuat keputusan untuk publikasi berdasarkan rekomendasi peninjau dari beberapa kemungkinan: Terima, Terima dengan revisi, Kirim untuk ditinjau, Kirim di tempat lain, atau Tolak.
  7. Semua manuskrip harus bebas dari konten plagiarisme. Semua penulis disarankan untuk menggunakan software pendeteksi plagiarisme untuk melakukan pengecekan kesamaan. Editor memeriksa deteksi plagiarisme artikel di jurnal ini dengan menggunakan perangkat lunak Turnitin.

Alur penerbitan artikel penulis:

  1. Penulis mengirimkan naskah
  2. Evaluasi Editor (beberapa artikel  ditolak atau dikembalikan sebelum proses review)
  3. Proses peer-review
  4. Keputusan editor
  5. Konfirmasi kepada penulis

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Frequency

Finansha: Journal of Islamic Financial Management, dipublikasikan dua kali dalam setahun pada Juni dan Desember dalam bentuk daring dan cetak.

 

Article Publication Charge

Finansha tidak memungut biaya apapun bagi penulis dan pembaca.

 

Screening Plagiarism

Finansha tidak akan mentolerir segala bentuk plagiarisme. Penulis harus memahami betul etika publikasi tentang plagiarisme. Untuk memastikan bahwa makalah Anda bebas dari plagiarisme, setidaknya kami akan mengambil dua langkah berikut:

  1. Penilaian cepat dengan perangkat lunak pemeriksaan plagiarisme Turnitin
  2. Penilaian komprehensif oleh editor.

 

Reference Management

Dalam penulisan Sitasi dan Daftar Pustaka, Jurnal Ilmiah Finansha menggunakan perangkat lunak Manajemen Referensi Mendeley.

 

Publication Ethics

Pernyataan Etika Publikasi dan Malpraktek

Finansha adalah jurnal peer-review, secara konsisten diterbitkan dua kali setahun (mulai tahun 2020) oleh Fakultas Ekonomi Islam dan Bisnis Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Ini tersedia secara online sebagai sumber akses terbuka maupun dalam bentuk cetak. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, dewan redaksi, reviewer, dan penerbit (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati)

Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Penerbitan artikel di Finansha merupakan blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini merupakan cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukungnya. Artikel peer-review mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor, pengulas, penerbit, dan masyarakat.

Sebagai penerbit Finansha, Fakultas Ekonomi Islam dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati menjalankan tugas perwalian atas semua tahap penerbitan dengan serius dan mengakui tanggung jawab etis dan lainnya. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Sunan Gunung Djati berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki pengaruh atau pengaruh terhadap keputusan editorial.