PRINSIP KESOPANAN MAKSIM KEDERMAWANAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “AULĀD HĀRATINĀ” EPISODE JABAL KARYA NAJĪB MAHFŪZ (KAJIAN PRAGMATIK)

Authors

  • Suci Asari Rochman UIN Sunan Gunung Djati
  • Ajang Jamjam UIN Sunan Gunung Djati
  • Dayudin Dayudin UIN Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.15575/hijai.v2i1.6477

Abstract

Sebuah novel karya NajÄ«b MahfÅ«z berjudul AulÄd HÄratinÄ Episode Jabal menceritakan tentang Jabal, yaitu seorang tokoh yang menjadi pemimpin untuk melawan bentuk ketidakadilan penguasa dan orang-orang yang kaya di lingkungannya. Jabal terlahir dari keturunan Al-JabalÄwi, yaitu keluarga HamdÄn. Kakeknya ialah pendiri kampung yang bernama Adham. Ia diangkat menjadi putera oleh keluarga yang tidak memiliki putra, yaitu keluarga Al-AfandÄ« yang merupakan keluarga yang memiliki kekayaan sekaligus kekuasaan. Terdapat prinsip kesopanan maksim kedermawanan pada  tuturan tokoh Jabal dalam novel AulÄd HÄratinÄ episode Jabal. Dengan demikian, dalam penelitian ini akan dibahas satu permasalahan, yaitu bagaimana menggunakan prinsip kesopanan maksim kedermawanan pada tokoh utama dalam novel AulÄd HÄratinÄ episode Jabal Karya NajÄ«b MahfÅ«z; Berlandaskan batasan masalah tersebut maka dapat diidentifikasi tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan prinsip kesopanan guna mengetahui penggunaan prinsip dan adanya maksim kedermawanan yang terdapat pada tokoh utama dalam novel AulÄd HÄratinÄ episode Jabal Karya NajÄ«b MahfÅ«z. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Dalam teknik pengumpulan data-data menggunakan metode simak yang selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan metode padan ekstralingual dan menganalisis tuturan tokoh utama Jabal dengan menggunakan pendekatan pragmatik teori prinsip kesopanan. Penggunaan metode tersebut akan menghasilkan sebuah penelitian penggunaan prinsip kesopanan tuturan yang terdapat pada tokoh utama Jabal dalam novel AulÄd HÄratinÄ episode Jabal Karya NajÄ«b MahfÅ«z, yaitu adanya maksim kedermawanan.

References

‘Abdu Ar-rahman, TahÄ. Al-lisÄn Wal-MÄ«zÄn. BairÅ«t: MarkÄz Aṡ-á¹ aqÄfÄ« Al-‘ArabÄ«.

Black, Elizabeth. 2011. Stilistika Pragmatis Terjemah oleh Abdul Syukur

Ibrahim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djajasudarma. T. Fatimah. 2012. Wacana dan Pragmatik. Bandung: Refika Aditama.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul, dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzi, Moch Sony. 2012. Pragmatik dan Ilmu Al-Ma’aniy. Malang: UIN Maliki.

HALLYN. 1987.Methodes du texte, Introduction aux etudes. Paris: Duculot.

LahwaimÄ«l, BÄdÄ«s. 2011. Majalah Al-mukhbar: Abhaṡ fÄ« Al-Lugah wa al-adab al-jazÄiri. Universitas Muhammad Khaiá¸ar: Al-JazÄir.

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mahfūz, Najīb. 2000. Aku Musa Engkau Fir’aun (diterjemahkan oleh Joko Suryatno). Yogyakarta: Tarawang.

MahfÅ«z, NajÄ«b. 1997. Jabal. BairÅ«t: DÄr Al-Adab.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta Raja: Grafindo Persada.

Mariam, Siti. 2014. Prinsip Kesopanan Pada Tuturan Tidak Langsung Tokoh Aku dalam Novel Raaytu Ramlah Karya Mourid Barghouti. Unpublished paper, Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

MazÄ«d, BaÄuddÄ«n Muhammad. 2010. TabsÄ«á¹­ At-TadÄwuliyah. Syams.

Nadar, F.X. 2013. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ratna, Nyoman Khuta. 2010. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

á¹¢ahrÄwÄ«, Sa’ūd. 2005. At-TadÄwuliyah ‘An ‘UlamÄi Al-‘arabi. BairÅ«t: DÄr At-Ṭalī’ah.

SalfÄwÄ«, Umul Khair. 2009. WizÄrotu Ta’lÄ«m Al-‘Äli wa Bahṡi ‘IlmÄ«.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wijaya, I. Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.

Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2019-11-21

Issue

Section

layout