PROSES SEMIOSIS DALAM KARIKATUR PADA KORAN ONLINE BERBAHASA ARAB (Kajian Semiotika)


Yushli Muslim(1*), Yadi Mardiansyah(2)

(1) ,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui proses semiosis dalam karikatur pada koran online berbahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang pada umumnya diterapkan di dalam kajian-kajian ilmu sosial dan humaniora, dengan menggunakan pendekatan semiotik, yaitu suatu cabang ilmu yang mempelajari tanda. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa gambar karikatur yang disertai teks sebagai data primer. Kemudian, untuk menunjang penelitian ini digunakan juga data sekunder berupa artikel-artikel maupun dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Setelah penelitian selesai dilakukan, maka didapatkan jenis-jenis tanda dengan berbagai makna yang dikandungnya. Proses semiosis pada penelitian ini banyak mengungkap makna-makna politis, dari gambar-gambar yang familiar sering terlihat sehari-hari. Selain itu, dalam proses semiosis itu sendiri banyak mengungkap simbol suatu negara tertentu.

The purpose of this study was to find out the process of caricature semiosis in Arabic online newspapers. This study was a qualitative study generally applied in social and humanities studies, using a semiotic approach, a study of signs. The primary data used in the study were caricature images with Arabic texts in the online Arabic newspaper. At the same time, the secondary data were taken from articles and documents related to this study. After that, it was obtained the types of signs with its various meanings. The semiotic process revealed many of the political implications of familiar daily images. Besides, in the process of semiosis itself, many implied the symbols of particular countries.

Keywords: Semiotic Process, Caricature, Semiotics


Keywords


Proses Semiosis; Karikatur; Semiotika; Semiotic Process; Caricature; Semiotics

References


Budiman, K. .. (2005). Semiotika Sastra Dan Seni Visual. Ikonisitas, 49-53.

Dwi Waluyanto, H. (2000). Karikatur Sebagai Karya Komunikasi Visual Dalam Penyampaian Kritik Sosial. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Hoed, B. H. (2011). Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Jakarta: Komunitas Bambu.

Kaelan. (2013). Pembahasan Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Penerbit Paradigma Yogyakarta.

Matsna, M. (2014). Kajian Semantik Arab Klasik dan Kontemporer. Jakarta: Prenadamedia Goup.

Piliang, Y. A. (2012). Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya, dan Matinya Makna. Bandung: Matahari.

Rusmana, D. (2005). Tokoh dan Pemikiran Semiotik. Bandung: Tazkiya Press.

Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Soekanto, S. r. (2012). Sosiologi Suatu Penganta. Jakarta: Rajawali Pers.

Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Taufiq, W. (2016). Semiotika. Bandung: Penerbit Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.15575/hijai.v3i2.6598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Hijai - Journal on Arabic Language and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ISSN: 2621-1343