Strategi Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional dalam Pengumpulan Zakat Maal


Rama Wijaya Kesuma Wardani(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to find out: communication strategy of National Amil Zakat Agency (Baznas) covering communication management, communication form, and socialization in collecting Zakat Maal. Research in Baznas West Java Province is done using qualitative approach with descriptive method whose data obtained through observation, interview, and documentation. The results of the study found that communication strategy used by Baznas of West Java Province in collecting zalcat maal was done through the implementation of International Standard Operation (ISO) and Strategic Plan (RESTRA) and Initial Activity Plan (RKAT). The form of communication in collecting zakat maal using online media means and face to face communication, with muzakki. While socialization of zalcat gathering maal done continuously through work program branding mechanism of online media and offline. Through this communication strategy Baznas West Java Province managed to increase the amount of zakat gathering maal from the community.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: strategi komunikasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meliputi manajemen komunikasi, bentuk komunikasi, dan sosialisasi dalam pengumpulan Zakat Maal. Penelitian di Baznas Provinsi Jawa Barat ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh Baznas Provinsi Jawa Barat dalam mengumpulkan zakat maal dilakukan melalui penerapan International Standart Operation (ISO) dan Rencana Strategis (RESTRA) serta Rencana Kegiatan Awal Tahun (RKAT). Bentuk komunikasi dalam mengumpulkan zakat maal menggunakan sarana media online dan komunikasi tatap muka, dengan muzakki. Sedangkan Sosialisasi pengumpulan zakat maal dilakukan secara terus-menerus melalui program-program kerja mekanisme branding media online dan offline. Melalui strategi komunikasi ini Baznas Provinsi Jawa Barat berhasil meningkatkan jumlah pengumpulan zakat maal dari masyarakat.


Keywords


Communication Strategy; Socialization; Zakat Maal; National Amil Zakat Board

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Bandung, P. (2016). Pemkot Bandung Luncurkan Gerakan Ayo Bayar Zakat. Diambil dari https://portal.bandung.go.id/posts/2016/05/30/vqvD/pemkot-bandung-luncurkan-gerakan-ayo-bayar-zakat

Baznas. (2014). Peraturan Badan Amil Zakat Nasional Nomor 03 Tahun 2014, tentang Tugas, Kedudukan, Dan Fungsi. Jakarta: Baznas.

Baznas. (2016). Data: Arsip Badan Amil Zakat Provinsi Jawa Barat. Bandung: Baznas Provinsi Jawa Barat.

David, F. R. (2006). Manajemen strategis. (terj.) Ichsan Setiyo Budi Edisi Kesepuluh. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung.

Fajar, M. (2009). Ilmu Komunikasi :Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

George, B., & Michael, G. (2007). Adversiting and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspektive. New York: Mc- Graw Hill.

Hasanah, U. (2005). Efektifitas Distribusi Zakat Baznas Sumsel Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Di Pasar Kuto Periode 2011-2013. IN Raden Fatah Palembang.

Learning, M. O. (1994). Merencanakan Dan Mengelola Perubahan (Planning And Managing Change)-Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmayati, R. S. (2013). Manajemen Pendistribusian Zakat Studi deskriptif di Rumah Zakat Turangga No 25 C Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Cet.1. Jakarta: Ciputat Press.

Yaser, M. El. (2016). Upaya Komunikasi Persuasif Berzakat Ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Di Kota Padang. diakses. Skripsi. Diambil 8 Januari 2017, dari http://scholar.unand.ac.id/17900/




DOI: https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Editorial Office:

4th Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614

Telp. (022) 7810788 Fax. (022) 7810788

E-mail: jurnal.ilmudakwah@uinsgd.ac.id

View My Stats