Manajemen Mutu Input Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Indonesia


Aep Kusnawan(1*), Arif Rahman(2), Dede Lukman(3), Encep Dulwahab(4)

(1) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
(2) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
(3) , Indonesia
(4) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati, Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Hajj guidance group (KBIH) in Indonesia, still limited to quantity and have been not yet met the quality. One indication of the lack of quality of the KBIH is the quality management of inputs, namely the applied inputs and inputs of expectation. With good input and good, it can produce an out put that as expected. This study aims to determine the quality management of pilgrimage inputs by KBIH in Indonesia, represented by three regions, West Java, DKI Jakarta and South Sumatra. The method used in this research is case study with qualitative approach. This study shows that quality management for one dimension of input, especially in KBIH has not met the quality management standard. Implementation and embodiment is still limited to ideas, wishful thinking, and not conceptualized well. The results of this study have an impact on how the quality management of KBIH input in Indonesia should be implemented, so that with good input in KBIH, KBIH can improve the quality of Hajj in Indonesia. Input is a starting point in a quality assurance process, not to be ignored, underestimated, and considered not one of the important parts of quality management of its existence.

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang banyak berdiri di Indonesia, masih sebatas kuantitas belum memenuhi kualitas. Salah satu indikasi melihat kurangnya kualitas KBIH ialah pada manajemen mutu input, yaitu input terapan maupun input harapan. Dengan input yang baik dan bagus, maka bisa menghasilkan out put yang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen mutu input penyelenggaraan haji oleh KBIH di Indonesia, yang diwakili tiga wilayah, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memperlihatkan bahwa manajemen mutu untuk satu dimensi input, khususnya di KBIH belum memenuhi standar manajemen mutu. Pelaksanaan dan perwujudannya masih sebatas ide, angan-angan, dan belum terkonsep dengan baik. Hasil penelitian ini berdampak pada bagaimana manajemen mutu input KBIH di Indonesia seharusnya diimplementasikan, sehingga dengan input yang baik dalam KBIH, KBIH bisa meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia. Input merupakan starting point dalam sebuah proses jaminan mutu, jangan sampai diabaikan, disepelekan, dan dianggap bukan salah satu bagian manajemen mutu yang penting keberadaannya.


Keywords


Input; Manajemen Mutu; Kelompok Bimbingan Ibadah Haji

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Gharakhani, Davood and Rahmati, Hossein and Farrokhi, Reza, Mohammad and Farahmandian, Arshad. (2013) Total Quality Management and Organizational Performance, American Journal of Industrial Engineering, 2013, Vol. 1, No. 3, 46-50.

Nuryati, Sri. (2017). Evaluasi Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Puskesmas Wilayah Kabupaten Sleman, JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit), 6 (2): 140-157.

Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. (2009). Manajemen, Edisi Kesepuluh Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Rokhmad, Ali. (2016). Problematika Penyelenggaraan Ibadah Haji: Studi Kasus Haji di Dalam dan Di Arab Saudi, Jakarta: Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

___________. (2016). Character Building Pembimbing Manasik Haji: Modul Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji, Jakarta: Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah tahun 2016.

Sadikoglu, Esin and Olcay, Hilal. (2014). The Effects of Total Quality Management Practices on Performance and the Reasons of and the Barriers to TQM Practices in Turkey, Hindawi Publishing Corporation Advances in Decision Sciences, Volume 2014, 1-17.

Sallis, Edward. (2011). Total Quality Management in Education: Manajemen Mutu Pendidikan, cet. Ke-Yogyakarta: IRCiSoD.




DOI: https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i2.2399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Office:

4th Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614

Telp. (022) 7810788 Fax. (022) 7810788

E-mail: jurnal.ilmudakwah@uinsgd.ac.id

View My Stats