Bimbingan Islami Melalui Mujahadahh Shalawat Ummi Untuk Meningkatkan Religiusitas Masyarakat (Studi Deskriptif Kampung Babakan Jawa RT 01 RW 12 Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung)


Tiara Mustika(1*), Lilis Satriah(2), Dede Lukman(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study is to find out how the program, process and results of Islamic guidance through mujahadah shalawat ummi. This research uses descriptive qualitative method. Data collection techniques used were observation, interviews and questionnaires distributed to 10% of the total population or 95 people out of 950 people. The results of this study are the mujahadah shalawat ummi program which is carried out once a month. The material given is about Aqeedah, Worship and Morals with a series of sunnah worship and closed with a prayer. The increasing religiosity of the community can be seen from several aspects, namely aspects of strong faith, having high worship values, having good morals, and fourth, having a basic understanding of religion.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Y. A. (2021). Buku panduan Mujahadah Sholawat Ummi. Bekasi: Suluk Pelintas Zaman.

Badriah, A. L. S. (2019). Bimbingan Islam melalui living values education untuk meningkatkan sikap toleransi. Jurnal Al-Isyraq, 118.

Asom, M. (2017). Mujahadah Sholawat Wahidiyah dalam pembentukan akhlak FAST di SMP Saljul Qulub Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyah Kota Kediri. Jurnal Spiritualitas, 1(2), 69-83.

Maghfiroh, D. A. S. (2018). Perkembangan Tasawuf Sholawat Wahidiyah di Pondok Pesantren At-Tahdzib Jombang 1993-2001. Avatara, e-Journal Pendidikan Sejarah, 346.

Faqih, A. (2001). Bimbingan konseling dalam Islam. Yogyakarta: UII Press.

Hamzanwadi. (2020). Shalawat sebagai pendekatan konseling spiritual dalam meningkatkan religiusitas santri di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Praya. Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam.

Hidayati, N. (2014, December). Metode bimbingan rohani Islam di rumah sakit. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 218-219.

Kemenag. (2013). Al-Qur'an. Bandung: Institut Quantum Akhyar.

Khanifudin. (2021). Pendidikan akhlak bagi santri dalam kegiatan Mujahadah Jam'iyyah Ta'lim wal Mujahadah Jumat Pon (JTMJP) “Padang Jagad” di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Padang Jagad Krapyak Yogyakarta. Islamic Education, 39-40.

Lukman, D. (2020). Keterampilan komunikasi konselor dalam pelaksanaan konseling Islami. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam.

Maghfiroh, S. Q. (2018). Manajemen Mujahadah dalam membentuk perilaku religius santri di Pondok Pesantren Nurul Ummahat Kotagede Yogyakarta. Skripsi.

Mahjudin. (2010). Akhlak Tasawuf Jilid 1. Jakarta: Kalam Mulia.

Muhaimin, A., & Mujib, J. M. (2005). Kawasan dan wawasan studi Islam. Jakarta: Kencana.

Aminullah, M., & Muhammad, H. (2021). Metode dakwah bil-lisan method Imum Gampong dalam pembinaan etika remaja (Studi di Desa Ulee Jalan Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe). Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam, 94.

Musnamar, T. (1992). Dasar-dasar konseptual bimbingan dan konseling Islam. Yogyakarta: UII Press, 142-143.

Nasr, S. H. (2003). The heart of Islam: Pesan-pesan universal Islam untuk kemanusiaan. Bandung: Mizan.

Madjid, N., & Wahid, M. (2010). Masyarakat religius. Jakarta: Paramadina.

Harjana, S., & Iqbal, D. (2020). Bimbingan akhlak pada anak melalui sistem halaqah Qur'an. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling dan Psikoterapi Islam.

Sugiono. (2013). Metode penelitian: Pendekatan kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, A. M. (2019). Pengaruh dakwah media sosial YouTube terhadap religiusitas remaja di MA Al-Muhtadi Sendangagung. Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 28.




DOI: https://doi.org/10.15575/irsyad.v10i1.20300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.