BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL MELALUI TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA


Fadila Mulya Nurmala(1*)

(1) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Media sosial memberikan banyak dampak positif tetapi dapat juga memberikan dampak negatif bagi kehidupan remaja khususnya para siswa. Hal ini karena siswa tidak mampu mengontrol durasi penggunaan media sosial sehingga mereka melupakan tugas utamanya sebagai pelajar dan lebih banyak untuk mengakases media sosial sehingga membuatnya kecanduan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi kecanduan media sosial pada siswa, proses dan hasil dari bimbingan pribadi sosial melalui teknik self management untuk mengurangi kecanduan media sosial pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian mengenai kondisi kecanduan media sosial pada siswa yaitu motivasi belajar rendah, kurang interaksi, sulit mengontrol waktu penggunaan media sosial, jam tidur tidak teratur.Proses bimbingan pribadi sosial melalui teknik self management yaitu identifikasi, analisis, penentuan teknik, treatment,tindak lanjut. Hasil dari bimbingan pribadi sosial melalui teknik self management sangat maksimal karena terrdapat perubahan yang terjadi pada diri siswa.

Kata Kunci : Bimbingan pribadi sosial;self management ;kecanduan media sosial

ABSTRACT

Social Media has many positive impacts but can also have a negative impact on the lives of teenagers, especially students. This is because students are not able to control the duration of social media use so that they forget their main task as students and more to access social media so that it makes them addicted. The purpose of the study was to determine the condition of social media addiction in students, the process and results of social personal guidance through self-management techniques to reduce social media addiction in students. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. The results of research on the condition of social media addiction in students are low learning motivation, lack of interaction, difficult to control the time of social media use, irregular hours of sleep.The process of social personal guidance through self management techniques, namely identification, analysis, determination of techniques,treatment, follow-up. The results of social personal guidance through self-management techniques are maximal because there are changes that occur in students.

 

Keywords : Social personal guidance; self-management; social media addiction.


Full Text:

PDF

References


Ali, I., Muksin, U., & Chodijah, S. (2017). Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Untuk menumbuhkan Self Management dalam Belajar Siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 5(2), 143–162. http://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/article/view/850

Chodijah, S. (2016). Model Bimbingan dan Konseling Komprehensif dalam Meningkatkan Akhlak Mahasiswa. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies .10(1), 129–146.

Gitania. (2020). Bimbingan dan Konseling Islam dengan Teknik Self Management untuk memperbaiki tertib ibadah Shalat Wajib Lima Waktu pada Remaja di Desa Kendung. Skripsi. Universitas Islam Negere Sunan Ampel Surabaya.

Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586

Juandari, N. (2022). Bimbingan Konseling Islam Melalui Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Internet ( Wattpad ) Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri ( Uin ) Raden Fatah Palembang. Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Indeks.

Latifatul Khoiriyah. (2017) Pengaruh Media Sosial Terhadap Akhlak Mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Metro (Skripsi) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Metro

Lumongga, D. R. N. (2014). Memahami dasar-dasar konseling dalam teori dan praktik. Kencana.

Marlina,E.,Gustianan,F.,Arifin, I,Z (2017). Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Untuk menumbuhkan Self Management dalam Belajar Siswa. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 5 (2): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 123–142. https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/article/view/850/210

Miharja, S., & Zaidi, M. (2019). Islamic Career Guidance in Improving Students ’ Career Maturity. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 13(2). 351–376. https://doi.org/10.15575/idajhs.v13i2.7466

Nuraeni, H. A., & Kurniasih, N. (2021). The Role of Social Media Da ’ wah in Improving Individual Piety during the Covid 19 Pandemic. 15(November), 343–364. https://doi.org/10.15575/idajhs.v15i2.15734

Nursalim, M. (2010). Bimbingan Dan Konseling Pribadi-Sosial. Ladang Kata.

Pratiwi, L. S. O. (2018). Pendekatan Behavior Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Penggunaan Media Sosial (Facebook) Pada Siswa Di Smpn 2 Pujut Oleh. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Universitas Islam Negeri Mataram Mataram.

Rahmi, S. (2021). Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial. Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books?id=qdYrEAAAQBAJ

Sa’diyah, H., Chotim, M., & Triningtyas, D. A. (2016). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Agresifitas Remaja. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 67–68. https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1018

Said, A., & Basri, H. (2014). Kecenderungan Internet Addiction Disorder Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Ditinjau Dari Religiositas. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 15(2), 407–432. https://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/2014.15209

Tamrin, M. (2019). Penerapan Bidang Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Mengeurangi Perilaku Maladatif Siswa Kelas Viii Di Mts Aisyiyah Sumatera Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Umaidah, L. (2019). Hubungan antara kebahagiaan dengan Internet Addiction Pada Mahasiswa. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Zubir, Z., & Yuhafliza. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Anak Dan Remaja. Pendidikan Almuslim, VII(1), 10–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.