Bimbingan Coping Stress Dalam Menanggulangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI

Authors

  • Nisrina Mirandewi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dudy Imanuddin Effendi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/irsyad.v13i1.39194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bimbingan coping stress sebagai upaya menanggulangi prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Majalaya. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori bimbingan, teori coping stress, dan teori prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukan bimbingan coping stress memberikan dampak positif yang signifikan dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa. Dimana, siswa mengalami peningkatan dalam kedisiplinan, manajemen waktu yang baik, dan kemajuan yang signifikan dalam berbagai bidang akademik. Perubahan positif ini menunjukan kemampuan siswa dalam meregulasi diri dan mempraktikan strategi coping yang diberikan oleh guru BK.

References

Ad. Rooijakkers. (1991). Mengajar dengan Sukses. PT. Grasindo;

Alimah, N. (2022). Strategi Coping Stress Dalam Penyusunan Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa BPI Tahun 2016 Dan 2017). UIN Syarif Hidayatullah;

Ambarsarie, R., Yunita, E., & Sariyanti, M. (2021). Buku Saku Coping Stres pada Mahasiswa Generasi Z. Upp Fkip Unib, June, 1–26. https://www.researchgate.net/publication/353945593;

Ambarsarie,dkk. (2021) Buku Saku Untuk Guru Bimbingan Konseling SMU Strategi Coping Stres Pada Generasi Z. Bengkulu;

Corey, J. (2017). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy;

Eryanti, D. (2020). Solution Focused Brief Therapy untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja. Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 3(2), 221. https://doi.org/10.24235/prophetic.v3i2.7598;

Ghufron, N. M. & Risnawati, R. . (2014). Teori-Teori Psikologi. ArRuzz Media;

Jais, M., Arifin, I. Z., & Effendy, D. I. (2018). Konseling teman sebaya untuk Meningkatkan lifeskill remaja. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 57(1), 57–75. https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad;

Jones,W. (2014). Journal of Counseling and Development);

Lizzatiani, R. (2014). Manajemen Waktu Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1–11;

Mirza, R., Akmal, M. El, Rezeki, S. M., Pasaribu, R. P., & Johanna, P. (2023). Literature Review: Strategi Coping Sebagai Upaya Meningkatkan Performa Diri Bagi Mahasiswa. Jurnal Social Library, 3(2), 57–66. https://doi.org/10.51849/sl.v3i2.139;

Nurihsan, A. J. (2022). Bimbingan & Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Ferika Aditama;

Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil; Layanan dan Kegiatan Pendukung. Rajawali Pers;

Rothblum, S. dan. (1984). Academic Procrastination: Frequency and cognitive-behavioralcorrelates. Journal of Counseling Psychology;

Sarafino. (2016). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions;

Siti, R. (2021). Komunikasi Interpersonal Dan Hubungannya Dalam Konseling (Iqbal Ridha (ed.); Pertama). Syiah Kuala University Press.

Suhertina. (2014). Dasar – Dasar Bimbingan dan Konseling. CV MUTIARA PESISIR SUMATRA;

Ulfiah, J. (2022). Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik. Kencana Jakarta;

Walgito, B. (2014). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Andi Offset.

Downloads

Published

2025-03-30 — Updated on 2025-04-26

How to Cite

Mirandewi, N., & Effendi, D. I. (2025). Bimbingan Coping Stress Dalam Menanggulangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 13(1), 45–64. https://doi.org/10.15575/irsyad.v13i1.39194

Citation Check