PRINSIP-PRINSIP DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN

Authors

  • Hisam Ahyani Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar, Jawa Barat, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-6709-1195
  • Agus Yosep Abduloh STAI Miftahul Ulum Tasikmalaya
  • Tobroni Tobroni SMKN 1 Jatibarang Kabupaten Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.10148

Abstract

Prinsip dasar Manajemen Pendidikan Islam mengandung berbagai prinsip umum yang fleksibel sehingga ia sejalan dengan kemajuan dan perkembangan yang baik. Prinsip-prinsip inilah yang membedakan antara manajemen pendidikan secara umum dengan manjemen pendidikan Islam. Mengenai prinsip-prinsip manajemen pendidikan Islam banyak pakar pendidikan Islam yang berbeda pendapat. Maka dari itu di era yang serba digital ini yaitu Era Revolusi Industri 4.0 perlu adanya revitaslisasi kajian mengenai prinsip-prinsip dalam manajemen pendidikan Islam guna mewujudkan manajemen yang kokoh dan unggul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam penelitian kepustakaan (library research). Adapun pendekatannya menggunakan pendekatannya kulalitatif. Penulis mengambil ayat-ayat yang berkaitan, antara lain yaitu Surat Al-A’raf ayat 29, Surat Al-Ahzab ayat 24, Surat Al-Zumr ayat 33, Surat At-Taubah ayat 119, Surat Muhammad ayat 21, Surat An-Nisa ayat 58, Al-Maidah ayat 8. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah bahwa prinsip-prinsip dasar dalam manajemen pendidikan Islam dan relevansinya dalam kehidupan Era Revlusi Industri 4.0 diantaranya meliputi prinsip ikhlas, jujur, amanah dan adil.

Author Biography

Hisam Ahyani, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar, Jawa Barat, Indonesia

Dosen Tetap Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar, Jawa Barat, Indonesia

References

Abduloh, A. Y., & Ahyani, H. (2020). Pendidikan Hati Menurut Al-Ghazali ‎‎(Keajaiban Hati: Penjelasan Tentang Perbedaan Antara Dua Maqom). ‎Tawadhu, 4(2), 1209–1227.‎

https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/289‎

Abudinata, A. (2003). Akhlak Tasawuf. PT Raja Grafindo Persada.‎

Ahmad Afan, Z. (2015). Urgensi Manajemen Pendidikan Islam. Ummul Quro, ‎‎5(1), 24–37. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531‎

Departemen Pendidikan Nasional, D. P. N. (2013). Kamus Besar Bahasa ‎Indonesia. Balai Pustaka.‎

Echols, J. M., & Hassan, S. (2006). Kamus Inggris Indonesia. PT Gramedia ‎Pustaka Utama.‎

Engkoswara, E., & Komariah, A. (2012). Administrasi Pendidikan. Alfabeta.‎

Hasbullah, H. (2006). Otonimi Pendidikan (Kebijakan Otonomi Daerah dan ‎Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan). PT Raja Grafindo ‎Persada.‎

Hidayat, R., & Wijaya, C. (2017). Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen ‎Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.‎

Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-‎Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema : Islamic Educational ‎Management, 5(1), 55–68. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5546‎

Langgulung, H. (2000). Asas-Asas Pendidikan Islam. Al-Husna Zikra.‎

Maulana, I. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong‎â€. â€Jurnal ‎Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 127–138. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5393‎

Munawwir, A. M. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. ‎Pustaka Progresif.‎

Permana, D., & Ahyani, H. (2020). Implementasi Pendidikan Islam Dan ‎Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik. Tawadhu, 4(1), 995–1006. ‎https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/219‎

Ramayulis, R. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.‎

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.‎

Suprayogo, I. (1994). Revormulasi Visi Pendidikan Islam. STAIN Press.‎

Downloads

Published

2021-06-30