PRINSIP-PRINSIP DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.10148Abstract
Prinsip dasar Manajemen Pendidikan Islam mengandung berbagai prinsip umum yang fleksibel sehingga ia sejalan dengan kemajuan dan perkembangan yang baik. Prinsip-prinsip inilah yang membedakan antara manajemen pendidikan secara umum dengan manjemen pendidikan Islam. Mengenai prinsip-prinsip manajemen pendidikan Islam banyak pakar pendidikan Islam yang berbeda pendapat. Maka dari itu di era yang serba digital ini yaitu Era Revolusi Industri 4.0 perlu adanya revitaslisasi kajian mengenai prinsip-prinsip dalam manajemen pendidikan Islam guna mewujudkan manajemen yang kokoh dan unggul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam penelitian kepustakaan (library research). Adapun pendekatannya menggunakan pendekatannya kulalitatif. Penulis mengambil ayat-ayat yang berkaitan, antara lain yaitu Surat Al-A’raf ayat 29, Surat Al-Ahzab ayat 24, Surat Al-Zumr ayat 33, Surat At-Taubah ayat 119, Surat Muhammad ayat 21, Surat An-Nisa ayat 58, Al-Maidah ayat 8. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah bahwa prinsip-prinsip dasar dalam manajemen pendidikan Islam dan relevansinya dalam kehidupan Era Revlusi Industri 4.0 diantaranya meliputi prinsip ikhlas, jujur, amanah dan adil.
References
Abduloh, A. Y., & Ahyani, H. (2020). Pendidikan Hati Menurut Al-Ghazali ‎‎(Keajaiban Hati: Penjelasan Tentang Perbedaan Antara Dua Maqom). ‎Tawadhu, 4(2), 1209–1227.‎
https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/289‎
Abudinata, A. (2003). Akhlak Tasawuf. PT Raja Grafindo Persada.‎
Ahmad Afan, Z. (2015). Urgensi Manajemen Pendidikan Islam. Ummul Quro, ‎‎5(1), 24–37. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531‎
Departemen Pendidikan Nasional, D. P. N. (2013). Kamus Besar Bahasa ‎Indonesia. Balai Pustaka.‎
Echols, J. M., & Hassan, S. (2006). Kamus Inggris Indonesia. PT Gramedia ‎Pustaka Utama.‎
Engkoswara, E., & Komariah, A. (2012). Administrasi Pendidikan. Alfabeta.‎
Hasbullah, H. (2006). Otonimi Pendidikan (Kebijakan Otonomi Daerah dan ‎Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan). PT Raja Grafindo ‎Persada.‎
Hidayat, R., & Wijaya, C. (2017). Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen ‎Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.‎
Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-‎Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema : Islamic Educational ‎Management, 5(1), 55–68. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5546‎
Langgulung, H. (2000). Asas-Asas Pendidikan Islam. Al-Husna Zikra.‎
Maulana, I. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong‎â€. â€Jurnal ‎Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 127–138. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5393‎
Munawwir, A. M. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. ‎Pustaka Progresif.‎
Permana, D., & Ahyani, H. (2020). Implementasi Pendidikan Islam Dan ‎Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik. Tawadhu, 4(1), 995–1006. ‎https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/219‎
Ramayulis, R. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.‎
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.‎
Suprayogo, I. (1994). Revormulasi Visi Pendidikan Islam. STAIN Press.‎
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).