EFEKTIVITAS PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.10689Abstract
Tahfidz Al-Quran merupakan progam yang sangat diminati banyak orang. Progam tahfidz di MTs NU Al Hidayah ini dilaksanakan karena adanya kemauan sendiri dari masyarakat sekitar yang mana peserta didik itu sudah mempunyai kemampuan dalam menghafal Al-Quran. Masing-masing dari orang tua siswa mengatakan supaya kemampuan siswa dalam menghafal tersebut dapat dikembangkan tanpa harus di pondok. Menghafal Al-Quran sangatlah membutuhkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk bisa sampai pada tahap hafidz karena untuk mencapai hal tersebut sangatlah tidak mudah apabila dari diri sendiri tidak mempunyai dorongan atau keinginan sendiri untuk menghafal Al-Quran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dan efektivitas program Al-Qur’an di MTs NU Al- Hidayah.
References
Akbar, A., & Hidayatullah, H. (2016). Metode Tahfidz Al-Quran di Pondok ‎Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin, 24(1), 81–102. ‎https://doi.org/10.24014/jush.v24i1.1517‎
Al-Ghautsani, Y. bin A. (2004). Cara Mudah dan Cepat Menghafal Al-Quran. ‎Pustaka Azam.‎
Al-Hafidz, A. W. (2005). Bimbingan Praktis Menghafalkan Al-Quran. Bumi ‎Aksara.‎
As’ad, A. (2007). Terjemahan Ta’limul Muta’allim (Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu ‎Pengetahuan). Menara Kudus.‎
Ash-Shaabuuniy, M. A. (1991). Studi Ilmu Al-Quran. Pustaka Setia.‎
Badwilan, A. S. (2009). Panduan Cepat Membaca Al-Qur’an. Diva Press.‎
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.‎
Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan ‎Kokulikuler Keagamaan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, ‎‎4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619‎
Harini, S., & Al-Halwani, A. F. (2003). Mendidik Anak Sejak Dini. Kreasi Anak.‎
Khan, D. Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri (Mendongkrak ‎Kualitas Pendidikan). Pelangi Publishing.‎
Lickona, T. (1992). Educating for Character, How Our Schools Can Teach ‎Respect and Responsibility. Bantam Books.‎
Megawangi, R. (2007). Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk ‎Membangun Bangsa. Indonesia Heritage Foundation.‎
Muliawan, J. U. (2005). Pendidikan Islam Integratif (Upaya Mengintegrasikan ‎Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam). Pustaka Pelajar.‎
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.‎
Nawabuddin, A., & Ma’arif, B. S. (2005). Teknik Menghafal Al-Quran (Kaifa ‎Tahfidz Al-Quran). Sinar Baru Algesindo.‎
Salam, A. Y. B. (2012). Niat Penentu Amal. Nashirus Sunnah.‎
Sucipto, S. (2012). Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Prestasi Belajar ‎Siswa Bidang Study Al-Quran Hadits di Madrasah Aliyah Bidayatul Hidayah ‎Mojogeneng Mojokerto. http://digilib.uinsby.ac.id/17594/‎
Sudirman, Rusyan, A. T., Arifin, Z., & Fathoni, T. (1992). Ilmu Pendidikan. ‎Remaja Rosda Karya.‎
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda ‎Karya.‎
Suwito, U. (2008). Tinjauan Berbagai Aspek Character Building (Bagaimana ‎Mendidik Anak Berkarakter). Tiara Wacana.‎
Zubaedi, Z. (2011). Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya ‎dalam Lembaga Pendidikan). Kencana.‎
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).