EFEKTIVITAS PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA

Asmaul Husna, Rafiatul Hasanah, Puspo Nugroho

Abstract


Tahfidz Al-Quran merupakan progam yang sangat diminati banyak orang. Progam tahfidz di MTs NU Al Hidayah ini dilaksanakan karena adanya kemauan sendiri dari masyarakat sekitar yang mana peserta didik itu sudah mempunyai kemampuan dalam menghafal Al-Quran. Masing-masing dari orang tua siswa mengatakan supaya kemampuan siswa dalam menghafal tersebut dapat dikembangkan tanpa harus di pondok. Menghafal Al-Quran sangatlah membutuhkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk bisa sampai pada tahap hafidz karena untuk mencapai hal tersebut sangatlah tidak mudah apabila dari diri sendiri tidak mempunyai dorongan atau keinginan sendiri untuk menghafal Al-Quran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dan efektivitas program Al-Qur’an di MTs NU Al- Hidayah.


Full Text:

PDF

References


Akbar, A., & Hidayatullah, H. (2016). Metode Tahfidz Al-Quran di Pondok ‎Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin, 24(1), 81–102. ‎https://doi.org/10.24014/jush.v24i1.1517‎

Al-Ghautsani, Y. bin A. (2004). Cara Mudah dan Cepat Menghafal Al-Quran. ‎Pustaka Azam.‎

Al-Hafidz, A. W. (2005). Bimbingan Praktis Menghafalkan Al-Quran. Bumi ‎Aksara.‎

As’ad, A. (2007). Terjemahan Ta’limul Muta’allim (Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu ‎Pengetahuan). Menara Kudus.‎

Ash-Shaabuuniy, M. A. (1991). Studi Ilmu Al-Quran. Pustaka Setia.‎

Badwilan, A. S. (2009). Panduan Cepat Membaca Al-Qur’an. Diva Press.‎

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.‎

Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan ‎Kokulikuler Keagamaan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, ‎‎4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619‎

Harini, S., & Al-Halwani, A. F. (2003). Mendidik Anak Sejak Dini. Kreasi Anak.‎

Khan, D. Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri (Mendongkrak ‎Kualitas Pendidikan). Pelangi Publishing.‎

Lickona, T. (1992). Educating for Character, How Our Schools Can Teach ‎Respect and Responsibility. Bantam Books.‎

Megawangi, R. (2007). Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk ‎Membangun Bangsa. Indonesia Heritage Foundation.‎

Muliawan, J. U. (2005). Pendidikan Islam Integratif (Upaya Mengintegrasikan ‎Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam). Pustaka Pelajar.‎

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.‎

Nawabuddin, A., & Ma’arif, B. S. (2005). Teknik Menghafal Al-Quran (Kaifa ‎Tahfidz Al-Quran). Sinar Baru Algesindo.‎

Salam, A. Y. B. (2012). Niat Penentu Amal. Nashirus Sunnah.‎

Sucipto, S. (2012). Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Prestasi Belajar ‎Siswa Bidang Study Al-Quran Hadits di Madrasah Aliyah Bidayatul Hidayah ‎Mojogeneng Mojokerto. http://digilib.uinsby.ac.id/17594/‎

Sudirman, Rusyan, A. T., Arifin, Z., & Fathoni, T. (1992). Ilmu Pendidikan. ‎Remaja Rosda Karya.‎

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda ‎Karya.‎

Suwito, U. (2008). Tinjauan Berbagai Aspek Character Building (Bagaimana ‎Mendidik Anak Berkarakter). Tiara Wacana.‎

Zubaedi, Z. (2011). Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya ‎dalam Lembaga Pendidikan). Kencana.‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.10689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.