HUBUNGAN PELATIHAN PROFESIONALISME GURU DENGAN ‎KINERJA GURU ‎

Amelia Nurhaliza

Abstract


Guru dituntut untuk meningkatkan kinerjanya agar dapat menjadi guru yang profesional. Semakin baik profesionalisme guru, maka semakin baik pula kualitas pendidikan. Itulah sebabnya guru perlu diberi kesempatan untuk meningkatkan kinerjanya yaitu melalui pelatihan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas pelatihan profesionalisme guru, kinerja guru, dan hubungan pelatihan profesionalisme guru dengan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah sebanyak 33 guru dan pengambilan sampel secara sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan studi dokumentasi. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan profesionalisme guru dan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis korelasi dinyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelatihan profesionalisme guru dengan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah sebesar 0,785 yang berarti tingkat hubungannya dalam kategori kuat, sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Kontribusi pelatihan profesionalisme guru terhadap kinerja guru sebesar 61,5%, hal ini berarti 38,5% dipengaruhi oleh faktor lain.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pendekatan Praktek. ‎Rineka Cipta.‎

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.‎

Kuntjojo. (2009). Metodologi Penelitian. Universitas Nusantara PGRI.‎

Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish.‎

Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak ‎Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal ‎Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. ‎https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643‎

Mukhlisoh, M. (2018). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di ‎Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh. Jurnal Kependidikan, ‎‎6(2), 233–248. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1941‎

Mustika, A., & Utomo, H. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi, terhadap Kinerja ‎Karyawandengan Kepuasan Kerja menjadi Variabel Intervening (Studi ‎Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Gradiska Kecamatan Tuntang ‎Kabupaten Semarang Tahun 2013). Among Makarti: Journal of ‎Economics & Business, 6(2), 87–111. ‎https://doi.org/10.52353/ama.v6i2.91‎

Nuryadi, N., Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar ‎Statistik Penelitian. Gramasurya.‎

Sedarmayanti, S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi ‎Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. PT Refika Aditama.‎

Sugiyono, S. (2019). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.‎

Sukardi, S. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan ‎Praktiknya. Bumi Aksara.‎

Supardi, S. (2013). Kinerja Guru. PT Raja Grafindo Persada.‎

Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, ‎dan Implementasi. Kencana Prenada Media Group.‎

Susanto, P. (2015). Produktivitas Sekolah (Teori untuk Praktik di Tingkat Satuan ‎Pendidikan). Alfabeta.‎

Suyanto, S., & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Erlangga.‎

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.‎

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah ‎Pengantar). Alfabeta.‎

Warsono, W. (2017). Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial. The ‎Journal of Society & Media, 1(1), 1–10. ‎https://doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p1-10‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.11895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.