IMPLEMENTASI NILAI DAN ETIKA DALAM MENINGKATKAN MUTU DI SD MUHAMMADIYAH SAMBISARI


Sholawati Sholawati(1*)

(1) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan nilai dan etika dalam meningkatkan mutu di SD Muhammadiyah Sambisari Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, observasi dan wawancara dengan kepala sekolah SD Muhammadiyah Sambisari sebagai manajer instansi. Data yang sudah terkumpul kemudian direduksi dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai dan etika yang diimplementasikan dalam instansi pendidikan dapat menunjang peningkatan mutu. Dalam meningkatkan mutu, SD Muhammadiyah Sambisari membangun kepercayaan (trust), integritas, dan tanggung jawab secara konsisten. Nilai-nilai ini dicontohkan oleh kepala sekolah sebagai leader dan dianut oleh seluruh anggota instansi, terutama guru, karyawan, dan siswa. Sekolah yang memiliki sarana dan prasarana atau fasilitias yang minimal pun dapat membangun budaya mutu dan terus meningkatkan kualitasnya. Hal ini menunjukkan penerapan nilai dan etika menjadi faktor yang sangat penting dalam upaya peningkatan mutu.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. H. (2020). Penerapan Etika Bisnis Dan Strategi Manajemen Saat ‎Pandemi Covid-19 Bagi Umkm. Eco-Entrepreneurship, 6(1), 34–42. ‎https://journal.trunojoyo.ac.id/eco-entrepreneur/article/view/8834‎

Blocher, E. J., Stout, D. E., & Cokins, G. (2011). Cost Management: A Strategic ‎Emphasis (Manajemen Biaya: Penekanan Strategis). Salemba Empat.‎

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan ‎Mixed. Pustaka Pelajar.‎

Crosby, P. B. (1979). Quality is Free: The Art of Making Quality Certain. New ‎American Library.‎

Goetsch, D. L., & Davis, S. (1994). Introduction to Total Quality: Quality, ‎Productivity, Competitiveness (Merrill’s International Series in Engineering ‎Technology) (E. Cliffs (ed.)).‎

Gustini, N., & Mauly, Y. (2019). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal ‎Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar. Jurnal Isema : Islamic ‎Educational Management, 4(2), 229–244. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5695‎

Hadi, A. (2018). Konsepsi Manajemen Mutu Dalam Pendidikan. Idaarah: Jurnal ‎Manajemen Pendidikan, 2(2), 269. ‎https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.5260‎

Hairiyah. (2015). Konsep Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. ‎LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(1), 99. ‎https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(1).99-110‎

Priatna, T. (2018). Total Quality Manajemen Untuk Peningkatan Mutu Madrasah. ‎Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(1). ‎https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3316‎

Sallis, E. (2002). Total Quality Manajemen in Edication - Third Edition. Kogan ‎Page.‎

Saparina, R., Wahab, A. A., & Mirfani, A. M. (2020). Implementasi Total Quality ‎Manajemen (TQM) dalam Peningkatan Layanan Sekolah. Jurnal ‎Administrasi Pendidikan, 27(1), 97–115. ‎https://doi.org/10.17509/jap.v27i1.24405‎

Sapri, M., Kaka, A., & Finch, E. (2009). Factors That Influence Student’s Level ‎of Satisfaction With Regards To Higher Educational Facilities Services. ‎Malaysian Journal of Real Estate, 4(1), 34–51. ‎https://www.researchgate.net/publication/242292080_Factors_That_Influence_Student’s_Level_of_Satisfaction_With_Regards_To_Higher_Educational_‎Facilities_Services

Singh, H., & Singh, B. P. (2012). Ethical Values and Business Ethics in ‎Multinational Companiies in India in Context Globalization : An Empirical ‎Study. International Proceedings of Economics Development and Research, ‎‎51(47), 222–230. https://doi.org/10.7763/IPEDR. 2012. V51. 47‎

Story, J., & Hess, J. (2010). Etichal Brand Management Customer Relationship ‎and Ethical Duties. Journal of Product & Brand Management, 19(4), 240–‎‎249. https://doi.org/10.1108/10610421011059568‎

Sukmadinata, N. S., Jami’at, A. N., & Ahman. (2008). Pengendalian Mutu ‎Pendidikan Sekolah Menengah (Konsep, Prinsip, dan Instrumen). Refika ‎Aditama.‎

Supriyanto, A. S., & Machfudz, M. (2011). Metodologi Riset Manajemen Sumber ‎Daya Manusia. UIN Malang.‎

Sutarto, H. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (MMT-TQM): Teori dan ‎Penerapan di Lembaga Pendidikan. UNY Press.‎

Velasquez, M. G. (2005). Etika Bisnis: Konsep dan Kasus. Andi.‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.11900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.