MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI LULUSAN DI MADRASAH


Siti Maesaroh(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kompetensi lulusan di madrasah khususnya pada Mata Pelajaran Sains, kebijakan, perencanaan, pelaksanaan faktor pendukung dan faktor penghambat. Hasil penelitian berdasarkan pengamatan langsung, dokumentasi dan wawancara dengan kepala madrasah, guru, dan staf tata usaha dapat diringkas sebagai berikut: profil kompetensi lulusan di Madrasah dapat dilihat dari hasil ujian nasional pada kurun waktu tiga tahun yang terus mengalami peningkatan serta. Kebijakan kompetensi lulusan madrasah dengan meningkatkan potensi guru dan siswa dan merujuk pada Standar Kompetensi Lulusan pada Mata Pelajaran Sains, tahap perencanaan peningkatan kompetensi lulusan madrasah dengan menganalisis dan mempelajari SKL Mata Pelajaran Sains, pada tahap pelaksanaan peningkatan kompetensi lulusan dimulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran, serta faktor pendukung dalam peningkatan kompetensi lulusan madrasah ialah lebih pada motivasi yang ada dalam diri peserta didik karena motivasi mampu menciptakan situasi dalam diri untuk berbuat dan berperilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki. Faktor penghambat dalam peningkatan kompetensi lulusan lebih pada sarana prasarana.

Full Text:

PDF

References


Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks

Jahari, J. (2013). Manajemen Madrasah”. Bandung: Alfabeta.

Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Muhaimin. et.al., (2010). Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Susilo, M. J. (2012). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan: Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Roosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah

Prihantoro, C. R. (2015). The perspective of curriculum in Indonesia on environmental education. International Journal of Research Studies in Education Volume 4 Number 1, 77-83 halaman

Qurjiah, A. H. (Skripsi), (2015), Peningkatan Keterampilan Wirausaha melalui keterampilan Tata Busana dan Relevansinya dengan Standar Kompetensi Lulusan. STAIN Ponorogo

Rusman (2011). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Pers.

Zamroni, (2013). Manajemen Pendidikan: Suatu Usaha Meningkatkan Mutu Sekolah. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.