MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU


Panji Alam Muhamad Ikbal(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pengembangan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data adalah kepala madrasah, wakil kepala sekolah, dan guru. Setelah dilakukan penelitian terlihat bahwa kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat, dan dampak pengembangan  kompetensi profesional guru yang dilaksanakan berjalan sesuai dengan tujuan dan terencana dengan melibatkan berbagai pihak, terbentuknya team work. Kebijakan pengembangan kompetensi profesional guru berasal dari pemerintah melalui PKG, dan sertifikasi pendidik, juga kebijakan kepala madrasah dengan memberikan supervisi dan memfasilitasi guru. Perencanaan pengembangan kompetensi profesional guru dengan membuat pemetaan terhadap guru sesuai kebutuhan pengembangannya, merencanakan program sesuai kebutuhan. Pelaksanaan pengembangan kmpetensi profesional guru melalui  pentaran-penataran, pelatihan, supervisi, dll, Faktor pendukung ialah pemerintah menyediakan program memberikan tunjangan sertifikasi profesi, kepala madrasah memberikan supervisi dan program pengembangan. Faktor penghambat ialah: dalam pelaksanaannya terkadang terbentur dengan jadwal kegiatan guru dan keterbatasan anggaran. Dampaknya ialah bahwa guru mampu menjalankan tugasnya sebagai pendidik dengan profesional. Sisiwa dapat mengaplikasikan teori yang dipelajarinya, serta prestasi siswa akan meningkat. Madrasah memiliki strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi, berbagai program yang mengembangkan akademi.

Full Text:

PDF

References


Badrudin & Ruswandi, U. (2010). “Pengembangan Keperibadian Guru”. Bandung: CV Insan Mandiri

Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta.

Hamzah B. U. (2007). ProfesiKependidikan: Problema,Solusi,dan Reformasipendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia : Dasar dan Kunci Keberhasilan, Jakarta:Toko Gunung Agung.

Moleong, L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Roosdakarya.

Peraturan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru(Lembaran Negera RI Tahun 2008 Nomor 194)

Sudarman, M. (2013). Profesi Guru, Dipuji, Dikritis, dan Dicaci. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suparlan. (2008). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Syagala, S. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung:Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Fokusmedia.

Wibowo, A. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.