MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM


Gita Tri Andini(1*)

(1) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik. Sehingga pengembangan kurikulum yang dilaksanakan setiap satuan pendidikan menyesuaikan dengan kebutuhan madrasah. Tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen pengembangan kurikulum. Metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MTs Al-Falah Cicalengka telah melakukan pengembangan kurikulum dengan proses (1) perencanaan yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dengan dibantu oleh Pembantu Kepala Madrasah, (2) pelaksanaan pengembangan kurikulum dilakukan melalui proses pembelajaran di dalam kelas yang mengacu kepada silabus dan RPP, (3) hasil pengembangan kurikulum berupa pengembangan kurikulum 2013 menjadi kurikulum 2013 revisi, (4) evaluasi pengembangan kurikulum oleh kepala madrasah dilaksanakan dalam jangka waktu satu semester dan evaluasi oleh guru bidang studi dilaksanakan setiap selesai proses pembelajaran.

Kata Kunci : Manajemen, Pengembangan Kurikulum, Madrasah

Full Text:

PDF

References


Ammminah, Murniati Ar, dan Nasir Usman, 2015.“Implementasi Manajemen Berbaasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada MTsN Kota Lhokeumawe”, jurnal administrasi pendidikan, pascasarjana universitas syiah kuala Vol 03, No. 02.

Badrudin. (2013). Dasar-dasar Manejemen. Bandung: Alfabeta.

Faizin, Hamam dkk. (2016). Ensiklopedia Madrasah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah.

Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jahari, Jaja. (2013). Manajemen Madrasah: Teori, Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Lubis, Yusuf Amri. Pelaksanaan Manajemen Kurikulum pada SMA Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 3, Nomor 1, Febuari 2015.

Machali, Imam. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 4, Nomor 1, Juni 2014.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum.. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Rosyidah, Ida. (2014). Pengelolaan Kelas yang Bernuansa Aktif dan Inovatif. Bandung: Ice Consultan.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.